Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

6 Cara Memperbanyak ASI untuk Sang Buah Hati

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memperbanyak ASI sangat penting dilakukan.

Memperbanyak ASI penting dilakukan untuk mendapatkan ASI yang lancar dan sehat. Banyaknya ASI dapat memastikan bayi yang baru lahir mendapatkan makanan dan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya, terutama di satu tahun pertama hidupnya. Selain bermanfaat untuk bayi memberikan ASI eksklusif juga bermanfaat untuk ibu menyusui. Jika produksi ASI kamu tidak lancar, cobalah cara memperbanyak ASI berikut:


1. Perbanyak Frekuensi Menyusui

Semakin sering kamu menyusui bayi, maka semakin besar tubuh bekerja memperbanyak ASI. Agar cara memperlancar ASI ini efektif, jangan terpaku pada jadwal rutin. Perhatikan tanda-tanda bayi sedang lapar dan berikan ASI yang lama, terutama pada minggu-minggu pertama kelahiran. Semakin kamu sering menyusui, dapat membuat ASI menjadi lebih kental. banner consideration shipping bg blue

2. Memompa ASI

Memompa payudara dapat memperlancar Asi sehingga saat  menyusui, biarkan di satu payudara terlebih dahulu hingga habis kemudian memberikan ASI dari payudara lainnya. Kamu juga bisa memompa ASI untuk mengosongkan payudara selama bayi tidak menyusu sehingga saat ASI pada payudara telah habis, tubuh akan mengirim sinyal untuk memproduksi ASI kembali.

Selain itu, cara ini juga lebih bermanfaat karena bayi akan mendapat komposisi lengkap foremilk dan hindmilk saat menyusu. Bagi kamu yang bergantung pada pompa ASI, coba saat pompa sambil memandang foto bayi, melihat video tingkahnya yang lucu atau membawa pakaian bayi sebagai motivasi karena sering menggunakan perasaan emosional ini bisa membuat ASI melimpah.

3. Istirahat Cukup

Kurang tidur atau kelelahan termasuk  penyebab ASI rendah. Maka untuk memperbanyak ASI, pastikan kamu cukup beristirahat. Supaya tidur lebih nyenyak dan berkualitas, hindari minuman berkafein, aktivitas berat di malam hari dan perhatikan juga posisi ketika kamu menyusui ASI agar terhindar dari pegal-pegal dan rasa tidak nyaman yang membuat kondisi kesehatan malah menurun.banner consideration promotion bg blue

4. Hindari Stres

Cara memperbanyak ASI yang efektif selanjutnya adalah dengan menghindari terjadinya stress. Walaupun tidak mempunyai efek langsung terhadap suplai ASI, tetapi stress berakibat negatif terhadap Let Down Reflex (LDR) atau proses ASI mengalir keluar. Bayi akan kesulitan menghisap ASI jika kamu sedang stres. Untuk itu, hindari stress sejak dini untuk para ibu menyusui.

5. Perbanyak Cairan

Agar jumlah ASI banyak dan kental, minumlah 8 gelas air putih setiap hari. Jangan biarkan kamu kekurangan cairan tubuh karena dapat menyebabkan produksi ASI menurun. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran yang mengandung kadar air tinggi. Buah-buahan yang baik untuk ASI dan tinggi air, seperti semangka hingga melon yang bisa menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi.

6. Konsumsi Menu Bernutrisi

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), nutrisi yang dibutuhkan ketika ibu menyusui adalah sekitar 2500 kalori yang tersusun dari menu seimbang. Supaya memperbanyak ASI sekaligus menjaga kesehatan ibu, pastikan mengkonsumsi tambahan 300-500 kalori setiap hari secara rutin. Sediakan menu makan 4 sehat 5 sempurna yang tersusun dari karbohidrat, protein dan lemak harus ada dalam menu makanan tersebut.

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga direkomendasikan karena dapat menambah komposisi lemak yang bisa membuat ASI lebih kental. Sumber protein terbaik, seperti telur, susu, keju, ayam dan ikan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara memperbanyak ASI untuk sang buah hati yang bisa kamu terapkan. Dengan berbagai cara ini semoga jumlah ASI kamu bisa selalu lancar dan banyak untuk kesehatan dan pertumbuhan buah hati ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.