Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Tips Sukses Jualan Manfaatkan Media Sosial, Nggak Perlu Perang Harga!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Tips Sukses Jualan Manfaatkan Media Sosial
Berjualan di media sosial, saat ini memiliki kekuatan yang cukup besar. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang membuat banyak orang meminimalisir untuk keluar rumah, berjualan online bisa menjadi solusi.

Bisnis online lewat media sosial sangat layak dicoba sebab bisa membawa banyak keuntungan tanpa modal besar. Setidaknya ada tips-tips ini yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan bisnis online yang sedang kamu jalani, tanpa perlu strategi perang harga, lho!
banner consideration shipping bg blue

Di Wiranilo Class vol.4 lalu, Ami Amily dari Pegiat Bisnis Emak-Emak menyampaikan kunci sukses jualan adalah membuat konsumen loyal pada produk yang kita jual. Loyalitas ini bisa dibangun dengan meyakinkan konsumen akan kelebihan-kelebihan produk yang kamu jual. 

Lalu bagaimana meyakinkan konsumen membeli produk tanpa perlu bersaing harga dengan kompetitor? Ini dia strategi yang dibagikan Ami Amily.

1. Totalitas dalam menampilkan visual

Berjualan online membuat kamu tidak bisa bertatap langsung dengan calon konsumen. Itulah mengapa kamu harus memikirkan cara untuk membuat calon konsumen melirik atau bahkan tertarik membeli produk yang kamu jual.

Salah satu caranya adalah memaksimalkan tampilan visual barang yang akan kamu jual di media sosial atau marketplace ya. Lewat penampilan visual yang apik, akan menjadi gerbang pembuka agar calon konsumen tertarik untuk melihat lebih jauh produk-produk yang kamu jual.

2. Re-create bahan branding/promosi sekreatif mungkin

Jika kamu menekuni bisnis reseller seperti program Wiranilo, bahan branding untuk promosi biasanya sudah disiapkan oleh perusahaan yang menaungimu sebagai reseller. Di satu sisi hal ini bisa membawa manfaat positif, yakni kamu tak perlu repot-repot untuk membuat bahan branding dan bisa langsung mengiklankan produk.

Namun, karena bahan branding berasal dari satu sumber, maka bahan branding yang kamu miliki tak berbeda dengan yang dimiliki reseller lain. Itulah mengapa, kamu harus menjadi reseller yang kreatif dengan membuat kembali bahan branding dari konten yang sudah disiapkan oleh perusahaan. Dengan begitu, ada pembeda antara kamu dan reseller lainnya.

3. Penamaan dan deskripsi produk yang Jelas

Visual yang bagus tak akan berarti apa-apa jika tidak didukung dengan copywriting yang baik. Kesalahan yang sering terjadi saat berjualan di marketplace adalah seringkali menuliskan merk produk di depan. Hal ini justru akan menyulitkan calon konsumen untuk menemukan produk yang kamu jual di marketplace.
banner consideration promotion bg blue

Hal yang harus kamu lakukan adalah menulis kategori produk yang kamu jual, lalu jenis produk, baru merek produk. Kenapa kategori produk harus yang ditulis pertama kali? Karena saat akan mencari produk yang ingin dibeli, konsumen jarang langsung mencari dengan keyword merek produk, melainkan kategori produk.

4. Optimasi Whatsapp bisnis

Ketika promosi produk berjalan sangat lancar di media sosial, maka kamu juga harus mulai mengoptimalkan Whatsapp bisnis. Jadikan media sosial sebagai tempat untuk mengumpulkan calon konsumen dengan promosi-promosi yang kamu lakukan.

Setelah itu, jangan lupa tambahkan call to action ke akun Whatsapp untuk melakukan transaksi. Call to action sangat penting ditambahkan agar calon konsumen yang sudah tertarik dengan produk yang kamu pasarkan, bisa langsung memesan produk tersebut tanpa kesulitan.

5. Edukasi tentang product knowledge kepada konsumen

Product knowledge sangat penting disampaikan kepada konsumen untuk membangun loyalitas pada produk yang kamu tawarkan. Seorang konsumen akan sangat loyal pada suatu produk jika mereka mengetahui dengan baik manfaat dan kegunaan produk tersebut.

Di sinilah peran penjual sangat diperlukan. Kamu harus bisa menjelaskan dengan baik kepada calon konsumen tentang produk-produk yang kamu jual. Itulah mengapa kamu harus benar-benar paham tentang value produk tersebut, seperti misalnya perbedaan dan keunggulan dengan produk serupa merek lain.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Memulai bisnis memang tidak mudah. Namun, kemajuan teknologi dan berkembangnya media sosial bisa menjadi penolong bagi kamu yang baru memulai bisnis di masa ini. Dengan memaksimalkan media sosial, kamu pun bisa memulai bisnis tanpa modal yang besar.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.