Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Tahapan Cara Merawat Telinga Kamu dengan Tepat

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara merawat telinga sangat mudah dilakukan.
Telinga adalah satu satu panca indera pada manusia yang penting dan harus dirawat dengan baik. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara merawat telinga dengan baik. Jika telinga tidak dirawat dengan baik maka kamu bisa terkena gangguan pendengaran atau gangguan keseimbangan pada telinga.
banner consideration shipping bg blue
Merawat dan membersihkan telinga dengan rutin juga harus dilakukan, supaya kamu bisa mencegah gangguan atau penyakit pada telinga. Seperti misalnya telinga yang berdenging, tuli mendadak, infeksi telinga, sampai gangguan pada pendengaran. Masalah yang terjadi di telinga juga akan mengganggu keseimbangan tubuh dan menimbulkan vertigo. Maka jagalah kebersihan telinga dengan beberapa cara seperti berikut ini:

1. Hentikan Kebiasaan Mengorek-Ngorek Telinga



Memang ada sejumlah kotoran di bagian lubang telinga, tetapi hal itu masih menjadi hal yang wajar. Kotoran telinga akan melindungi lubang telinga dari kotoran atau debu yang berasal dari luar. Menumpuknya kotoran telinga ini bisa membuat telinga menjadi gatal atau seperti tersumbat.

Biasanya orang-orang akan membersihkan telinga dengan cotton bud, jepit rambut, atau penjepit kertas. Padahal hal itu bisa membuat kotoran semakin masuk ke dalam lubang telinga. Telinga memiliki cara yang alami untuk membersihkan kotorannya.

2. Menjauhkan Telinga dari Suara-Suara Keras



Jangan menggunakan earphone atau headphone selama 1 jam lamanya, karena hal itu akan membahayakan telinga. Apabila kamu sedang mendengarkan musik dengan earphone dan headphone, maka beri jeda sekitar 5 menit saja. Setelah itu kamu bisa mendengarkan musik kembali.

Jaga volume suara musik pada earphone dan jangan menyalakan musik dengan suara keras. Jika kamu bekerja di tempat yang bising maka gunakan ear plug supaya terhindar dari gangguan pendengaran.

3. Jangan Menggunakan Ear Candle



Metode alternatif untuk membersihkan telinga secara tradisional adalah menggunakan ear candle. Namun menurut medis, pemakaian ear candle ini tidak efektif dalam membersihkan telinga dan tak ada manfaatnya bagi kesehatan telinga. Bahkan ear candle ini cenderung berbahaya untuk telinga karena bisa menyebabkan cedera atau tersumbatnya telinga.
banner consideration promotion bg blue

4. Menjaga Telinga Supaya Selalu Kering



Kondisi telinga yang sering basah akan membuat bagian telinga menjadi lembab dan muncul bakteri/jamur yang berkembang biak. Hal itu bisa menimbulkan infeksi atau iritasi yang terjadi pada telinga. Gunakan penyumbat telinga saat kamu berenang agar tak ada air yang masuk ke dalam telinga.

Apabila ada air masuk ke dalam telinga saat mandi juga bisa membuat kamu menjadi tidak nyaman. Pendengaran pun akan menjadi tidak jelas karena terhalang oleh air. Maka miringkan kepalamu supaya airnya bisa mengalir ke luar. Dan keringkan juga telinga dengan handuk bersih setiap kali kamu selesai mandi.

5. Melakukan Pemeriksaan Telinga dengan Rutin



Memeriksakan telinga ke THT juga harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan telinga. Hal itu juga bisa dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada telinga. Dokter THT akan mengevaluasi kondisi kesehatan telinga kamu dan bagaimana fungsi pendengaran dari telinga tersebut. Gejala penyakit yang mungkin terjadi pada telinga juga bisa terdeteksi secara dini jika kamu sering memeriksakan telinga ke dokter THT.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan mengetahui langkah apa saja dalam cara merawat telinga, maka kamu bisa menjaga kesehatan telinga dengan baik. kamu juga bisa memeriksakan telinga setiap 3-5 tahun sekali. Pastikan telinga kamu selalu dalam keadaan bersih dan tak ada keluhan apapun terkait pendengaran. Dengan begitu, kesehatan telinga kamu bisa terjaga ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.