5 Strategi Ini Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Salah satu upaya pengembangan bisnis adalah menggunakan strategi meningkatkan penjualan. Ini merupakan langkah-langkah untuk mengoptimalkan sales dan memaksimalkan omset. Strategi tersebut terkait dengan produk, harga, dan promosi yang dilakukan oleh pemilik bisnis. Para pebisnis pasti menginginkan peningkatan nilai penjualan yang signifikan, sebab ini menandakan bahwa usaha tersebut sehat. Namun, pada kenyataannya perlu adanya usaha untuk mencapai hal itu. Berikut ini adalah strategi paling efektif dalam mendongkrak angka penjualan.

1. Meningkatkan Kualitas

Semakin tinggi kualitas suatu produk, maka konsumen akan lebih memburunya. Jadi, sebelum mulai menerapkan macam-macam strategi meningkatkan penjualan, hal yang paling perlu mendapat perhatian adalah peningkatan kualitas. Dengan demikian, konsumen baru yang mencoba produk semakin banyak.

Selain kualitas, produk juga harus memiliki banyak value untuk ditawarkan kepada konsumen. Value ini adalah manfaat dan kelebihan yang bisa memberikan solusi bagi penggunanya. Namun, untuk dapat memberikan nilai optimal, perusahaan harus benar-benar mengenal konsumennya dengan baik.

2. Membangun Komunitas Konsumen Loyal

Salah satu strategi yang sering diabaikan adalah menjaga agar konsumen tetap setia. Banyak pebisnis hanya fokus meningkatkan penjualan dengan cara menjaring pelanggan baru saja. Mereka lupa bahwa pelanggan lama fanatik justru sangat berharga dibanding konsumen baru yang sekadar coba-coba.

Itulah sebabnya, membangun komunitas konsumen loyal adalah strategi yang sangat penting. Buatlah konsumen bangga menyandang produk kita. Adakan event-event yang menarik dan membuat pelanggan menyadari bahwa mereka istimewa dan bukan sekadar objek sumber keuangan bagi perusahaan.

3. Lakukan Promo Mendesak

Ada juga strategi lain yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan, yaitu mengadakan promosi berbatas waktu. Ini merupakan rangsangan yang efektif untuk mendorong calon pembeli yang masih ragu. Mereka akan merasa bahwa sekarang adalah saat yang paling tepat untuk melakukan transaksi.

4. Buat Produk Mudah Terlihat

Perhatikan sikap pembeli ketika berada di supermarket. Pertama, mereka akan mencari merk yang diinginkannya. Namun, jika merek tersebut tidak ada, maka pilihannya adalah produk sejenis yang tertangkap penglihatannya. Hal ini lebih mungkin terjadi jika sebelumnya ia sering melihat dan mendengar produk tersebut.

Inilah sebabnya, agar penjualan meningkat, pastikan bahwa produk Anda mudah terlihat. Buat iklan dengan jargon yang singkat, tetapi mengena. Lagu yang mudah menghafalnya juga efektif untuk menanamkan produk ke alam bawah sadar konsumen. Gunakan media sosial untuk membuat produk menjadi viral agar mudah terlihat.

Semakin sering konsumen melihat, mendengar, mengucapkan, bahkan menyanyikan jingle iklan, maka alam bawah sadarnya akan mencatat hal itu. Pada akhirnya, ketika harus membuat keputusan pembelian, produk Andalah yang langsung muncul di benaknya. Strategi ini juga cukup efektif dalam menjaring konsumen dengan karakter suka mencoba hal baru.

5. Buat Promo Kombo

Produk kombo atau bundling adalah sebuah strategi yang sering dipilih untuk mendongkrak penjualan. Caranya adalah dengan membuat paket dua produk yang berbeda dan memberikan potongan harga. Umumnya konsumen akan tertarik pada promo paket bundling ini karena merasa mendapatkan tambahan value dan lebih ekonomis.

Strategi bundling ini juga efektif untuk mendorong pelanggan mencoba varian baru. Terkadang orang terlanjur setia dengan suatu varian, sehingga enggan mencoba yang lain. Dengan adanya paket bundling yang lebih murah, mereka akan terdorong untuk membeli dan akhirnya mau mencoba varian lainnya.

Strategi meningkatkan penjualan tersebut di atas dapat Anda kombinasikan dengan memodifikasinya sesuai keadaan perusahaan. Ada baiknya jika tidak hanya menerapkan satu strategi saja. Akan lebih efektif jika memilih dua atau lebih strategi yang saling mendukung agar penjualan segera meningkat.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami