Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Cara Memulai Bisnis Agar Bisnis Cepat Maju dan Lancar

Rizki Indra
Rizki Indra
08 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai bisnis wajib dilakukan dengan baik dan benar.

Dalam membuka sebuah bisnis, dibutuhkan langkah-langkah tertentu yang akan membantu mengembangkan bisnis tersebut. Membuka bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Agar bisnis yang dijalankan berhasil, banyak hal yang harus Anda lakukan. Tanpa persiapan, pengetahuan, dan strategi yang matang, bisnis akan sulit untuk dikembangkan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis yang bisa Anda terapkan.

1. Mencari Supplier


Pemasok atau supplier adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Bisnis akan selalu berhubungan dengan supplier. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda perlu mencari pemasok atau supplier yang bagus. Pasalnya, setiap agen biasanya menerapkan harga yang berbeda-beda. Anda perlu mencari pemasok yang menyediakan barang berkualitas dengan harga lebih murah. Tidak hanya itu saja, usahakan untuk mencari segmen pasar atau pelanggan yang sesuai dengan produk Anda.

2. Melakukan Riset


Riset dilakukan guna mengetahui potensi dan kondisi pasar sebuah produk. Dalam dunia bisnis, riset pasar merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan jika ingin bisnis maju dan lancar. Selain itu, riset pasar juga membantu pemilik bisnis untuk menentukan harga jual produk dan permintaan pelanggan.

Dengan begitu, produk yang dipasarkan bisa bersaing dengan produk lain di pasaran. Riset pasar ini umumnya juga berkaitan dengan demografi pelanggan. Demografi ini bisa terkait lokasi jualan, status ekonomi pelanggan, hingga usianya.

3. Menyiapkan Modal Awal


Modal awal sangat penting dalam sebuah bisnis. Agar bisnis bisa berhasil, Anda perlu menyiapkan biaya awal produk atau lebih dikenal sebagai modal awal. Besaran modal awal yang harus disiapkan ini disesuaikan dengan bisnis yang akan dijalankan. Jika Anda masih pemula di dunia bisnis, ada baiknya untuk berkonsultasi atau mencari mentor untuk membantu mengarahkan langkah-langkah awal dalam memulai bisnis.

4. Menjalankan Visi dan Misi Bisnis


Visi dan misi ini hampir mirip dengan tujuan bisnis tersebut. Pebisnis perlu memiliki visi dan misinya dalam berbisnis agar bisa menetapkan satu prioritas dalam menjalankannya. Dengan menjalankan visi dan misi yang sudah ditentukan, komponen dan tim bisnis agar lebih mudah untuk bekerjasama dan mengembangkan bisnisnya. Selain itu, visi dan misi ini penting untuk dijalankan agar pelanggan bisa tahu bagaimana ciri khas dari produk yang Anda jual.

5. Menyusun Laporan Keuangan yang Rapi dan Sistematis


Laporan keuangan sangat penting dalam dunis bisnis. Keberadaan laporan keuangan ini akan memastikan pemasukan dan pengeluaran selama berbisnis. Anda bisa membuat laporan keuangan secara manual maupun digital melalui komputer atau laptop. Jika Anda menggunakan dana dari investor, laporan ini sangatlah penting. Biasanya, para investor akan meminta laporan keuangan untuk memastikan bagaimana perkembangan bisnis tersebut.

6. Menggunakan Strategi yang Tepat


Promosi adalah salah satu tindakan wajib dalam berbisnis. Ada banyak strategi promosi yang bisa diterapkan. Anda perlu menemukan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis bisa berkembang dan sukses. Melalui strategi promosi ini, Anda bisa mengenalkan produk tersebut kepada para pelanggan.

Selain dari produknya yang unggul dan berkualitas, strategi promosi juga turut menjadi alasan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Strategi promosi yang kurang tepat juga akan mempengaruhi perkembangan bisnis tersebut. Hal ini dikarenakan strategi promosi berkaitan dengan target market produk tersebut.

Demikianlah cara memulai bisnis agar lebih mudah berkembang dan sukses. Pada dasarnya, menjalankan bisnis bisa berjalan lebih mudah apabila ada persiapan dan strategi yang matang. Diharapkan berbagai cara di atas bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.