Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Penyebab Bayi Menangis Tengah Malam, Moms Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab bayi menangis tengah malam yang harus diketahui sejak dini.

Bagi para orang tua baru tentu perlu adaptasi dalam mengurus si kecil. Masih perlu banyak belajar dalam merawat bayi terutama di malam hari. Sebagai orang tua baru tentu jam tidur akan berkurang drastis dan hampir semua waktu yang ada hanya untuk si kecil terutama bagi sang ibu. Bayi baru lahir biasanya sering menangis apalagi di malam hari. Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab bayi menangis tengah malam?


Perlu diketahui kalau bayi yang menangis artinya ada yang tidak nyaman atau ada yang dirasakan pada dirinya. Cara memberitahu orang tuanya adalah dengan menangis kapan pun tubuhnya merasakan sesuatu. Saat malam, bayi lebih sering terjaga sehingga di siang hari lebih banyak tidur. Hal tersebut normal dan akan mulai berkurang ketika bayi bertambah usianya. Agar bisa mengatasi bayi yang terjaga di malam hari, ketahui penyebab bayi menangis tengah malam berikut ini:

1. Lapar


Hal pertama yang memicu bayi menangis adalah perut yang lapar. Normalnya bayi yang kurang dari 6 bulan akan sering menangis setidaknya 1 sampai 3 jam sekali karena rasa lapar. Rasa lapar tersebut sangat wajar karena bayi masih dalam masa pertumbuhan dan hanya makan serta minum ASI. Jika sudah menginjak usia 6 bulan biasanya bayi sudah mulai bisa tidur lebih nyenyak di malam hari karena tidak sering menyusu. Bayi 6 bulan sudah bisa makan dan juga ngemil.

2. Tumbuh Gigi


Tumbuh gigi biasanya juga akan membuat bayi rewel karena merasa tidak nyaman dengan gusinya yang gatal dan sakit karena gigi yang mau keluar. Bahkan ada sebagian bayi yang suhu tubuhnya naik ketika sedang tumbuh gigi. Ini akan membuat bayi sering menangis terutama saat malam hari. Rasa tidak nyaman karena gigi yang tumbuh memang akan membuat bayi tidak bisa tidur bahkan tidak nyaman untuk menyusu atau makan.

3. Perlu Mengganti Popok


Popok yang kotor dan penuh juga bisa menjadi pemicu bayi menangis tengah malam. Hal ini karena bayi memang lebih sering buang air kecil sehingga popoknya bisa cepat penuh. Saat popoknya penuh dan kotor tentu bayi akan merasa tidak nyaman sehingga menangis tanda ingin popoknya segera diganti dengan yang baru dan bersih.

4. Kolik


Kolik adalah kondisi yang sering dialami bayi kurang dari 6 bulan. Kolik sendiri merupakan kondisi perut bayi yang kembung karena terdapat banyak gas di dalamnya. Ini biasanya disebabkan oleh angin yang masuk pada saat bayi menyusu. Perut bayi akan sangat tidak nyaman sehingga bayi akan terus menangis histeris meski di malam hari.

5. Kaget


Bayi yang tengah tidur nyenyak lalu tiba-tiba menangis di tengah malam juga bisa dikarenakan kaget mendengar suara yang keras di dekatnya. Mungkin ada benda yang jatuh atau semacamnya. Saat kaget bayi tentu menangis dan harus ditenangkan dengan cara digendong. Berikan juga sentuhan lembut seperti pijatan pada bagian punggung supaya bayi lebih rileks dan bisa kembali tidur.


Penyebab bayi menangis tengah malam memang ada beragam dan setiap penyebabnya bisa diatasi dengan cara yang tepat. Pastikan untuk tidak panik ketika mendengar tangisan bayi di malam hari. Tenangkan bayi dengan penuh kasih sayang dan penuhi kebutuhannya agar bayi bisa tidur lelap kembali. Untuk Moms yang kelelahan bisa meminta bantuan suami untuk bergantian jaga di malam hari agar bayi tidak sampai kurang tidur di malam hari.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.