5 Rekomendasi Nutrisi dan Makanan sehat untuk Ibu Hamil Menyusui

10 Aug 2018 @ 12:31:11
Waktu kehamilan dan menyusui merupaka dua fase terpenting bagi seorang ibu untuk mendapatkan nutrisi untuk tubuh. Tak hanya untuk kebutuhan tubuh ibu hamil dan menyusui, nutrisi tersebut juga baik untuk perkembangan janin dan bayi. Kekurangan nutrisidari makanan tersebut bisa berdampak pada perkembangan janin, pertumbuhan si kecil, dan kesehatan sang ibu. 

Untuk itulah, pada masa kehamilan dan menyusui, penting untuk ibu hamil dan menyusui untuk mendapatkan nutrisi penting untuk tubuh dengan menjalani diet sehat dan seimbang. Ibu hamil dan menyusui wajib mendapatkan nutrisi alami seperti: 

1. Kalsium, Nutrisi Penguat Tulang Ibu, Bayi dan Janin
Kalsium, Nutrisi Penguat Tulang Ibu, Bayi dan Janin

Seperti yang banyak diketahui, kalsium adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan tulang yang kuat dan pembentukan sel-sel organ tubuh pada bayi, janin, dan ibu. Itulah alasannya banyak praktisi dan ilmuwan yang menganjurkan untuk setiap ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib mencukup minimal 1000 mg kalsium per hari. 

2. Karbohidrat & Serat, Nutrisi Sebagai Sumber Energi Untuk Beraktivitas
Banyak rumor menyebutkan bahwa ibu hamil dan menyusui harus mengurangi asupan karbohidrat karena akan berpengaruh pada bentuk dan berat badan. Sayangnya, ini hanyalah rumor belaka. Justru, karbohidrat dibutuhkan untuk menjamin energi si ibu dan mendukung perkembangan bayi dan janin. Untuk nutrisi yang lebih maksimal, carilah sumber karbohidrat yang juga kaya akan serat. 

3. Asam Folat (Folic Acid), Nutrisi yang Dibutuhkan Untuk Perkembangan Otak
Jika ibu ingin mempunyai keturunan dengan perkembangan otak yang baik, asam folat wajib menjadi nutrisi yang diberikan pada janin dan bayi. Selain itu, asam folat menjamin terbentuknya struktur saraf yang baik di dalam tubuh janin dan bayi. Jumlah sel darah putih dan merah dari tubuh janin dan bayi juga bisa seimbang dengan asupan asam folat. Setiap hari, ibu mesti mencukupi 0.4 miligram asam folat. 

4. Lemak Sehat, Cadangan Energi yang Bantu Perkembangan Tubuh Janin dan Bayi 
Lemak Sehat, Cadangan Energi yang Bantu Perkembangan Tubuh Janin dan Bayi

Lemak sehat bisa diartikan sebagai lemak tak jenuh. Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi. Selain itu, lemak sehat juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Namun, konsumsi lemak ini perlu dibatasi dan disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu. 

5. Mineral (Yodium & Zat Besi), Zat yang Jaga Keseimbangan Tubuh
Dalam tubuh ibu dan bayi, terdapat sebuah kelenjar yang gunanya untuk menjaga keseimbangan tubuh, yaitu kelenjar tiroid. Untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid ini, perlu adanya asupan Yodium yang cukup. Asupan Yodium yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang mendukung perrtumbuhan otak bayi. 

Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk mencegah janin, bayi, atau ibu mengalami anemia saat hamil dan menyusui. Selain itu, zat besi juga dapat menstimulasi produksi ASI yang lebih maksimal. 

6. Vitamin (A, B6, B12, C, dan D), Nutrisi Pelengkap Untuk Perkuat Tubuh
Tak hanya tubuh si ibu, janin dan bayi juga membutuhkan vitamin pendukung untuk mendukung pertumbuhannya. Vitamin memegang peranan penting dalam menguatkan sistem imun tubuh, menyehatkan pencernaan, dan membantu mendukung pertumbuhan tubuh janin, bayi dan ibu.

Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Menyusui

Setelah mengetahui begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui di atas, kamu tentu kebingungan makanan apa yang harus dikonsumsi. Sebenarnya, banyak rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui untuk mendukung kesehatan janin, bayi, dan ibu. Untuk itu, cobalah beberapa rekomendasi berikut ini: 

1. Granola & Muesli, Sumber Karbohidrat dan Serat yang Baik Untuk Menutrisi Tubuh

Granola & Muesli, Sumber Karbohidrat dan Serat yang Baik Untuk Menutrisi Tubuh

Untuk mencukupi nutrisi karbohidrat dan serat bagi ibu hamil dan menyusui, granola & muesli bisa menjadi pilihan yang pas. Dibuat dari gandum utuh yang banyak mengandung karbohidrat dan serat pangan, granola & muesli bisa mencukupi energi untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, kandungan buah kering yang terdapat dalam kedua makanan ini mampu memberikan asupan vitamin yang bantu jaga daya tahan tubuh ibu hamil dan menyusui. 

