Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

5 Resep Sayur Bening Enak Mudah Sederhana Ala Dapur Rumahan

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Nikmati segar dan enaknya resep sayur bening yang sehat.

Mengkonsumsi sayur merupakan salah satu cara memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan menyehatkan. Salah satu hidangan dari sayur yang lezat dan wajib Anda coba adalah sayur bening. Perpaduan berbagai macam sayuran sehat ini cocok untuk Anda jadikan lauk sehari-hari. Berikut resep sayur bening ala rumahan yang wajib Anda coba.

banner consideration shipping bg blue

1. Sayur Bayam Bening Oyong 


Resep pertama yang wajib Anda coba adalah sayur bayam bening. Bayam memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh. Untuk membuat sayur ini, Anda membutuhkan beberapa bahan yang terdiri dari bayam, oyong, merica, pala, bawang putih, gula, garam, dan air.

Pertama, potong bayam dan oyong lebih dulu lalu cuci hingga bersih. Letakkan pada wadah, haluskan biji pala, bawang putih, dan merica hingga halus. Setelah bumbu halus, tumis hingga mengeluarkan bau harum lalu masukkan daun bayam dan oyong yang sudah dipotong. Beri gula dan garam sebagai penyedap rasa. Koreksi rasa, tunggu hingga semua bahan matang lalu angkat dan sajikan.

2. Sayur Bening Tanpa Oyong 


Masih dengan bayam, Anda bisa berkreasi dengan memadukannya menggunakan sayur lain. Pertama, siapkan bayam dan tomat sebagai isiannya. Untuk bumbu halus, Anda bisa menggunakan bawang merah iris, garam, bawang putih iris, dan gula.

Cara pembuatannya sangat mudah, didihkan air lebih dulu untuk dijadikan sebagai kuah. Lalu masukkan bayam yang sudah dipotong-potong dan rebus sampai melunak. Masukkan bumbu halus yang sudah disiapkan. Terakhir, masukkan potongan tomat dan tunggu hingga matang. Angkat dan sajikan, sayur bening sederhana siap dinikmati.

3. Sayur Bening Kerang


Ingin lebih bervariasi? Anda bisa menambahkan kerang sebagai isiannya. Pertama, siapkan bahan isian yang terdiri dari kerang, wortel, bayam dan jagung manis. Untuk bumbu halus, siapkan bawang merah, kunci, kaldu jamur, gula, garam, dan bawang putih. Cuci dulu semua bahan yang akan digunakan sebagai isian.

banner consideration promotion bg blue

Untuk kerang, gosok bagian cangkangnya menggunakan sikat gigi sampai bersih. Masak air sampai mendidih lalu masukkan kerang dan jagung lebih dulu karena teksturnya lebih keras. Selanjutnya masukkan wortel dan tunggu hingga bahan matang. Masukkan bumbu halus dan tunggu hingga air kembali mendidih. Sebagai penutup, masukkan bayam dan tunggu sampai air mendidih. Tes rasa lebih dulu, pastikan seluruh bahan matang, matikan api, angkat dan sajikan.

4. Sayur Bening Oyong


Resep selanjutnya yang bisa Anda coba adalah sayur bening oyong. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti bawang merah, air, tahu putih, tomat, gula pasir, minyak sayur, bawang putih, oyong yang sudah dikupas dan dipotong, bakso ikan, garam, dan lada.

Pertama, haluskan bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga mengeluarkan bau harum. Setelah harum, masukkan tahu, tomat, oyong, dan bakso ikan. Selanjutnya tambahkan air secukupnya dan beri penyedap dari garam, gula serta lada bubuk. Aduk dan masak hingga seluruh bahan matang. Matikan api dan angkat sayur bening oyong yang sudah matang.

5. Sayur Asem Jakarta


Resep terakhir yang bisa Anda coba adalah sayur asem Jakarta. Siapkan daging sapi yang sudah dilunakkan, air, asam jawa, lengkuas, daun salam, buah melinjo, kacang panjang, labu siam, daun melinjo muda, dan jagung manis. Kemudian haluskan bawang merah, terasi matang, garam, gula pasir, dan cabai merah keriting.

Selanjutnya, didihkan kaldu dan daging sapi. Kemudian masukkan bumbu halus, lengkuas, asam muda, daun salam, kacang panjang, kacang tanah, labu siam, dan melinjo. Masak menggunakan api kecil hingga matang. Terakhir, masukkan jagung manis dan daun melinjo lalu masak kembali hingga seluruh bahan matang, matikan api dan angkat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar resep sayur bening ala rumahan yang bisa Anda buat di rumah. Selain sangat mudah untuk dibuat, sayur bening ini juga kaya akan nutrisi karena sayur bayam yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Selamat mencoba resep ini ya Lemonizen

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.