5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh

09 Mei 2020 @ 15:41:20
Tubuh membutuhkan vitamin agar tetap fit dan bugar untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan konsumsi vitamin yang rutin, daya tahan atau imunitas tubuh juga bisa menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah sakit. Berikut ini adalah beberapa vitamin daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi secara rutin. 

1. Sayur Brokoli



Jenis sayur yang pertama adalah sayur brokoli. Meskipun dianggap sebagai sayur yang tidak memiliki rasa karena hambar, dan cenderung banyak orang yang tidak menyukainya, brokoli justru menyimpan banyak sekali vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh. Vitamin tersebut diantaranya adalah jenis vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin C. Brokoli juga mengandung berbagai mineral baik yang diperlukan oleh tubuh. 

2. Mangga dan Strawberry  



Buah Mangga sudah dikenal luas karena kandungan vitaminnya yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C yang ada di buah Mangga ditambah dengan polifenol menjadi kombinasi yang sangat baik untuk antioksidan tubuh dan juga sebagai pencegah bahaya kanker payudara dan usus besar. 

Sementara itu, buah strawberry juga sangat kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B kompleks. Buah strawberry juga memiliki kandungan antioksidan, kalium, dan juga zat besi. Dengan kandungan vitamin dan antioksidan itulah, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai penguat daya tahan tubuh. 

3. Yoghurt



Kandungan probiotik yang terdapat dalam yoghurt ternyata berperan penting menjaga kesehatan pencernaan dari bakteri maupun penyakit. Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem imun yang baik berasal juga dari pencernaan. Jika pencernaanmu sudah terjaga dengan baik, tubuh akan mempunyai daya tahan yang kuat.

Dalam mengkonsumsi yoghurt ini, pastikan kamu memilih yang tidak memiliki pemanis tambahan. Kamu bisa menambahkan toping seperti buah segar ataupun sayur sebagai pemanis. Atau kamu bisa juga menambahkan menu makanan yang mengandung vitamin D yang juga ikut membantu tubuh menjaga sistem imun.

4. Jahe Merah



Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang paling unggul untuk dikonsumsi. Kandungan minyak atsiri yang ada pada jahe merah juga lebih tinggi dibandingkan pada jenis jahe lainnya. Kandungan zat gingerol dan oleoresin yang ada pada jahe merah membuatnya sangat baik digunakan sebagai obat herbal dan campuran ramuan tradisional. 

Jahe merah juga memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan pegal tubuh, menghilangkan sakit kepala, dan juga meningkatkan stamina. Sehingga jahe merah bisa menjadi vitamin yang sangat efektif untuk melindungi daya tahan tubuh.

5. Temulawak



Temulawak merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang sangat populer untuk digunakan dalam berbagai olahan herbal. Siapa sangka, jika salah satu jenis empon-empon ini bisa menjadi vitamin daya tahan tubuh yang efektif. 

Kandungan vitamin C, E, B6, zat besi dan potasium yang terdapat pada temulawak bisa membantu memelihara kesehatan tubuh juga sebagai pencegahan infeksi. Selain itu, temulawak juga bisa meningkatkan nafsu makan yang secara tidak langsung bisa membantu tubuh meningkatkan sistem imunnya terhadap penyakit. 

Itulah lima vitamin daya tahan tubuh alami yang bisa melindungimu dari berbagai aktivitas padat di luar sana. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Apalagi di tengah kondisi cuaca yang seperti ini.


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020