Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Harus Terpenuhi Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak vitamin untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Saat hamil kamu perlu konsumsi lebih banyak nutrisi dari biasanya. Selain konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, kamu juga membutuhkan asupan beberapa jenis vitamin untuk ibu hamil, terutama di awal bulan-bulan kehamilan. Vitamin ini diperlukan supaya kamu tetap bugar dan sehat selama menjalani masa kehamilan dan janin bisa tumbuh berkembang dengan sehat sekaligus optimal. Berikut vitamin yang harus dikonsumsi:

banner consideration shipping bg blue

1. Asam Folat


Setiap ibu hamil membutuhkan asupan asam folat yang cukup. Tujuannya untuk mencegah neural tube defect (NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi. NTD umumnya akan mulai berkembang pada saat 28 hari pertama setelah pembuahan, di mana kebanyakan wanita belum menyadari dirinya sedang hamil.

Asam folat berperan sangat penting sehingga tidak hanya saat hamil, wanita yang sedang menjalankan program hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin untuk ibu hamil ini. Jumlah asam folat yang disarankan bagi ibu hamil adalah sekitar 400-800 mikrogram per hari hingga kehamilan mencapai usia 3 bulan.

Untuk memenuhinya kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti sayuran hijau, sereal atau gandum, kacang-kacangan dan jeruk. Atau asam folat dalam bentuk suplemen atau tablet yang lebih mudah diserap tubuh.

2. Vitamin D


Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 10 mcg vitamin D setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, sarden, telur dan daging merah. Namun, karena jumlah vitamin D pada makanan hanya sedikit, kamu perlu mengonsumsi suplemen vitamin D.  Vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, mengurangi risiko preeklampsia, diabetes gestasional dan kelahiran prematur.

3. Kalsium


Saat hamil, kamu perlu mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari. Kalsium ini bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Selain itu, asupan kalsium yang tercukupi dengan baik juga mampu mendukung pertumbuhan jantung, saraf, dan otot janin. Bahkan juga mampu mengurangi risiko terjadinya hipertensi dan preeklampsia.

banner consideration promotion bg blue

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, konsumsi makanan berkalsium tinggi seperti tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai, susu, keju, yogurt, sayuran berdaun hijau, sarden, salmon dan kacang-kacangan.

4. Zat Besi


Zat besi dibutuhkan ibu hamil untuk membentuk sel-sel darah merah, yaitu yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga janin. Kekurangan zat besi akan menimbulkan anemia yang akan membuat kamu merasa lelah, pusing, lemah, dan pucat. Sedangkan pada bayi, bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah dan lahir mati.

Karenanya, kamu perlu memastikan bahwa asupan zat besi tercukupi dengan baik. Makanan yang mengandung zat besi seperti daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau gelap, buah kering, dan kacang-kacangan. Jika masih tidak cukup, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi sebagai tambahan.

5. Vitamin C


Vitamin C bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas. Sedangkan bagi ibu hamil 1 bulan bermanfaat untuk melindungi sel dan menjaga tetap sehat dan untuk janin dalam kandungan supaya terus tumbuh dan berkembang. Sumber vitamin C cukup banyak, mulai dari buah-buahan jenis sitrus atau jeruk, jambu merah, paprika merah dan hijau, buah berry, brokoli, kubis hingga kentang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 5 vitamin untuk ibu hamil yang harus terpenuhi. Setiap vitamin ini sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil agar kesehatan ibu hamil dan janin terjaga. Jadi, jangan sampai setiap vitamin ini terlewat ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.