5 Tips Alami Mengobati Batu Empedu Selain Operasi

01 Jul 2020 @ 16:17:37
Penyakit batu empedu adalah penyakit yang terjadi karena penyumbatan pada kantong empedu serta saluran oleh batu-batu kecil. Batu-batu kecil itu sendiri dikarenakan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak, tanpa disertai dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. 

Apabila seseorang terserang penyakit ini umumnya akan merasakan sakit yang teramat pada bagian perut sebelah kanan. Umumnya penyakit ini akan sembuh jika anda menjalani operasi. Akan tetapi cara alternatif lain juga bisa diambil untuk menyembuhkan penyakit ini. Untuk itu berikut ini kami berikan 5 tips alami untuk mengobati penyakit ini selain operasi, bahan-bahan yang digunakan dalam metode ini juga mudah didapat loh!

1. Menggunakan Kunyit 



Kunyit dipercaya dapat mengobati penyakit terkait empedu. Ini dikarenakan mengandung zat kurkumin yang dikenal memiliki sifat anti radang dan dapat membantu proses penyembuhan. Kunyit juga dapat membantu merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu dan akan membantu mengosongkan kantong empedu. Cara pembuatannya dengan menyeduhnya atau diminum sebagai teh herbal. Tidak hanya itu, menambahkan kunyit ke dalam makanan juga dapat mengurangi peradangan dan nyeri akibat gejala penyakit ini.

2. Teh Peppermint



Obat alami untuk menyembuhkan penyakit pada empedu selanjutnya adalah dengan menggunakan teh peppermint. Peppermint merupakan salah satu bahan alami yang berpotensi baik sebagai obat penghancur empedu. Teh ini juga berguna untuk membantu mengurangi gejala penyakit batu pada empedu. Hal ini karena peppermint mengandung mentol, yakni senyawa yang dapat meredakan nyeri akibat gejala batu pada empedu.

3. Cuka Apel



Selain digunakan untuk kecantikan, cuka apel juga bisa digunakan untuk mengobati batu pada empedu. Caranya dengan melarutkan 2 sendok cuka apel dengan air hangat. Dikonsumsi 2-3 kali sehari seperlunya, hingga rasa sakit perut mereda.

4. Bunga Dandelion



Bunga dandelion sudah sejak lama dipercaya sebagai obat herbal untuk mengobati masalah batu pada empedu, saluran empedu, dan hati. Bahkan beberapa orang percaya bahwa meminum bunga dandelion dalam bentuk teh atau kopi dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu.

5. Artichoke



Artichoke sudah sejak lama diyakini dapat digunakan sebagai obat penghancur batu yang ada pada empedu secara alami. Artichoke juga berfungsi meringankan gejala batu pada empedu. Meskipun demikian, belum ada hasil studi ilmiah yang dapat menunjukkan manfaat artichoke dalam mengobati gejala batu pada bagian empedu. 

Walaupun belum ada penelitian konkret yang membuktikan bahwa artichoke untuk batu empedu, artichoke ternyata juga bisa membantu menurunkan kolesterol yang dapat menjadi penyebab batu empedu. Hal ini dibuktikan berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews (CDSR) pada tahun 2009. Dalam penelitian tersebut mengemukakan bahwa suplemen ekstrak artichoke dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga sebesar 18,5 persen. 

Sedangkan, kadar kolesterol kelompok partisipan yang diberi pil plasebo (obat kosong) hanya menurun sekitar 8,6%. Jika kadar kolesterol turun, maka resiko adanya penggumpalan batu lebih lanjut dapat diperlambat atau dihentikan sama sekali. Maka efek inilah yang dipercaya dapat membantu meringankan kemunculan gejalanya. Menakjubkan bukan?

Demikianlah obat alami yang bisa membantu anda dalam meringankan atau mengobati batu empedu. Cara-cara diatas bisa anda coba dan buktikan sendiri. Selain cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Sehingga anda tidak perlu susah untuk mencarinya. Tips ini sangat cocok untuk anda yang memang takut untuk melakukan operasi. Akan tetapi, sebelum membuatnya, ada baiknya anda menkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter anda. 

Artikel Terkait

Olahraga Plank, Inilah 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan
Plank adalah salah satu jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Inilah berbagai manfaat olahraga plank..
Rizki Indra
02 Juli 2020
Kenali Penyakit Liver, Inilah Gejala dan Cara Menghindarinya
Yuk cari tahu informasi seputar gejala liver dan cara untuk menghindarinya disini!..
Rizki Indra
02 Juli 2020
Cara Menyembuhkan Penyakit Kuning, Inilah Gejala dan Penyebabnya
Inilah informasi seputar cara mengobati penyakit kuning. Sekaligus gejala dan penyebabnya...
Rizki Indra
02 Juli 2020