Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Tips Sukses Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Agar makin sukses yuk ikuti tips bisnis franchise berikut ini.
Halo Lemonizen! Seperti yang kita tahu, beberapa tahun belakangan ini bisnis franchise atau waralaba cukup marak dan berkembang dengan pesat. Menjalankan bisnis waralaba memang dari sisi marketing biasanya akan lebih mudah karena orang sudah mengenal produknya. Itulah juga alasannya mengapa banyak pelaku bisnis yang masih pemula lebih suka memilih franchise.
banner consideration shipping bg blue

Keunggulan lainnya dari franchise atau waralaba adalah bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar namun keuntungannya bisa maksimal. Seperti bisnis minuman kekinian misalnya. Tinggal bagaimana kita memilih produk yang memang sedang hits dan menjadi tren sehingga akan jauh lebih mudah dalam pemasarannya. Apalagi merk produk memang sudah sangat dikenal masyarakat.

Nah, agar sukses dalam menjalankan bisnis waralaba, simak tipsnya berikut ini:

1. Pilih Franchise yang Sudah Populer di Pasaran



Sudah disebutkan di awal bahwa menjalankan bisnis waralaba lebih mudah karena kita menjual produk yang memang sudah ada dan dikenal orang. Namun dari sekian banyak franchise atau waralaba tidak semuanya sudah terkenal namanya secara nasional. Masih banyak juga yang baru menjadi “pemain lokal”.

Sebaiknya pilih jenis franchise yang merk dagang produknya sudah punya nama luas bukan baru skala lokal saja. Menjual produk yang sudah cukup populer di pasaran jelas akan jauh lebih mudah terutama bagi pemain pemula dalam bisnis waralaba tersebut.

2. Pilih Franchise Domestik



Produk bisnis waralaba bukan hanya berasal dari dalam negeri saja banyak juga yang jaringannya berasal dari luar negeri. Namun sebagai langkah awal dalam menjalani usaha franchise sebaiknya pilih dulu produk domestik yang berasal dari dalam negeri.

Bukan berarti tidak boleh mengambil waralaba dari luar negeri hanya saja dari segi modal produk franchise dalam negeri pastinya lebih murah. Dengan begitu risiko yang harus ditanggung ketika terjadi kerugian juga lebih kecil. Setelah cukup paham dan lama berkecimpung di bisnis waralaba barulah boleh dipertimbangkan mengambil produk dari luar negeri.

3. Franchise Memiliki Website Resmi



Kita sudah beberapa tahun ini hidup di era digital dimana penggunaan internet mengalami peningkatan yang pesat. Kondisi ini mempengaruhi gaya hidup masyarakat dimana mereka cenderung mencari segala informasi dari internet termasuk tentang usaha franchise.
banner consideration promotion bg blue

Nah, sangat disarankan untuk memilih produk franchise yang telah memiliki website resmi sehingga akan sangat membantu dalam pemasarannya. Adanya website resmi juga bisa meningkatkan reputasi dari produk itu sendiri di mata masyarakat. Orang akan menganggap produk dengan website resmi lebih profesional dibandingkan yang masih memakai cara konvensional saja.

4. Gunakan Media Sosial



Dampak lain dari penggunaan internet adalah berkembangnya media sosial sebagai bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak heran kalau kita sering menjumpai produk yang memasang iklan di media sosial seperti FB misalnya. Kita juga bisa menggunakan media sosial sebagai alat promosi bagi bisnis waralaba yang sedang dijalankan.

Maksimalkan penggunaan media sosial untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen agar bisa meningkatkan keuntungan. Sebaiknya buatlah akun khusus bisnis untuk memasarkan produk waralaba jangan menggunakan akun personal.

5. Pilih yang Mudah Dipahami



Sudah hal yang lumrah sebagai pemula kita masih mengalami kebingungan ketika menjalankan franchise. Banyak pilihan produk franchise yang terkenal bisa dipilih namun sebaiknya utamakan yang mudah dipelajari dan dipahami. Sebagai pemula tentu akan merepotkan dan makin pusing kalau harus menjalankan bisnis yang rumit.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, itulah beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk menjalankan bisnis waralaba. Menjalankan bisnis franchise juga memerlukan tips dan pengetahuan agar usaha tersebut bisa sukses dan berkembang. Meskipun orang sudah sangat mengenal produk atau merknya tapi ingatlah bahwa saingan di luar sana juga cukup banyak.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.