5 Tips Aman Buat Kamu yang Kembali Bekerja di Masa New Normal

01 Jul 2020 @ 13:22:22
Sudah sekitar 4 bulan, banyak dari kita yang harus beraktivitas di rumah saja. Hal ini sebagai bentuk respon mewabahnya COVID-19, yang kasusnya pertama kali diumumkan di Indonesia pada bulan Februari lalu. Setelah kasus pertama tersebut, pemerintah menghimbau agar kita tetap di rumah dan tak keluar jika tidak dalam kondisi yang mendesak. 

Namun sekarang pemerintah memutuskan untuk melonggarkan aturan PSBB dan menerapkan tatanan hidup baru atau new normal.  Hal ini juga diharap dapat membuat aspek ekonomi Indonesia kembali bergeliat. Mereka yang sudah berbulan-bulan menjalani pekerjaan secara WFH (work from home), diminta kembali ke kantor.

Namun, setelah kembali bekerja di kantor, apakah kondisi bisa kembali seperti sebelum pandemi melanda? Jawabannya tentu saja tidak. Sejak ada pandemi dan belum tahu akan berakhir, hidup kita tak akan pernah sama. Termasuk saat harus kembali bekerja di kantor. Sehingga paling tidak, kamu harus mempersiapkan hal-hal ini jika harus kembali bekerja di masa new normal.

1. Jangan lengah, pastikan kamu tetap melakukan physical distancing selama berada di kantor

Sejak masa pandemi ditentukan, kampanye untuk melakukan physical distancing sangat gencar digaungkan. Setiap orang dihimbau untuk menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik, sehingga rantai penularan COVID-19 pun bisa ditekan. Itulah mengapa selama di kantor, pastikan kamu tetap menjaga jarak dengan sesama rekan kerja.

2. Gunakan masker dengan benar



Masker adalah salah satu aspek paling penting yang tidak boleh ketinggalan selama masa pandemi. Masker berguna untuk melindungi diri dan orang lain agar tak saling menulari jika ada yang sedang sakit di lingkungan terdekat.

Saat kembali bekerja, kamu tetap harus menggunakan masker dengan benar selama di tempat kerja. Pastikan bagian hidung dan mulut tertutup masker dan jangan lepas masker saat harus berbicara dengan rekan kantor.

3. Sering mencuci tangan setelah berkegiatan

berikut, COVID-19 disebabkan oleh virus corona yang tidak dapat dilihat oleh mata dan dapat menular melalui droplets (tetesan cairan berukuran kecil yang keluar saat seseorang batuk atau bersin) yang menempel di berbagai permukaan benda.

Itulah mengapa mencuci tangan sesering mungkin sangatlah penting saat kamu mulai bekerja di kondisi new normal. Karena selama berkegiatan, baik sadar maupun tidak kamu pasti akan sering memegang sesuatu seperti meja, gagang pintu, toilet, dan semacamnya. Di benda-benda tersebut, virus masih bisa hidup dalam kurun waktu tertentu. Dengan mencuci tangan, bisa menjaga kamu tetap bersih dan paling tidak terhindar dari virus COVID-19.

Jika tak memungkinkan untuk selalu mencuci tangan, paling tidak gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. Pastikan gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen hingga 95 persen ya, karena telah terbukti efektif membunuh kuman.

4. Bawa sendiri peralatan pribadi



Meminimalisir kontak fisik dengan orang lain tak hanya dengan melakukan physical distancing saja, tetapi juga dengan menghindari menggunakan benda-benda yang sama di tempat umum.

Misal jika biasanya kamu menggunakan peralatan makan yang dimiliki kantor dan bergantian dengan teman kantor, maka lebik baik mulai saat ini kamu membawa peralatan makan sendiri. Tak hanya itu, peralatan ibadah pun sebaiknya sudah kamu sediakan secara pribadi.

5. Jika memungkinkan, hindari naik kendaraan umum dan sementara pilih naik kendaraan pribadi



Di masa-masa pandemi seperti ini, berangkat ke kantor dengan kendaraan pribadi tentu menjadi pilihan bijak. Sebab dengan mengendarai kendaraan pribadi, kamu akan sangat terbatas melakukan kontak fisik dengan orang lain.

Namun jika masih harus naik kendaraan umum untuk berangkat ke kantor, pastikan kamu menyediakan hand sanitizer dalam tasmu dan tertib dalam menggunakan masker. Disarankan pula untuk membawa beberapa baju ganti. Setelah turun dari kendaraan umum atau bertemu dengan orang banyak, kamu bisa berganti baju bersih untuk berkegiatan selama di kantor.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika harus segera kembali bekerja di masa new normal ini. Kembali aktif bekerja memang diharapkan segera bisa membangkitkan aspek ekonomi yang sempat terpuruk, tetapi bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan ya. Pastikan kamu tetap menjaga kesehatan saat berada di luar rumah.

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020