5 Trik Agar Kamu Nggak Malas Minum Air Putih, Lama-Lama Jadi Terbiasa!

21 Jan 2020 @ 20:19:30
Tahukah kamu kalau sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, tepatnya 70 persen dari keseluruhan tubuh? Nah, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan segar manusia harus memastikan kebutuhan akan cairan dalam tubuhnya ini benar-benar terpenuhi. Kandungan air yang cukup akan membantu sistem pencernaan mengeluarkan racun dan kotoran di dalam tubuh serta membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi adalah keadaan saat tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibanding cairan yang masuk ke dalam tubuh. Gejala dehidrasi sedang biasanya ditandai dengan mulut terasa kering dan lengket, warna urin lebih gelap, badan lemas, mudah mengantuk dan cepat merasa lelah. Sedangkan di tahap berat, serangan dehidrasi bisa menyebabkan sesak napas, demam, hingga kehilangan kesadaran atau pingsan.

Sayangnya, tidak semua orang peduli dengan pentingnya fakta tersebut. Mereka sering menganggap sepele kebiasaan minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, air putih tidak dapat digantikan oleh apapun, baik itu buah atau sayuran, apalagi kopi, teh, atau minuman bersoda. 

Nah, supaya kamu nggak lagi malas minum air putih dan akhirnya berubah menjadi kebiasaan sehat, Moni akan kasih kamu 5 trik membiasakan diri minum air putih seperti yang dianjurkan dokter Ahli Jantung dunia, Thomas E. Levy, M.D., J.D. dalam tulisannya yang berjudul The Need for Water.

1. Minum 2 Gelas Air Putih Setelah Bangun Pagi

Waktu terbaik untuk minum air putih adalah di pagi hari setelah kamu bangun tidur. Cobalah untuk minum paling tidak 2 gelas air putih setiap pagi setelah bangun tidur. Hal itu tidak harus dilakukan sekali jadi, tetapi bisa dalam beberapa waktu sebelum kamu sarapan. Bagus juga kalau kamu mulai melatih diri agar bisa meneguk segelas air putih langsung begitu bangun tidur.

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

Secara umum, air putih sebenarnya dapat diminum hampir dalam jumlah yang tak terbatas sebelum makan sepanjang masih bisa ditampung tubuh. Waktu sebelum makan inilah yang paling tepat bagi kamu untuk menyiapkan pencernaan agar dapat bekerja dengan baik. Minum air putih sebelum makan juga dapat membuat tubuh mengonsumsi kalori lebih sedikit karena air memberikan rasa kenyang.

3. Minum Air Putih 2-3 Jam Setelah Makan Makanan Berat

Waktu tepat lain untuk minum air putih adalah dua hingga tiga jam setelah kamu makan makanan berat. Meski begitu, minum seteguk atau dua teguk air putih saat makan juga dianjurkan. Tapi, disarankan untuk tidak minum air putih dalam jumlah signifikan alias dalam jumlah banyak ya saat sedang makan karena dapat mengganggu proses pencernaan.

4. Minumlah Persis ketika Merasa Haus

Alasan paling rasional dan tanda alami yang menunjukkan bahwa kamu harus segera minum air putih adalah rasa haus. Rasa haus muncul ketika tubuh sudah mulai mengalami dehidrasi. Kalau kamu tidak pernah peka dengan tanda alami ini, kamu akan kehilangan sensitivitas untuk merasakan tingkat dehidrasi dalam tubuh. 

Saat sinyal haus dikirim dan tubuh tidak langsung mengisinya dengan cairan, maka sel-sel tubuh yang harus tetap bekerja dipaksa untuk bekerja lebih keras dan lebih sulit. Akibatnya, beberapa fungsi tubuh tidak berjalan semestinya sehingga bisa menimbulkan penyakit.

5.  Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Tidur

Seperti halnya saran untuk minum air putih setelah bangun tidur, kamu juga disarankan untuk minum air putih di malam hari sebelum tidur. Nggak perlu banyak, cukup 2 gelas untuk menutup aktivitasmu hari ini. Ini karena minum terlalu banyak di malam hari jelang tidur justru akan mengganggu, apalagi buat kamu yang pencernaannya agak sensitif.

Nah, itu dia cara praktis minum air putih setiap hari. Kalau kamu udah berhasil menerapkannnya dalam kehidupan sehari-hari, selamat ya! Itu artinya kamu udah selangkah lebih dekat dengan pola hidup sehat. Buat kamu yang belum, semoga pelan-pelan akivitas ini bisa jadi kebiasaan sehingga tubuh bisa selalu sehat, share ke Moni pengalaman minum air putihmu hari ini ya!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020