Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Penyebab Kulit Kusam, Sudah Tahu Belum?

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak penyebab kulit kusam yang wajib diketahui sejak dini.

Kamu perlu tahu penyebab kulit kusam agar dapat merawat organ terluar dari tubuh ini dengan baik. Kulit adalah bagian tubuh yang paling awal menghadapi paparan polusi, cuaca, juga debu dan kotoran lainnya. Jika tidak dirawat, kulit akan bermasalah, contohnya, timbul jerawat dan tampak kusam.


Kulit yang sehat akan tampak bercahaya, lembap, dan terasa lembut. Namun, ada beberapa hal yang bisa membuat kesehatan kulit menjadi terganggu. Salah satunya adalah, kulit menjadi kusam, tampak kering, dan tak jarang timbul sisik. Inilah beberapa penyebab kulit kusam yang harus kamu perhatikan:

1. Asupan Air Putih Tidak Terpenuhi


Salah satu hal yang menyebabkan kulit menjadi kusam adalah kurangnya asupan air putih. Umumnya, jumlah yang dibutuhkan tubuh adalah delapan gelas per hari. Apabila tidak tercukupi, tubuh akan menjadi kurang terhidrasi dan salah satu yang terdampak adalah kulit.


Kulit orang yang kurang minum air putih, akan menjadi kering, sehingga membuatnya tampak kusam dan tidak bercahaya. Oleh sebab itu, cara untuk menghindari kondisi kulit kusam yang paling mudah adalah memenuhi kebutuhan konsumsi air putih harian.

2. Enggan Mengaplikasikan Pelembab


Banyak orang beranggapan bahwa pelembab hanya perlu saat akan keluar rumah dan sebelum menggunakan make up saja. Hal ini jelas dapat membuat kulit menjadi kering dan tampak kusam. Sebaiknya gunakan pelembab setiap pagi dan malam untuk memberikan nutrisi pada sel-sel kulit.


Pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit agar hasilnya optimal. kulit normal lebih cocok menggunakan produk pelembab berbahan dasar air. Jika memiliki kulit berminyak, pilih pelembab jenis lotion. Adapun untuk kulit kering, pilih yang tekstur pelembabnya lebih tebal, seperti jenis krim.

3. Berada di Ruangan AC Terlalu Lama


Penyebab lain dari kondisi kulit kusam adalah berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama. Hal ini bisa membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan tampak kusam. Oleh sebab itu, jika terpaksa berada dalam ruangan berpendingin tersebut, tambah asupan air putih, dan lebih sering mengaplikasikan pelembab.

4. Stres dan Sering Begadang


Stres juga bisa menyebabkan kulit berubah menjadi kusam. Idealnya, manusia beristirahat tidur selama delapan jam saat malam. Sayangnya, orang yang mengalami stres umumnya menjadi sulit tidur dan lebih sering begadang. Hal ini tidak hanya mengganggu kesehatan organ dalam tubuh, tetapi juga membuat kulit menjadi tidak bercahaya akibat tidak adanya regenerasi sel.


Sebaiknya mulai kelola stres dengan baik dan tidak membiarkannya berlarut-larut. Cara lain untuk mengatasi stres adalah aktif bergerak dan berolahraga. Sisihkan juga waktu untuk bercanda dengan keluarga, sahabat, pasangan, bahkan binatang peliharaan. Keceriaan akan dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan yang tidak perlu, sehingga tidur lebih nyenyak.

5. Paparan Ultraviolet dan Polusi


Penyebab kulit menjadi kusam yang berikutnya adalah radiasi ultraviolet dan juga paparan polusi yang semakin meningkat belakangan ini. Sinar matahari memiliki gelombang ultraviolet A dan B yang dapat merusak kulit, menyebabkannya menjadi kusam, bahkan memicu timbulnya kanker. Begitu juga dengan polusi udara yang sudah merusak kondisi lingkungan sekitar kita.


Untuk mengatasinya, lindungi kulit dengan tabir surya, hindari merokok, dan jauhi lokasi yang memiliki kadar polusi tinggi. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat untuk membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Dengan demikian, racun yang masuk ke dalam sel kulit dapat dikeluarkan.


Itulah beberapa penyebab kulit kusam dan mengalami kerusakan. Kunci untuk menghindarinya adalah selalu menerapkan gaya hidup sehat, menjaga kebersihan, dan melakukan perawatan rutin harian. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol yang berpotensi membuat kulit menjadi kering.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.