6 Cara Diet Tanpa Olahraga Mudah dan Cepat Wajib Tahu

Banyak orang mendambakan memiliki berat badan ideal tanpa olahraga. Bahkan ada yang rela menggunakan berbagai cara diet tanpa olahraga untuk menurunkan berat badan. Mulai dari cara alami, hingga melakukan sedot lemak dan mengkonsumsi obat diet. Namun, dua metode terakhir sangat berbahaya dan beresiko bagi kesehatan tubuh. Jika tak sempat berolahraga setiap hari, kamu tetap bisa menurunkan berat badan dengan cara lain. Kamu bisa gunakan cara diet di bawah ini yang aman:

1. Mengunyah Makanan Pelan-Pelan

Mengunyah makanan secara pelan-pelan dapat membuat perut lebih cepat kenyang, dan makanan dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Menjadikan kalori yang masuk pun lebih sedikit. Selain itu, cepat lambatnya kamu menghabiskan makanan juga dapat menentukan berat badan. Hal ini berdasarkan tinjauan 23 studi yang menyatakan, bahwa orang yang makan lebih cepat memungkinkan untuk mengalami peningkatan berat badan dibandingkan mereka yang makannya lambat. Mereka juga berisiko mengalami obesitas. banner consideration shipping bg blue

2. Makan Pakai Piring Kecil

Usahakan selalu gunakan piring kecil saat makan. Piring ini akan berguna saat membeli makanan yang tidak sehat. Hal ini sebagai trik untuk otak, yang dapat membuat makanan terlihat lebih besar, sehingga otak pun akan menangkapnya seperti itu. Jika menggunakan piring kecil, porsi makanan tidak sehat pun menjadi lebih sedikit. Kamu juga bisa menggunakan trik sebaliknya pada makanan sehat, taruh makanan tersebut di piring yang lebih besar.

3. Konsumsi Banyak Protein

Protein bermanfaat untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengurangi kalori. Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, bahwa partisipan yang konsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun dan hanya dengan meningkatkan asupan protein 15-30 persen.banner consideration promotion bg blue

Kamu bisa mendapatkan banyak protein dari telur saat sarapan serta konsumsi dada ayam, ikan, Greek yogurt dan kacang almond. Sarapan dengan telur akan membantu mendapatkan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari hingga 36 jam ke depan.

4. Perbanyak Makanan Mengandung Serat

Konsumsi makanan yang kaya akan serat akan membantu kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis serat, yaitu serat kental yang dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air.

Gel ini akan membantu meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong. Serat kental bisa diperoleh pada sereal gandum, sayuran, buah dan kacang-kacangan.

5. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme yang membuat pembakaran lemak pada tubuh pun akan terhambat. Dengan tidur yang cukup, metabolisme akan bekerja dengan baik dan juga membuat kamu terhindar dari rasa lapar di malam hari. Apalagi ketika kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin akan terganggu. Untuk itu, usahakan tetap tidur yang cukup.

6. Aktif Bergerak

Siapa bilang membakar kalori hanya dengan olahraga saja? Cara diet tanpa olahraga bukan berarti tidak bergerak sama sekali. Kamu tetap bisa membakar kalori hanya dengan membersihkan rumah, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, bahkan bolak-balik menaiki tangga. Aktivitas ini bisa dijadikan olahraga ringan yang membakar kalori tanpa disadari.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara diet tanpa olahraga mudah dan cepat yang wajib kamu tahu. Dengan berbagai cara ini, kamu bisa menurunkan berat badan tanpa olahraga dan tetap aman untuk kesehatan. Selamat mencoba tips ini ya!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami