Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Penyebab Anak Autis dan Cara Mendampinginya

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Ketahui penyebab anak autis yang paling penting.

Penyebab anak autis hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, berdasar penelitian yang telah banyak dilakukan, autisme ini terjadi karena adanya kelainan dari sistem saraf. Autisme sendiri adalah kelainan yang terjadi pada seseorang dimana orang tersebut tidak bisa mengalami perkembangan normal layaknya orang lain.

Kelainan tersebut berakibat sulitnya penderita autis dalam hubungan dengan orang lain. Autisme bisa mengenai siapa saja. Autisme bisa mengenai siapa saja, tidak peduli latar belakang sosial ekonomi maupun etnis. Autisme biasanya akan terdeteksi saat memasuki usia 2-3 tahun.

banner consideration shipping bg blue

Perlu diketahui jika hingga saat ini belum ditemukan secara pasti tentang penyebab adanya autis yang menyerang anak-anak. Akan tetapi, banyak para ahli yang telah mengakui bahwa autisme terjadi karena kelainan fungsi luhur yang ada di daerah otak. Kelainan tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal diantaranya adalah:


1. Mengalami Keracunan Pada Saat Hamil

Penyebab awal terjadinya autisme pada anak salah satunya diperkirakan karena mengalami keracunan pada saat hamil. Bahaya dari racun yang terpapar pada tubuh berdampak pada bayi yang ada dalam rahim yang akhirnya menyebabkan adanya kelainan pada saraf otak.

2. Genetika

Jika paparan racun adalah faktor eksternal yang dapat menimbulkan  autisme, maka faktor intern yang berperan menimbulkan kelainan ini adalah faktor genetik.  Namun, penyebab ini tidak bisa dikatakan sebagai penyebab mutlak.

Terdapat faktor lingkungan yang berperan dalam prosesnya. Kelainan genetik ini disebabkan karena adanya faktor biokimia dan metabolik yang menyebabkan gangguan. Dalam kasus tertentu, apabila dalam keluarga terdapat anak yang menderita autis, maka akan berisiko mengalami kasus yang sama.

3. Pengaruh Obat-Obatan

Penyebab adanya autis, tidak hanya berasal dari faktor genetik saja. Terdapat faktor lain yang cukup berpengaruh. Konsumsi obat berlebihan dan tidak dalam pengawasan dokter juga dapat berpengaruh pada janin.

banner consideration promotion bg blue

Utamanya ketika mengonsumsi obat yang mengandung valproic acid thalidomide pada saat hamil, akan berisiko tinggi meningkatkan anak mengidap autis suatu hari nanti. Untuk itulah, penting sekali berkonsultasi pada dokter terkait obat yang dikonsumsi selama kehamilan.

4. Umur Orang Tua

Penyebab lain terjadinya autis adalah faktor usia. Usia ibu yang hamil di atas 40 tahun memiliki risiko lebih tinggi dan kuat untuk memiliki anak yang autis. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas sel telur dan sperma yang dapat berpengaruh pada genetis anak.

5. Virus Rubella

Adanya virus rubella yang menyerang ibu hamil juga berpotensi menimbulkan autisme pada anak yang baru dilahirkan. Ganasnya virus ini tidak hanya menyebabkan autis saja, tapi juga kelainan genetik yang lain. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya menjaga kesehatan dan kebersihan selama masa kehamilan.

Cara Mendampingi Anak Autis


Hingga saat ini, belum ada obat yang diklaim bisa menyembuhkan autisme. Anak autis bisa mendapatkan penanganan agar dapat menunjang tumbuh kembangnya dan proses belajarnya. Bimbingan ini sangat baik untuk anak autis dalam rangka melatih keterampilan sosial, perilaku dan komunikasi.

Tujuannya adalah anak bisa beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan sekitarnya. Dukungan dari keluarga juga sangat penting selain berkonsultasi dengan dokter. Keluarga juga harus bisa memahami gerak tubuh atau isyarat yang diberikan anak autis apabila ia menginginkan sesuatu. Karena perilaku anak autis sangat berbeda dengan anak normal.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah ulasan tentang penyebab anak autis serta berbagai cara untuk mendampinginya. Pendampingan ini sangat penting dan dibutuhkan anak autis untuk perkembangan masa depannya. Pendampingan yang tepat akan dalam beberapa kasus bisa menyembuhkan gejala autis yang muncul.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.