5 Perlakuan Sederhana Orang Tua yang Bikin Si Kecil Makin Merasa Disayang

03 Des 2019 @ 13:41:41
Setiap orang tua tentu mencintai anaknya dengan tulus. Ayah dan ibu akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan buah hati mereka sebaik mungkin, bahkan jauh-jauh hari saat sang anak belum lahir ke dunia. Namun tak bisa dimungkiri, adakalanya perhatian orang tua ke anak jadi terbagi karena sibuknya rutinitas. Padahal ikatan antara orang tua dan anak harus selalu terjaga.

Ayah dan ibu tidak perlu berkecil hati. Sebenarnya ada banyak cara menunjukkan kasih sayang pada anak-anak selain mengucapkannya secara langsung atau memberi mereka pelukan hangat. Meski disibukkan oleh rutinitas dan aktivitas harian yang padat, semoga 5 cara sederhana ini dapat membantu ayah dan ibu meyakinkan si buah hati kalau mereka adalah yang terbaik dan selalu menjadi kesayangannya ayah dan ibu.

1. Sempatkan Waktu untuk Mendengarkan Cerita Mereka

1. Sempatkan Waktu untuk Mendengarkan Cerita Mereka

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak senang ketika mereka diperhatikan. Ketika mereka sedang bicara, dengarkanlah dengan seksama dan beri perhatian sepenuhnya pada apa yang mereka katakan. Kecilkan suara televisi, letakkan ponsel, lalu dengarkan cerita mereka sambil menatap wajahnya. Perhatian sederhana seperti ini membuat anak-anak tahu bahwa ayah atau ibunya sedang fokus mendengarkan mereka dan merasa disayangi. Hal-hal seperti ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan emosional anak.

2. Libatkan Anak dalam Mengambil Keputusan

2. Libatkan Anak dalam Mengambil Keputusan

Banyak orang tua merasa bahwa anak-anak masih terlalu kecil untuk mengutarakan pendapat. Padahal cara ini dapat membuat anak berani berpendapat dan mengambil keputusan. Coba ajak anak untuk mengambil keputusan sederhana di rumah seperti menentukan tujuan liburan, memilih warna cat kamar, atau sesederhana memilih menu makanan spesial yang akan dimasak ibu di akhir pekan. Dengan membiasakan minta pendapat si kecil, mereka akan merasa dilibatkan dan merasa bahwa ia adalah bagian dari anggota keluarga.  

3. Sajikan Mereka Makanan Sehat nan Lezat

3. Sajikan Mereka Makanan Sehat nan Lezat

Untuk mencapai pertumbuhan anak yang optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan dasar anak, salah satunya asupan gizi yang baik. Nutrisi anak adalah salah satu faktor penting yang menentukan perkembangan si kecil di masa depan. Pastikan menu makanan yang disantap si kecil bukan hanya lezat, tapi juga sehat dan bergizi. Biasakan mereka mengkonsumsi makanan-makanan sehat dengan sentuhan rasa lezat sedari kecil, ini akan membentuk stigma pada diri mereka bahwa ada banyak pilihan makanan sehat yang bisa disantap dengan sedap!

4. Usahakan untuk Meluangkan Waktu Bermain Bersama

4. Usahakan untuk Meluangkan Waktu Bermain Bersama

Sesibuk apa pun ayah dan ibu, usahakan untuk meluangkan waktu bermain bersama si kecil. Ada banyak permainan sederhana yang bisa dimainkan bersama seperti bermain mobil-mobilan, role play karakter film kesukaan,dan  bermain boneka tangan. Jika waktu yang dimiliki memang sangat terbatas, ayah dan ibu bahkan bisa mengajak si kecil bermain permainan paling sederhana seperti tebak-tebakan sebelum tidur pun atau pun mendongen buat mereka.

Ingat ya, bermain bersama anak punya banyak sekali manfaat. Bermain akan sangat membantu mengembangkan imajinasi anak, melatih kemampuan otot gerak, membantu perkembangan otak dan kecerdasan emosi anak. Jadi, yuk mulai sekarang berusaha sediakan waktu untuk bermain bersama anak meskipun hanya sebentar. 

5. Puji dan Hargai Usaha Positif Anak Sekecil Apapun Itu

5. Puji dan Hargai Usaha Positif Anak Sekecil Apapun Itu

Siapa yang nggak senang dipuji? Kita orang dewasa saja jadi sangat bersemangat saat mendapatkan pujian, apalagi anak-anak. Pujian dan apresiasi yang tepat bagi anak akan sangat berdampak positif (jangan sampai berlebihan loh ya, Moms). Misal, orang tua memuji perilaku anak yang positif, ini akan membuat anak jadi punya pertimbangan hal-hal apa saja yang harus dilakukan di masa depan untuk mendapat hasil positif yang sama. 

Nah, intinya menunjukkan rasa cinta pada anak tidak selalu ditunjukkan dengan membelikan mereka mainan ataupun barang-barang mahal, lho. Cara-cara sederhana di atas bisa dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang pada anak setiap hari. Kalau Lemomoms, kira-kira paling sering ngelakuin apa bikin si kecil selalu merasa disayang?


Artikel Terkait

Wow, Sehat bareng Keluarga A6! Gowes Sambil Keliling Pantai di Bali
Aktivitas bersepeda yang dilakukan keluarga Hermansyah tentunya memberi banyak manfaat kesehatan..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020
Perempuan Mandiri Secara Finansial? Ini 3 Keuntungannya!
Kamu bisa bergabung di program Wiranilo untuk mendapatkan penghasilan sendiri dan mandiri secara finansial..
Shella Rafiqah Ully
17 September 2020