Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

5 Resep Olahan Pare Yang Nikmat Dengan Rempah Alami

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Resep olahan pare jadi pilihan menu makanan yang enak di rumah.
Pare memiliki rasa pahit yang khas, sehingga sayuran ini tidak banyak digemari. Padahal jika diolah menggunakan resep olahan pare yang tepat, Anda tentu bisa merasakan kelezatannya. Sayuran ini akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Berasal dari India, pare tidak hanya kaya akan nutrisi, tapi juga dipercaya mampu menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah, serta mengurangi berat badan.
banner consideration shipping bg blue
Untuk mengurangi rasa pahit saat mengolahnya Anda bisa menambahkan sedikit garam pada pare sebelum dimasak atau dengan memakai saus tiram saat memasaknya. Pahitnya pare akan kalah dengan gurih dari ekstrak tiram. Dan berikut ini terdapat 5 resep olahan pare yang sangat cocok untuk Anda coba karena pengolahannya yang cukup mudah untuk diikuti.

1. Tumis Pare dan Udang



Bahan yang diperlukan untuk memasak tumis pare dan udang adalah 2 buah pare, 2 sdm udang kering, 2 siung bawang putih, 1 buah cabai juga dicacah halus, 1 sdm air dan kecap manis, ½ sdm gula merah, cuka beras dan garam.

Pertama, tambahkan garam pada irisan pare dan biarkan selama 15 menit, ambil mangkuk kecil lalu hancurkan potongan cabai dengan bawang putih cacah, selanjutnya panaskan 2 sdm minyak dalam wajan dengan suhu sedang, dan setelah panas kemudian masukkan cabai dan bawang putih tadi, tumis sampai harum. Terakhir masukkan pare, udang, air, garam, kecap, gula merah dan garam. Masak selama satu sampai dua menit hingga pare jadi lebih empuk.

2. Pare Balado Ikan Teri



Bahan-bahan yang diperlukan seperti 2 buah pare, 1 papan tempe, 100 gram teri kering, 1 sdt gula pasir, kaldu bubuk, 10 buah cabai merah keriting, 6 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 buah tomat ukuran sedang, garam, gula dan minyak secukupnya untuk resep olahan pare balado ikan teri yang nikmat.

Cuci pare yang telah diiris tipis dan beri sedikit garam lalu remas-remas sebentar, terus ulangi sebanyak 4 sampai 5 kali. Panaskan minyak dan goreng tempe, pare, serta teri hingga kering. Kemudian buat bumbu balado dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Masak semua bahan hingga matang.

3. Tumis Pare Telur ala Vietnam



Bahan yang diperlukan sebagai resep olahan pare ini adalah 1 buah pare, 3 sampai 4 butir telur, minyak zaitun, kecap ikan, garam dan merica serta lada hitam secukupnya. Cara membuat adalah dengan mengiris pare menjadi dua bagian lalu keruk bijinya, potong pare tipis dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi air dingin. Tambahkan satu sendok makan garam dan biarkan sebentar.
banner consideration promotion bg blue
Panaskan wajan dan masukkan minyak zaitun, pare, garam, dan kecap ikan. Tumis hingga warna pare berubah kekuningan atau teksturnya melunak. Masak telur dan pare hingga matang merata kemudian angkat, sajikan dan beri taburan lada hitam.

4. Tumis Pare Saus Tiram



Beberapa bahan yang diperlukan sebenarnya sama hanya perlu menambahkan lengkuas, daun salam, udang rebon, saus tiram, dan air serta mie Lemonilo. Tumis bumbu, tambahan lengkuas juga daun salam. Lalu masukkan pare dan udang rebon dan tuang saus tiram serta air aduk hingga merata kemudian tambahan rebusan mie Lemonilo.

Masak hingga air menyusut dan sajikan Tumis Pare selagi masih hangat. Mie Lemonilo terbuat dari bahan yang sehat dengan campuran warna yang berasal dari sayuran. Sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari, Anda juga mengkreasikannya dengan banyak masakan seperti pada tumis pare saus tiram ini.

5. Tumis Pare Pedas



Bahan untuk membuat tumisan ini tidak berbeda jauh dari resep sebelumnya, karena itu langsung saja pada proses pembuatannya. Langkah pertama belah pare lalu buang bijinya. Iris pare lalu remas-remas dan beri garam lalu diamkan beberapa saat. Cuci bersih dan tiriskan. Tumis bawang hingga harum.
Tambahkan empat macam cabe (merah, merah keriting, rawit, hijau) lengkuas, daun salam, tomat, pare, tempe, gula, kaldu bubuk, juga garam. Tuang sedikit air lalu masak hingga mendidih dan pare matang. Cicipi rasanya, lalu angkat dan siap untuk disajikan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Sekian 5 resep olahan pare yang bisa Anda coba. Layaknya obat yang biasa kita makan saat sakit, pare memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apalagi untuk sekarang saat masa pandemi ini, kita harus menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak terserang virus mematikan dengan mengonsumsi makanan yang sehat.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.