2. Susu Nabati (Almond, Kedelai, ataupun Kacang Mede), Untuk Cukupi Kebutuhan Nutrisi Kalsium

Susu Nabati (Almond, Kedelai, ataupun Kacang Mede), Untuk Cukupi Kebutuhan Nutrisi Kalsium

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ibu hamil dan menyusui wajib cukupi kebutuhan kalsium untuk kesehatan tubuh. Pilihannya memang banyak merekomendasikan susu sapi sebagai pilihan utama, namun susu nabati (plant-based milk) juga bisa menjadi pilihan yang seimbang. Dengan kandungan alami dari kacang almond, beras, kacang mede, ataupun kacang kedelai, susu nabati punya nutrisi yang serupa dengan susu sapi. Plus, susu nabati bebas laktosa yang umumnya ditemukan di susu hewani. 

3. Salmon, Superfood dari Ikan yang Tingkatkan Nutrisi Untuk Otak

Salmon, Superfood dari Ikan yang Tingkatkan Nutrisi Untuk Otak

Diantara banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh manusia, salmon menjadi salah satu superfood yang sangat recommended untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Salmon kaya akan protein, magnesium, zat besi, vitamin, dan antioksidan yang bantu pertumbuhan janin dan bayi, khususnya pertumbuhan otak. Tak hanya itu, vitamin dalam salmon juga dipercaya mampu memperlancar ASI ketika masa menyusui. Sebagai catatan, hindari mengonsumsi salmon dalam bentuk mentah untuk menghindari pertumbuhan bakteri dari daging ikan. 

4. Yogurt & Parfait, Snack Creamy yang Bantu Cukupi Nutrisi Kalsium dan Probiotik

Yogurt & Parfait, Snack Creamy yang Bantu Cukupi Nutrisi Kalsium dan Probiotik

Yogurt dan parfait bisa menjadi contoh snack atau cemilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dibuat dengan susu segar, yogurt dan parfait dapat menjadi pilihan jika si ibu bosan untuk mengonsumsi susu untuk cukupi kalsium, vitamin, dan mineral. Khusus dua jenis cemilan ini, terdapat probiotik yang bantu sehatkan pencernaan untuk maksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. 

5. Telur Rebus Matang, Pilihan Sarapan dan Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Telur Rebus Matang, Pilihan Sarapan dan Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Untuk pilihan cemilan dan sarapan sehat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui, telur rebus matang bisa menjadi pilihan yang sehat, khusunya untuk ibu hamil. Kandungan kolin (choline) dalam kuning telur bagus untuk pertumbuhan otak janin sementara protein dalam putih telur memastikan pembentukan sel tubuh janin bisa terjadi dengan baik. Biar begitu, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan seimbang untuk menghindari naiknya angka kolesterol akibat kuning telur.

Nah, Lemonimoms, sebenarnya masih banyak lagi nutrisi dan makanan wajib yang bisa dikonsumsi. Beberapa contoh diatas merupakan pilihan dari beragam sumber yang diketahui punya efek langsung bagi janin, bayi, dan ibu hamil & menyusui. Kamu juga bisa mencari banyak produk untuk ibu hamil dan menyusui di Lemonilo. Pastinya, semuanya sudah terkurasi dan sehat untuk dikonsumsi.  


Artikel Terkait

Tetap Sehat Walaupun Sedang Travelling? Inilah Cara dan Panduannya!
Travelling atau berwisata tentu menjadi waktu yang menyenangkan. Di waktu travelling, kamu bisa merasakan lega dari akti..
Andesma. W
02 Oktober 2018
Tak Nyaman Karena GERD? Cobalah Cara Alami Menyembuhkan GERD berikut Ini!
Apa kamu pernah merasakan rasa sakit di sekitar perut bagian atas dan ulu hati, Lemonizen? Kalau iya, bisa jadi itu adal..
Andesma. W
28 September 2018
Dark Chocolate: Bagaimana Bisa Sehat Dengan Konsumsi Dark Chocolate yang Cukup?
Dalam menjalani hidup sehat, kamu tentu banyak tahu tentang macam-macam superfood atau makanan super yang mempunyai bany..
OT Handoko
27 September 2018