5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!

23 Sep 2020 @ 09:20:59
Ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk asam lemak omega-3 yang merupakan lemak esensial dan tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Asam lemak omega-3 inilah yang penting menjaga kesehatan otak dan jantung.

Selain itu, ikan juga mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor yang dibutuhkan anak-anak untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang. Kandungan lain seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Sementara itu, bagi orang tua, mengonsumsi ikan juga mampu meningkatkan kemampuan daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan secara rutin memiliki substansi abu-abu di pusat otak yang mengatur emosi dan ingatan.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu, terutama ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna. Dari berbagai jenis ikan, terdapat jenis ikan super yang dapat digolongkan sebagai ikan terbaik karena nutrisi yang aman dan ramah lingkungan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 jenis ikan terbaik untuk dikonsumsi.

1. Ikan salmon

Ikan salmon yang dibudidayakan memiliki harga yang lebih murah namun mengandung omega-3, vitamin, dan mineral yang lebih sedikit. Salmon adalah pilihan yangg sangat baik namun usahakan membeli salmon yang tidak dibudidaya. 

2. Ikan makarel

Makarel termasuk ikan yang berminyak dan kaya akan lemak sehat. Namun, sebaiknya jangan pilih king mackerel karena mengandung merkuri tinggi sehingga dikhawatirkan memberikan efek samping yang kurang baik  untuk kesehatan.

3. Ikan sarden

Ikan sarden juga termasuk ikan yang berminyak. Selain itu, sarden juga kaya akan vitamin. Jika ingin mengonsumsi ikan sarden, sebaiknya jangan pilih yang sudah dikemas dalam kaleng karena ikan sarden segar lebih bernutrisi dan bermanfaat.

4. Ikan tuna

Ikan tuna kaleng maupun ikan tuna segar menjadi salah satu menu ikan favorit banyak orang. Saat memilih ikan tuna, pastikan kamu memilih jenis tuna yang tidak mengandung banyak merkuri seperti tuna ahi atau sirip kuning.

5. Ikan cod

Ikan cod merupakan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B-12 yang sangat baik untuk tubuh. Ikan cod dalam porsi 3 ons sudah mengandung 15 hingga 20 gram protein. Selain itu, minyak ikan cod juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengonsumsi berbagai jenis ikan akan memberikan kandungan nutrisi yang kaya untuk tubuh. Apalagi jika mengonsumsinya secara rutin, maka pola makan akan menjadi seimbang karena asupan nutrisi bisa terpenuhi dengan optimal.

Selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata mengonsumsi ikan juga bisa menurunkan risiko depresi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan. 

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi ikan. Bagi anak-anak dan perempuan yang sedang hamil, sebaiknya konsultasi dengan dokter terkait jenis ikan terbaik untuk dikonsumsi. Hal ini menghindari jenis ikan dengan merkuri tinggi yang mungkin menyebabkan gangguan kesehatan.

Artikel Terkait

Banyak Dijadikan Obat Herbal, Simak 4 Manfaat Daun Kelor Menurut Sains
Mulai dari kaya akan nutrisi dan mineral baik hingga mampu mengurangi peradangan..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Buah naga merupakan buah yang rendah kalori namun mengandung mineral dan vitamin penting..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
Ibu Hamil Sering Mudah Lapar? Ini 7 Rekomendasi Cemilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi
Tak hanya makanan utama, cemilan para ibu hamil pun harus sehat dan mengandung nutrisi baik untuk janin..
Shella Rafiqah Ully
05 Oktober 2020