6 Asupan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cuaca yang kurang baik dan tidak menentu memang bisa berpengaruh negatif pada kesehatan. Untungnya, sistem imun kamu mampu mengatasi ini dengan asupan nutrisi yang cukup. Tak peduli seberapa buruk cuaca yang terjadi, sistem imun akan tetap mampu menangkal penyakit asalkan asupan nutrisinya tetap baik. 
Bila sistem imun kamu kuat, sel dan zat dalam tubuh bisa bekerja sama dengan baik melawan zat asing atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, kalau sistem imun kamu sedang lemah, penyakit bisa dengan mudah masuk dan berkembang di dalam tubuh. 

banner consideration shipping bg blue

Lalu, bagaimana cara agar tidak jatuh sakit? Salah satu caranya adalah dengan memastikan asupan nutrisi yang cukup. Berikut ini adalah asupan penting yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak terlalu banyak penggemarnya. Cita rasa yang kurang nikmat dan tektur yang sedikit keras menjadi alasan kenapa sayuran ini tak banyak penggemarnya. Padahal, sebenarnya brokoli dua kali lebih berkhasiat dibandingkan sayuran hijau lain pada umumnya. 
Brokoli kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan beragam mineral. Nutrisi ini baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sistem imun kamu. Agar khasiatnya lebih maksimal, brokoli sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Selain itu, brokoli sebaiknya dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam seminggu.

2. Bayam

Sumber: Freepik.com/photo by ededchechine
Tahukah kamu, bahwa bayam memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar dari jeruk? Tak heran kalau bayam sangat baik untuk sistem imun tubuh. Selain itu, bayam juga kaya asam folat yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel yang rusak dan antioksidan serta beta karoten yang membantu meningkatkan kemampuan sistem imun dalam melawan penyakit. 
Untuk sistem imun yang sehat, konsumsi bayam setidaknya 2-3 kali seminggu. Seperti brokoli, bayam juga sebaiknya tidak dimasak terlalu lama untuk menjaga kandungan nutrisinya.

3. Buah-buahan Sitrus

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan sitrus membantu memperkuat sistem imun dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih yang sangat penting untuk melawan infeksi. Mengingat tubuh kamu tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami, maka asupan vitamin C dari makanan secara rutin setiap hari sangat dibutuhkan. Jeruk bali, jeruk, lemon, jeruk nipis, dan berbagai jenis buah-buahan sitrus bisa jadi pilihanmu untuk mendapatkan vitamin C.

banner consideration promotion bg blue

4. Yoghurt

Sumber: Freepik.com/photo by topntp26
Kandungan probiotik dalam yoghurt berperan penting menjaga kesehatan pencernaan dari bakteri dan penyakit. Maklum, 70-80% imunitas tubuh yang baik berasal dari pencernaan karena pencernaan yang sehat dan seimbang membantu proses pengolahan menjadi nutrisi dan pembentukan vitamin K dalam tubuh. 
Yoghurt yang paling baik untuk kesehatan adalah yoghurt yang tidak memiliki pemanis tambahan. Agar yoghurt lebih enak, nikmati saja yoghurt dengan buah segar. Selain itu, pilih pula yoghurt dengan fortifikasi vitamin D yang membantu menjaga sistem imun tubuh dan meningkatkan pertahanan tubuh alami dalam melawan penyakit. Asupan yoghurt yang disarankan adalah sekitar 200 gram per hari.

5. Teh Hitam & Teh Hijau

Baik teh hitam maupun teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara membantu produksi komponen pelawan bakteri dan kuman dalam sel tubuh. Teh hitam dan teh hijau juga kaya akan flavonoid, sejenis antioksidan yang baik bagi sistem imun tubuh. 
Biar begitu, teh hijau punya kelebihan dibandingkan teh hitam karena teh hijau mengandung antioksidan EGCG yang meningkatkan sistem imun tubuh. Teh hitam tidak mengandung antioksidan ini karena proses fermentasi pada pembuatan teh hitam menghancurkan antioksidan ini.

6. Extra Virgin Coconut Oil

Sumber: Freepik.com/photo by jcomp
Sebanyak 50% asam lemak yang terkandung dalam coconut oil merupakan lauric acid (asam laurat) yang bila dikonsumsi akan membentuk Monolaurin. Baik Lauric Acid dan Monolaurin akan membantu tubuh melawan patogen yang berbahaya seperti bakteri, virus, dan jamur, sehingga membantu tubuh mencegah infeksi dan penyakit. 
Lebih baik lagi bila coconut oil tersebut dibuat dari kelapa segar yang organik seperti Lemonilo Extra Virgin Coconut Oil, sehingga dijamin bebas dari penambahan bahan kimia apapun.
 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

 
Tentu saja, cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan asupan makanan bergizi harus dilengkapi pula dengan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, tidur yang cukup, dan olahraga rutin. Perpaduan semua hal positif tersebut akan membantu kamu untuk menjaga sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Ayo hidup lebih sehat!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami