Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Penyebab Stunting pada Anak Wajib Diwaspadai Orang Tua

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Bunda wajib tahu penyebab stunting pada anak.
Stunting yang terjadi pada anak jangan dianggap sepele karena bisa berdampak buruk. Stunting merupakan pertumbuhan atau perkembangan anak yang terganggu karena anak tersebut kekurangan asupan gizi. Mereka mengalami kekurangan nutrisi dalam waktu yang lama. Penyebab stunting pada anak-anak ini beragam. Yang pasti, gizi buruk lah yang membuat hal itu terjadi.

Gizi buruk ini bisa juga dialami ibunya ketika masih mengandung anak tersebut. Dampak yang paling sering terjadi pada anak yang mengalami stunting adalah tinggi badan anak tersebut lebih pendek dibanding anak-anak sebayanya. Selain itu, kemampuan belajar si anak juga menjadi rendah dan mudah terserang penyakit. Mari kita bahas apa saja yang menjadi penyebab dari stunting yang terjadi pada anak-anak, seperti berikut ini:
banner consideration shipping bg blue

1. Kadar Gizi Ibu yang Buruk di Masa Kehamilan



Pada saat mulai ada kehidupan di dalam rahim, embrio akan bergantung hidup pada asupan makanan yang dikonsumsi ibu. Hal itu akan berlanjut pada masa-masa menyusui. Itulah sebabnya, jika nutrisi si ibu buruk maka pertumbuhan janin di dalam rahim juga terbatas.

Di 1000 hari pertama kehamilan, risiko stunting terkait dengan kesehatan ibu tersebut. Kemungkinan stunting itu pun akan meningkat apabila ibu hamil mengalami penyakit-penyakit seperti HIV/Aids, malaria, atau cacingan.

2. Lingkungan yang Tak Mendukung



Ketidakhadiran pengasuh pada saat anak tersebut lahir, juga bisa menyebabkan kebutuhan makanan anak tersebut tidak maksimal. Kesempatan untuk bermain dan belajar bagi anak-anak yang lebih sedikit, juga akan menghambat pertumbuhannya.

Pada saat akses makanan yang bergizi terbatas maka pertumbuhan dan perkembangan anak itu juga akan terhambat.Biasanya, disebabkan oleh alasan ekonomi anak-anak pun tidak memperoleh gizi yang seharusnya dari sumber-sumber penting seperti daging, susu dan telur.

3. Kurangnya Makanan Pendamping ASI



Dimulai dari usia 6 bulan, bayi harus menerima makanan pendamping yang menjadi makanan pelengkap selain ASI. Ibu harus memadukan makanan seperti misalnya serela khusus bayi dengan makanan pokok. Makanan pokok ini bisa meliputi sayuran, ikan, buah, telur dan susu. Tekstur makanan tersebut disesuaikan dengan usia bayi.

Kurangnya asupan MPASI saat anak itu masih bayi juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya stunting pada anak tersebut. Maka penuhilah kebutuhan asupan nutrisi pada anak saat pemberian MPASI.
banner consideration promotion bg blue

4. Masalah Kebersihan Makanan dan Air



Penyebab dari stunting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan dari makanan dan air yang dikonsumsi. Makanan dan air yang terkontaminasi oleh polutan dari lingkungan dinamakan dengan mikotoksin. Hal ini juga bisa menjadi penghambat dalam pertumbuhan anak tersebut.

Misalnya jarang mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, makanan yang disimpan di tempat terbuka dan tidak bersih, atau makanan yang dibiarkan muncul bakteri, bisa membuat anak-anak sakit dan menghambat pertumbuhan mereka.

5. Tidak Memperoleh ASI Eksklusif



Menurut rekomendasi dari WHO, ibu menyusui harus menyusui bayi-bayi mereka minimal 1 jam setelah masa kelahirannya. Pemberian ASI ini terus berlanjut hingga bayi berusia 6 bulan. Lebih baik lagi jika bayi mendapat ASI sampai usianya mencapai 2 tahun. Anak-anak yang mendapatkan ASI yang cukup di 2 tahun pertama kehidupannya, biasanya tidak akan mengalami stunting atau bisa terhindar dari stunting tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah lima penyebab stunting yang terjadi pada anak-anak dan harus selalu diwaspadai oleh para orang tua. Dengan mengetahui penyebab ini, diharapkan para Bunda bisa lebih memahami mengenai stunting dan bisa menghindari berbagai penyebab ini ya.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.