Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Tips Mudah Menghilangkan Bekas Luka dengan Cepat

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak cara menghilangkan bekas luka yang wajib diketahui.

Ketika kamu terluka, maka luka tersebut akan diobati dan kemudian sembuh. Namun, bekas luka yang ditinggalkan masih akan tertinggal pada permukaan kulit. Adanya bekas luka bisa mengganggu penampilan karena membuat kulit menjadi tidak mulus. Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips mudah cara menghilangkan bekas luka dengan cepat yang bisa kamu coba berikut ini.

banner consideration shipping bg blue

1. Pastikan Selalu Menjaga Kelembaban Area Bekas Luka


Berdasarkan American Academy of Dermatology, seseorang yang terluka harus menjaga kelembaban area kulit sekitar luka. Hal ini sendiri, dilakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Pasalnya, kulit yang lembab akan menghentikan luka lebih cepat dan mencegah luka bertambah parah.

Untuk menghilangkan bekas luka ini kamu bisa melembabkan area kulit menggunakan krim emolien, salep, lotion, minyak kelapa, petroleum jelly, dll. Bahan-bahan ini juga akan membantu mengatasi jaringan parut dan rasa gatal pada bekas luka. 

2. Jangan Mengelupas Bekas Luka


Biasanya, orang yang mempunyai bekas luka akan malu dengan penampilannya dan berusaha untuk mengelupas koreng bekas luka. Namun, tahukah kamu mengelupas bekas luka yang sudah mengering dan terkadang menimbulkan rasa gatal ini justru akan memperlambat proses penyembuhan dan menyebabkan luka baru?

Tidak hanya itu, mengelupas bekas luka juga berisiko tinggi untuk mendatangan infeksi, pembengkakan, dan rasa sakit bertambah pada area sekitar luka. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk membasuh koreng dengan air hangat untuk meminimalisir rasa gatalnya.

3. Kompres dengan Air Hangat


Tips mudah menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Kompresan menggunakan air hangat ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen, sehingga membantu dan mempercepat penyembuhan luka.

banner consideration promotion bg blue

Tidak hanya itu, mengompres bekas luka dengan air hangat juga bisa mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan, meningkatkan regenerasi kulit, bahkan mencegah kulit kering. Sementara itu, kamu juga bisa mengompres bekas luka dengan air dingin untuk mengurangi pembengkakan dan mengatasi rasa gatal.

4. Oles dengan Parutan Kunyit


Mengoleskan parutan kunyit pada bekas luka merupakan salah satu cara yang sering digunakan oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia ini, nyatanya mengandung zat antiseptik dan anti peradangan yang kuat. Apalagi jika kamu mengalami luka bakar.

Kunyit ini akan mengeringkannya dengan cepat dan membuat luka terkelupas sendiri. Caranya pun cukup mudah. Kamu cukup menghaluskan kunyit dan memblurkannya secara merata pada area kulit yang terluka.

5. Bawang Putih


Bahan yang sering kita jumpai di dapur ini, ternyata mempunyai khasiat lain untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat. Apalagi untuk luka bakar. Hal ini sendiri disebabkan karena bawang putih mempunyai zat anti infeksi yang sangat ampuh dan manjur untuk mengatasi luka bakar.

Kamu cukup oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada luka bakar. Ikatlah dengan kain bekas olesan bawang putih ini, agar ekstraknya bisa meresap dan maksimal menghilangkan bekas luka. Jika kamu memilih cara ini, mungkin akan terasa sedikit panas di permukaan kulit. Untuk itu, pastikan jika kamu mempunyai jenis kulit yang tidak rentan alergi jika ingin menghilangkan bekas luka dengan bawang putih ini.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima tips mudah menghilangkan bekas luka dengan cepat. Meski dengan cara alami, namun harus kamu tahu bahwa masing-masing cara, mempunyai efek samping yang berbeda. Untuk itu, pastikan jika kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis kulit dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.