5 Ragam Teh Jepang Lengkap Dengan Manfaatnya

14 Mei 2020 @ 18:12:33
Jepang sudah dikenal memiliki ragam teh yang nikmat. Bahkan teh sudah sangat lekat dengan kehidupan orang-orang Jepang. Karenanya budaya minum teh Jepang juga sudah menjadi sebuah tradisi yang hingga kini masih dilestarikan.  Lalu apa saja ragam teh tersebut beserta manfaatnya bagi tubuh?

1. Matcha



Teh hijau ini termasuk teh paling populer di luar Jepang, tetapi di Jepang sendiri lebih populer teh Sencha. Matcha adalah teh hijau bubuk yang digunakan untuk upacara minum teh di Jepang. Matcha memiliki rasa dan aroma yang khas karena diambil dari daun teh dengan kualitas paling tinggi. 

Sebelum dipanen, daun teh akan dijaga supaya tidak terlalu terkena paparan sinar matahari. Hal ini dilakukan agar kadar klorofil teh tetap tinggi.Setelah dipanen, daun teh kemudian dipanaskan lalu dikeringkan. Setelah dikeringkan daun teh akan melebur menjadi bubuk matcha. Itulah kenapa tidak ada matcha yang dijual dalam bentuk kantung teh.

Manfaat teh Matcha dapat membantu kamu mengatur nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Kandungan katekin pada Matcha bisa membantu menghambat pergerakan glukosa menjadi sel-sel lemak, yang memperlambat kenaikan gula darah dan penyimpanan lemak selanjutnya. Nah, ketika gula darah tetap stabil, kamu akan cenderung tidak mudah merasakan lapar. Dengan begitu teh ini cocok juga bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

2. Sencha


Teh hijau Sencha termasuk salah satu jenis teh yang paling banyak dijumpai di Jepang. Sencha terbuat dari daun teh yang baru saja dipetik. Kemudian dipanaskan dengan cara dikukus maupun direbus untuk menghentikan proses fermentasi. 

Pada teh Sencha terdapat antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif tersebut membuat tubuh lebih rentan terhadap kanker. Kandungan polifenol teh Sencha dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker.

3. Houjicha



Keistimewaan teh Houjicha terletak pada aromanya yang lebih kuat karena terbuat dari daun teh hijau yang dipanggang hingga berubah menjadi lebih gelap. Proses pemanggangan ini membuat air seduhan teh Houjicha menjadi merah kecoklatan.
Manfaat teh Hojicha sangat efektif untuk mendukung proses detoks karena kandungan alaminya mampu menghilangkan racun kimia dan logam berat dalam tubuh.

4. Mugicha



Berbeda dari teh biasanya, bahan utama dalam pembuatan teh ini tidak menggunakan daun teh sama sekali. Teh ini lebih menggunakan barley sebagai bahan utamanya.
Barley sendiri merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman liar menyerupai gandum. 

Barley yang telah dipanen kemudian disangrai hingga mengeluarkan aroma, kemudian diseduh seperti teh biasanya.Teh ini mengandung antioksidan alami yang bermanfaat untuk menangkal dampak buruk sinar UV dan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

5. Jasumin-cha



Selain memiliki rasa yang lebih kuat, aroma harum yang keluar dari seduhan bunga melati ini membuat teh Jasumin-cha digemari banyak orang. Kandungan kafeinnya yang lebih rendah, menjadikan jasumin-cha pilihan yang tepat bagi orang-orang yang tidak kuat mengkonsumsi kafein. 

Manfaat teh Jepang ini dapat melindungi kekebalan tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya. Hal ini dapat membantu kamu terhindar dari berbagai penyakit. Menghirup teh ini secara teratur juga dipercaya mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah ragam teh Jepang lengkap dengan manfaatnya. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh teh jenis ini, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi teh dari Jepang ya! 

Artikel Terkait

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Tubuh Manusia
Selain dikenal memiliki rasa yang menyegarkan, inilah manfaat air kelapa muda yang sangat baik untuk tubuh..
Rizki Indra
23 Oktober 2020
5 Manfaat Pepaya, Selain Bagus untuk Pencernaan
Selain untuk pencernaan, ternyata masih banyak sekali manfaat pepaya yang harus kamu ketahui untuk kesehatan..
Rizki Indra
23 Oktober 2020
Ketahui 5 Manfaat Buah Mengkudu dan Cara Pengolahannya
Mengkudu memang dikenal sebagai buah yang mengandung banyak manfaat, inilah manfaat buah mengkudu untuk kesehatan..
Rizki Indra
23 Oktober 2020