Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Tips Aman untuk Makan Saat Lebaran Agar Kolesterol Tidak Melonjak

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
lebaran

Lemonizen, Hari Raya Lebaran 1442 Hijriah sudah ada di depan mata. Meski masih berada di tengah suasana pandemi dan harus dilakukan dari rumah masing-masing, antusiasme terhadap Hari Lebaran masih sangat tinggi. 


Salah satu hal yang paling identik dari momen perayaan Lebaran adalah sajian makanannya. Mulai dari opor, ketupat, rendang, sambal goreng ati, hingga berbagai kue kering jadi makanan khas yang tidak pernah absen. Tidak jarang, nafsu makan selama Lebaran pun jadi tidak terkendali. 

banner consideration shipping bg blue

Padahal ada bahaya lho di balik makan makanan secara berlebihan saat Lebaran. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah tingkat kolesterol yang dapat meningkat tajam. Namun jangan terlalu khawatir Lemonizen, berikut ada tips makan aman agar tubuh tetap sehat setelah Lebaran. 


`1. Membatasi Porsi Makan 


Salah satu tantangan terbesar selama Lebaran adalah menghindari makanan dengan kandungan tinggi lemak. Seperti daging atau makanan dengan produk susu atau keju. 


Berbagai menu sajian Lebaran kerap menggugah selera dan membuat lupa diri saat menyantapnya. Tidak jarang, kadar kolesterol pun meningkat setelah konsumsi tersebut. 


Namun kamu tidak perlu menghindari makanan-makanan tersebut seutuhnya kok. Cukup batasi porsi yang kamu nikmati. Jangan sampai konsumsi makanan jadi berlebihan dan memicu kadar kolesterol naik. 


2. Konsumsi Makanan Berserat


Untuk mengimbangi asupan nutrisimu, jangan lupa konsumsi serat ya. Terutama serat larut. Dilansir dari Mayoclinic, makanan dengan serat larut yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Kamu bisa menemukan serat larut dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kacang-kacangan, lentil, kubis Brussel, apel dan pir. 


3. Berhenti Merokok


Bila kamu adalah seorang perokok, segeralah berhenti untuk merokok. Dilansir dari Healthline, merokok dapat meningkatkan risiko gangguan jantung, termasuk penyakit kolesterol.

banner consideration promotion bg blue

Sementara menurut penelitian, tar tembakau dalam rokok dapat merusak sel-sel kekebalan tubuh. Di samping itu, penyumbatan arteri juga akan lebih mudah. Sehingga risiko penyakit jantung seperti kolesterol akan sangat meningkat. Untuk itu, segeralah berhenti merokok. 


4. Jangan Lewatkan Aktivitas Fisik


Setelah usai merayakan Lebaran pastikan kamu selalu berolahraga ya, Lemonizen. Lebaran bukan alasan untuk tubuh bermalas-malasan. Bila merasa kesulitan untuk memulai olahraga, cobalah untuk melakukan olahraga ringan terlebih dahulu. Misalnya berjalan kaki, menari atau bersepeda. Cukup dengan 30 menit setiap hari, tubuhmu akan kembali bugar. Olahraga rutin dapat membantu menjaga berat badan dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. 


5. Konsumsi Sumber Omega-3


Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung. Kandungan nutrisi yang satu ini dapat mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Untuk itu jangan lupa konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Seperti ikan salmon, mackerel, herring, dan kenari. 


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itu tadi lima tips makan aman selama Lebaran agar tubuh tidak mengalami lonjakan kolesterol. Pada dasarnya, kamu tetap bisa menikmati berbagai sajian Lebaran kok tetapi pastikan porsinya sesuai dan imbangi dengan aktivitas fisik juga. Ingat Lemonizen, Lebaran bukan ajang balas dendam untuk makan secara berlebihan ya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.