Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Strategi Diskon Tanpa Bikin Jualanmu Rugi

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Strategi Diskon
Salah satu cara promosi yang bisa menarik banyak pelanggan baru untuk mau berbelanja di toko yang kamu miliki adalah dengan memberikan diskon. Pemberian diskon memang bukan cara baru untuk promosi, tetapi jika dilakukan tanpa strategi malah bisa merugikan bisnis.
banner consideration shipping bg blue
Agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik, promo dengan cara pemberian diskon harus tetap dilakukan dengan strategi yang benar. Deretan strategi ini yang mungkin bisa kamu coba.

1. Diskon untuk Pembelanjaan Pertama Pembeli

Jika ingin memberikan program diskon dalam jangka waktu yang panjang, kamu harus mengaturnya dengan bijak. Diskon memang akan bermanfaat untuk menarik lebih banyak pembeli, tapi bukan berarti kamu bisa memberikan diskon untuk semua orang.

Salah satunya dengan cara memberikan diskon bagi pembeli yang baru pertama kali akan berbelanja di toko yang kamu miliki. Saat seorang calon pembeli mengunjungi toko onlinemu, ia mungkin belum berniat untuk membeli apapun. Di situlah kamu bisa memberikan promo diskon bagi pembelian pertama.

2. Beri Diskon di Momen-Momen Tertentu

Sudah menjadi hal lumrah, momen-momen tertentu seringkali dimanfaatkan pemilik bisnis untuk mendiskon barang dagangan mereka. Seperti misalnya saat momen hari raya dan liburan. Produk-produk yang mendapatkan potongan harga akan ramai ditawarkan.

Kamu pun tak boleh melewatkan momen-momen ini untuk memberikan diskon bagi pelanggan. Sebab di waktu-waktu tersebut, biasanya tingkat penjualan akan meningkat dari biasanya. Semakin menarik promo diskon yang kamu berikan, maka bukan mustahil semakin banyak pembeli yang tertarik untuk berbelanja di tokomu.

3. Diskon untuk Meningkatkan Penjualan Produk Baru

Promosi produk baru biasanya tak selalu berjalan dengan mudah. Sebab produk baru belum mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Sehingga sebagai pemilik bisnis, kamu pasti akan memutar otak untuk menemukan cara agar produk baru diminati banyak orang.
banner consideration promotion bg blue
Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memberikan diskon bagi produk yang baru diluncurkan oleh tokomu. Namun, ada satu hal yang harus diwaspadai bahwa nominal diskon yang terlalu banyak bagi produk baru akan mengurangi value produk baru itu sendiri. 

Jadi usahakan kamu memberi diskon produk baru dengan cara yang se-eksklusif mungkin. Seperti diskon “hanya” 10% - 20% saja atau diskon bagi jumlah tertentu pembelian pertama.

4. Terapkan Sistem Bundling atau Minimal Pembelian

Jika ingin meningkatkan omzet dan jumlah pembelian, tetapi tetap bisa memberikan promo diskon, maka cara ini bisa kamu coba. Yakni dengan menerapkan sistem bundling, misalnya pelanggan bisa membeli paket produk-produk tertentu dengan harga yang lebih murah dibandingkan harus membelinya secara satuan.

Atau bisa juga dengan cara diskon untuk minimal pembelian tertentu. Yakni jika membeli satu produk, pelanggan tak akan mendapatkan promo diskon. Diskon akan diberikan pada produk kedua yang akan dibeli. Jadi jika ingin mendapatkan diskon, pelanggan harus membeli dua produk. Selain itu, cara promosi seperti buy 1 get 1 free, juga masih ampuh untuk menarik minat pelanggan.

5. Tawarkan Diskon untuk Pelanggan yang Mengikuti Toko Online mu

Saat ini banyak toko online yang mulai menerapkan pemberian kupon diskon bagi pembeli yang mengikuti toko mereka di marketplace. Cara ini pun tak boleh kamu lewatkan, sebab dengan cara ini kamu bisa menjaring lebih banyak pembeli yang mengikuti tokomu dan bisa menaikkan reputasi toko online yang kamu miliki.

Saat pembeli memutuskan untuk berlangganan atau mengikuti tokomu, bukan tak mungkin ia akan melakukan re-purchase. Namun tentu dengan catatan, pelayanan yang kamu berikan harus benar-benar baik dan memuaskan pelanggan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Promosi memang menjadi salah satu kunci untuk menaikkan penjualan toko. Tetapi promosi tanpa strategi hanya akan membuat bisnis merugi. Sebab menggunakan promo diskon juga harus mempertimbangkan keseimbangan antara cost dan omzet yang nantinya akan kamu terima. Jadi pastikan pertimbangkan dengan bijak ya!

Berencana memulai wirausaha dari sekarang? Yuk, gabung program Wiranilo di sini. Selain bisa menjual 40+ produk resmi Lemonilo sambil menyehatkan Indonesia, kamu juga akan dibekali berbagai tips dan strategi pemasaran GRATIS langsung dari para ahlinya di Wiranilo Class!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.