5 Tips Ini Bikin Tidurmu Lebih Berkualitas, Penting untuk Hilangkan Stres!

20 Jan 2020 @ 23:18:14
Ada sebuah ungkapan sederhana dari Profesor Al Gini dalam bukunya The Importance of Being Lazy bahwa “Even if we love our jobs and find creativity, success, and pleasure in our work, we also crave, desire, and need not to work. No matter what we do to earn a living, we all seek the benefits of leisure, lassitude, and inertia.”

Kalau dibahasakan ulang, kira-kira yang dimaksud oleh sang profesor adalah meskipun kita semua mencintai dan mesti melakukan pekerjaan untuk mencari nafkah, dalam hati yang terdalam kita selalu merindukan waktu-waktu untuk beristirahat dan bersantai. Bukankah hidup memang seperti itu, ya? 

Kita perlu yang namanya keseimbangan. Nah, salah satu cara sederhana untuk membuat diri beristirahat dan bersantai adalah dengan tidur. Hmmm, tapi pernah nggak sih Lemonizen merasa saat tubuh sudah sangat lelah usai bekerja seharian, malam hari ketika berencana tidur mata malah sulit terpejam? Padahal, tidur berkualitas malam ini berpengaruh besar untuk produktivitas besok hari.

Kalau pernah, Lemonizen harus coba untuk ikutin 5 tips penting berikut! Disadur dari artikel 'Let’s Talk about Sleep' dalam jurnal Sleep Medicine ada 5 tips meningkatkan kualitas tidur yang ditemukan oleh Mirja Quante, Neha Khandpur, dan rekan-rekannya. Apa saja sih caranya?

1. Minum Susu Sebelum Tidur

Ya, minum susu sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Ketika banyak orang mungkin cenderung menghindari makanan dan minuman ketika mendekati waktu tidur, sebagian orang justru memilih mengonsumsi makanan atau minuman sehat sebelum tidur, salah satunya adalah minum susu. Ini karena susu mengandung asam amino berupa triptofan yang dapat menenangkan sel saraf dan membantu relaksasi otak, alhasil dapat membantu tubuh lebih mudah terlelap tidur.

2. Olahraga Ringan Sebelum Tidur

Olahraga ringan sebelum tidur bisa membantu tubuh merasa lebih rileks. Kamu bisa membiasakan diri dengan melakukan senam kecil atau gerakan yoga sederhana sebelum tidur sehingga otot-otot tubuh melemas dan membuatmu menikmati penuh momen tidurmu.

3. Ciptakan Suasana Kamar yang Menyenangkan

Mengatur suasana kamar ternyata juga ambil bagian yang penting, lho. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan suasana kamar yang menyenangkan misalnya, mengatur kembali letak tempat tidur, mengganti posisi tidur, meredupkan lampu, menjauhkan segala sumber bunyi, dan hal-hal lain yang membuat suasana jadi lebih tenang. Rasanya, suasana di luar diri seperti beberapa hal yang disebutkan tadi bisa mempengaruhi kesehatan mental terutama sebelum tidur.

4. Batasi Menggunakan Gadget atau Screen Time

Hasil studi mengatakan anak laki-laki cenderung lebih mudah tenang apabila menjauhkan segala macam alat elektronik dari tempat tidurnya. Agar tidurmu berkualitas, akan jauh lebih baik jika kamu 'puasa' memegang gawai dan scroll media sosial satu jam sebelum tidur. By the way, untuk anak perempuan katanya cenderung lebih mudah rileks jelang tidur justru saat mendengarkan musik atau sekedar ngobrol bersama teman di telepon. Gimana Lemonizen, penelitian ini berlaku juga buat kamu nggak? 

5. Tidur di Waktu yang Sudah Dijadwalkan

Melatih diri untuk 'tertib' beristirahat ternyata juga penting, lho. Mulai sekarang berhenti tidur sembarang waktu apalagi memaksa diri begadang setiap hari. Kamu harus membiasakan diri istirahat dengan teratur! Kalau biasanya kamu punya kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan, sekarang usahakan semua tugasmu diselesaikan tepat waktu. Kamu juga tidak boleh memaksa diri ketika tubuh sudah memberikan sinyal lelah seperti menguap, mata terasa berat, dan pikiran mulai tidak fokus!

Gimana, gampang kan cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tidurmu berkualitas? Yuk, mulai jadikan tidur dan istirahat cukup sebagai salah satu resolusi sehatmu di tahun 2020 agar tubuh selalu bugar, produktif, dan terhindar dari stres. Selamat mencoba dan berlatih ya. Semoga kualitas tidurmu jadi lebih baik!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020