5 Penyakit Kulit yang Mudah Menyerang, dan Cara Mengobatinya

02 Jul 2020 @ 14:35:27
Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Jika kita lalai sedikit saja dalam perawatannya, bakteri maupun virus akan dengan mudah menyerang dan menyebabkan kita menderita penyakit kulit. Pastinya tingkat percaya diri seseorang akan menurun jika kulit, yang merupakan organ terluar tubuh terdapat penyakit. Inilah beberapa penyakit yang bisa menyerang kulit dengan mudah dan cara mengobatinya. 

1. Dermatitis



Penyakit kulit yang terjadi karena peradangan sering disebut dermatitis. Kondisi ini terjadi bilamana kulit bersentuhan dengan bahan yang bersifat iritatif maupun zat alergen (zat yang memicu reaksi alergi). Seseorang yang terkena dermatitis ini biasanya akan gatal-gatal dan munculnya ruam. Selain itu, kulit juga akan menjadi kering, rentan terkena iritasi, bahkan terkadang kulit sampai melepuh jika terkena zat iritan.

Seseorang yang memiliki kulit sensitif terhadap zat iritan sangat mudah terkena dermatitis. Contoh dari zat iritan antara lain adalah bahan kimia, deterjen, pemutih baju, alkohol, dan sabun mandi. Untuk mengatasi penyakit karena peradangan atau dermatitis ini bisa dicegah dengan mengonsumsi obat yang mengandung kortikosteroid. Baik yang berupa salep atau tablet minum.

2. Bisul (Furunkel)



Bisul merupakan salah satu jenis penyakit pada kulit yang kerap terjadi dan sering muncul di bagian tubuh seseorang. Seseorang yang mempunyai bisul, pasti akan merasa minder atau tidak PD karena penyakit yang satu ini bisa tumbuh di seluruh bagian tubuh. Akan tetapi, bisul yang berupa benjolan merah membesar ini sering muncul di bagian tubuh yang lembab, seperti lipatan paha, leher, ketiak hingga kepala.

Bisul disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak, sehingga menyebabkan infeksi lokal. Kondisi bisul acap kali menimpa orang yang jorok dan tidak merawat diri. Untuk itu, cara menghindari penyakit ini cukup jaga kebersihan diri dan lingkungan.

3. Kudis (Scabies)



Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Kudis atau scabies disebabkan oleh parasit tungau sarcoptes scabiei var hominis ini kerap kali disebut kudis. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah rasa gatal yang menjalar hebat ketika malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan lainnya. Kudis juga merupakan salah satu penyakit  yang mudah menular pada orang lain.

Penyebab penyakit ini sendiri tidak lain adalah karena faktor kebersihan yang kurang terjaga. Lingkungan yang kumuh dan juga kurangnya kesadaran untuk membersihkan diri juga bisa menjadi penyebab penyakit yang satu ini. Untuk itu, cara pencegahan kudis cukup dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. 

4. Jerawat



Siapa sangka, ternyata jerawat termasuk ke dalam kategori penyakit yang bisa menyerang kulit. Penyakit yang satu ini, hampir pernah dialami oleh semua orang. Muka yang berjerawat akan menimbulkan ketidak percayaan diri. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah penyebab yang bisa menjadikan kulit berjerawat. 

Jerawat sendiri disebabkan karena terjadinya masalah pada kelenjar minyak kulit. Pori-pori yang terhubung ke kelenjar kanal yang disebut folikel akan tersumbat, sehingga timbullah jerawat ini. Jerawat juga bisa terjadi jika tubuh stress atau karena faktor hormon lainnya. Cara mengobati jerawat ini cukup oleskan salep khusus jerawat.

5. Herpes



Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sering menjangkiti orang dewasa. Ciri-ciri penyakit ini adalah adanya ruam yang tidak rata dan berukuran kecil hingga akhirnya melepuh, sehingga kulit menjadi perih dan gatal. Daerah yang rentan terkena herpes adalah bagian tubuh yang lembab seperti lipatan paha, ketiak, atau bagian tubuh lainnya.

Itulah kelima penyakit kulit yang tanpa kita sadari bisa mudah menyerang siapa pun. Dari kelima penyakit di atas, banyak yang disebabkan karena kurangnya kita menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Untuk itu, mulai sekarang biasakannya merawat tubuh agar tidak ada penyakit yang menyerang kulit! 


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020