5 Tips Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil Hasil Menguntungkan

Maraknya pemangkasan karyawan di perusahaan-perusahaan di Indonesia akibat dari pandemi Corona membuat banyak orang sadar ingin memiliki usaha makan kekinian sendiri. Dapat dilihat bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok yang selalu dicari masyarakat. Usaha makanan kekinian merupakan ide bagus untuk mencari keuntungan yang tinggi.

banner consideration shipping bg blue

Sebagian besar target konsumen yang disasar yaitu pada kalangan muda yang sangat suka mencoba makanan kekinian yang ramai diperbincangkan. Bagi kamu yang tertarik menjalankan usaha ini, berikut adalah tips usaha makanan kekinian agar menguntungkan.

1. Pilih Jenis Makanan Kekinian yang Sesuai

Perhatikan modal yang kamu punya jika modal yang tersedia terbilang kecil carilah jenis makanan yang menggunakan bahan-bahan dan peralatan yang tidak menguras kantong. Kamu bisa memilih untuk memulai usaha makanan ringan atau makanan berat yang akan digeluti nantinya. Pastikan juga jika kamu menguasai cara pembuatan makanan kekinian tersebut.
Jangan sampai hanya ingin mengikuti tren tanpa melihat segi rasa dari makanan buatan kamu. Mungkin jika kamu belum yakin dengan makanan yang akan dijual, kamu dapat meminta saran dan penilaian tentang makanan yang kamu buat kepada orang lain, misalnya tetangga atau saudara kamu.

2. Menentukan Target Pasar yang Diincar

Dalam memulai usaha kamu harus menentukan dulu target pasar yang akan kamu tuju. Ketika kamu memilih usaha makan kekinian pasti yang menjadi target pasar bisnis kamu para kalangan anak muda. Jika sudah mengetahui target pasar yang dituju pastikan untuk melakukan riset kecil-kecilan tentang hal apa saja yang harus kamu terapkan agar mereka tertarik membeli produk makanan kamu.
Misalnya dengan mendesain kemasan semenarik mungkin dengan gaya khas anak muda. Membuat merek makanan atau nama kedai dengan nama yang unik juga bisa diterapkan untuk menarik perhatian target pasar kamu.

3. Persiapkan Modal, Sebaiknya Penuhi Modal Tanpa Harus Meminjam

Kebanyakan orang mungkin memilih untuk melakukan pinjaman modal. Namun untuk di awal merintis usaha mulailah dari kecil. Sebaiknya jangan melakukan pinjaman modal untuk memulainya karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang risiko mengalami kegagalan bisa saja terjadi.

banner consideration promotion bg blue

Jika kamu membangun usaha dengan modal besar yang berasal dari pinjaman, lalu mengalami kegagalan di tengah-tengah perjalanan usaha pasti kamu akan kesulitan melunasi pinjaman tersebut. Maka dari itu sebaiknya bangun usaha kamu sedikit demi sedikit. Jika kamu merasa terjadi kemajuan pesat di bidang usaha makanan yang dirintis tersebut, barulah kamu dapat memperbesar usaha kamu dengan menggunakan modal pinjaman karena disitulah dapat kamu menilai jika usaha makanan tersebut sesuai untuk kamu tekuni.

4. Selalu Kedepankan Konsumen

Dalam membangun bisnis hal utama yang harus dilakukan yaitu mengambil hati para konsumen kamu. Berikan yang terbaik untuk para konsumen kamu dengan begitu mereka tidak akan berpaling dan akan selalu datang membeli makanan di tempat kamu. Menjaga cita rasa dan kualitas makanan juga termasuk hal terpenting agar konsumen tidak pindah ke tempat lain. Untuk itu kamu harus terus konsisten menjaga rasa dan kualitas produk makanan yang kamu buat.

5. Mengelola Keuangan Usaha dengan Baik dan Rinci

Salah satu faktor kegagalan dalam membangun usaha yaitu kurang tertatanya pengelolaan keuangan. Jadi selalu selalu catat dan buat laporan pengeluaran, pemasukan, laba secara terperinci. Dengan begitu keuangan pada usaha atau bisnis kamu akan berjalan dengan baik.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tips untuk memulai usaha makan kekinian yang bisa dijadikan referensi ketika ingin membangun bisnis makanan kekinian. Pada dasarnya, usaha ini memiliki prospek dan peluang yang menjanjikan untuk dijalani. Hanya saja, memang dibutuhkan persiapan dan tips usaha yang tepat agar bisa berjalan lancar. Semoga bermanfaat!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami