5 Tanda Kamu Sudah Melalui Hari dengan Baik dan Layak Dapat Apresiasi

12 Jul 2020 @ 13:52:09
Satu minggu belakangan, mungkin ada beberapa hal yang membuat kamu merasa kecewa. Entah karena pekerjaan atau hal pribadi yang tiba-tiba membuatmu merasa tak layak.

Jika kamu pekerja, hasil pekerjaan yang tak sesuai target bisa membuat kamu merasa tak layak dalam bekerja. Atau jika kamu ibu rumah tangga, anak yang susah makan bisa saja membuatmu merasa menjadi ibu paling gagal sedunia.

Coba duduk sejenak, tenangkan pikiran. Jika tanda-tanda ini kamu rasakan, kamu mesti bersyukur, karena tanpa disadari kamu sudah bisa melalui hari dengan baik.

Meski sempat gagal, kamu masih mau memperbaikinya

Kamu mungkin akan buru-buru menyalahkan dirimu saat kegagalan kamu alami. Lalu selanjutnya merasa jadi orang paling tidak berguna. Wajar jika rasa putus asa itu kamu rasakan saat realita tak berjalan sesuai dengan ekspetasi.

Namun, kamu tak sepenuhnya gagal jika masih memiliki keinginan untuk memperbaiki segala halnya agar menjadi lebih baik. Kamu boleh gagal di kesempatan pertama, namun banyak yang percaya kesempatan kedua ada jika seseorang benar-benar mau berusaha untuk membuat sebuah kondisi lebih baik.

Jadi, jangan pernah biarkan kegagalan menghalangi jalanmu mencapai keberhasilan yang tertunda.

Kamu bekerja dengan hati, segala halnya kamu lakukan dengan tulus

Apapun yang dilakukan dengan hati pasti akan membawa hasil yang baik. Walaupun untuk mencapai sebuah hasil yang baik, tetap harus ada usaha yang keras.

Namun, selama kamu melakukan pekerjaan dengan hati, ketulusan akan terlihat dari segala upaya yang kamu lakukan. Hasil baik tentu bukanlah menjadi hal yang mustahil.

Setiap kali kamu merasa down, coba pikirkan kembali apakah hal-hal yang selama ini kamu lakukan sudah sesuai dengan keinginan hati? Karena pekerjaan seberat apapun, akan bisa dilewati jika kamu melakukannya dengan tulus.

Banyak orang yang membutuhkan kehadiranmu

Saat rasa putus asa kamu rasakan, kamu mungkin menjadi orang paling jahat terhadap dirimu sendiri. Yakni merasa menjadi orang paling tidak berguna. Jangan terlalu tenggelam pada pemikiran yang hanya merendahkan diri sendiri. Kehadiranmu tetap selalu penting dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Coba berhenti merutuki ketidakmampuan kamu dalam melakukan sesuatu, lebih dari itu, keberadaanmu tetap dibutuhkan orang lain. Seorang anak tak peduli jika sang ibu tak mampu memasak dengan baik. Satu hal yang sang anak butuhkan adalah kehadiran ibu di sisinya, yang mampu memeluknya dengan erat dan memberi rasa aman.

Terkadang bersyukur harus semudah itu, dari hal-hal kecil yang seringnya terlewatkan.

Kamu mau mencoba memaafkan diri sendiri karena kesalahan yang pernah kamu buat

Atas segala kesulitan dan kegagalan yang kamu hadapi di hari-hari belakangan, harus ada maaf yang kamu berikan untuk dirimu sendiri. Kamu bisa dibilang melalui hari dengan baik, jika sudah bisa memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang sengaja maupun tidak.

Menyimpan rasa sesal pada diri sendiri, hanya akan membuat hari-harimu ke depan semakin berat. Memaafkan diri sendiri juga berarti memberi kesempatan untuk memperbaik diri lebih baik lagi. Yuk, ikhlas dan maafkan diri sendiri mulai sekarang.

Saatnya berterima kasih pada dirimu sendiri, atas usaha melewati hari yang kadang bikin patah hati

Jangan pernah melewatkan satupun hari dalam hidupmu tanpa rasa syukur. Sebobrok apapun hari kemarin yang kamu lewati, bahkan sampai membuat patah hati, selalu ada pelajaran yang bisa kamu ambil setelahnya.

Setelah kamu mampu melalui semuanya, orang pertama yang wajib kamu berikan ucapan terima kasih tentu adalah dirimu sendiri. Terima kasih sudah bertahan sejauh ini. Meski menyerah sempat terlintas dalam pikiran, tapi kamu mampu bangkit dan mencari jalan lain yang menuntunmu pada sebuah keberhasilan.

Lalu, sudahkah kamu bersyukur dan berterima kasih pada diri sendiri hari ini? Karena siapapun layak untuk mendapatkannya.

Artikel Terkait

5 Rempah Terbaik untuk Bantu Redakan Stres
Pikiran dan perasaan dalam kondisi buruk bisa menghambat aktivitas sehari-hari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Jakarta PSBB Lagi? Tetap Semangat! 5 Tips ini Akan Membantumu Menjaga Mood
Meski harus kembali bekerja dari rumah jangan lupa untuk tetap berolahraga ya!..
Shella Rafiqah Ully
11 September 2020
Gangguan Psikotik Ketahui Gejala, Sebab dan Cara Mengatasinya
Gangguan psikotik adalah salah satu gangguan mental yang cukup umum terjadi, inilah cara mengatasinya..
Rizki Indra
03 September 2020