Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Cara Menangani Karyawan Bermasalah, Salah Satunya Beri Motivasi!

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara menangani karyawan bermasalah yang mudah dilakukan.

Sebagai seorang pebisnis yang memiliki karyawan, mengatur persoalan karyawan bukanlah hal yang mudah. Terkadang ada beberapa karyawan bermasalah yang turut memengaruhi perkembangan bisnis yang kamu jalankan. Menangani karyawan bermasalah tentunya menjadi tanggung jawab atasan. Berikut enam cara menangani karyawan bermasalah yang bisa dilakukan oleh para pemilik bisnis:

1. Mencari Tahu Akar Permasalahan


Karyawan menjadi bermasalah pasti ada penyebabnya. Maka dari itu kamu perlu mencari tahu lebih dulu akar permasalahan dari karyawan tersebut, kemudian menemukan solusi atas masalah yang dialaminya. Sebaiknya, jangan langsung membuat rencana dan mencari pengganti karyawan tersebut tanpa mencari penyebab dan solusi untuk permasalahannya.


Cari tahu penyebab, kumpulkan bukti dan fakta yang menjadi penyebab kinerja karyawan tersebut memburuk. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui langkah atau keputusan selanjutnya yang akan diambil.

2. Memberi Motivasi yang Membangun


Sebagian besar akar permasalahan dari karyawan yang kinerjanya memburuk adalah hilangnya motivasi dalam bekerja. Maka dari itu, berikan petuah atau arahan penuh motivasi yang dapat membangun kembali semangat kerja karyawan tersebut. Kamu bisa memberikan reward apabila berhasil dalam pekerjaannya. Namun pemberian reward tersebut juga harus disesuaikan dengan kinerja karyawan. Uji atau lihat perkembangan kinerjanya guna mengetahui apakah reward yang akan diberikan sepadan.

3. Berbicara dengan Karyawan Tersebut


Dalam menangani karyawan yang bermasalah, kamu membuka komunikasi bicarakan baik-baik lalu mulai tanyakan apa yang perlu kamu gali mengenai masalah yang ia alami. Pastikan kamu bertanya tanpa langsung menghakimi, ya.

Hati-hati dalam memilih kata-kata atau tindakan yang sekiranya dapat menyakiti hati karyawan. Setelah berbicara cukup lama, kamu bisa memahami dan memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi karyawan tersebut.

4. Menegaskan Kembali Tujuan Perusahaan


Cara menangani karyawan bermasalah yang selanjutnya adalah dengan menegaskan kembali tujuan dari perusahaan tersebut. Setelah membantu dengan memberikan solusi, kamu bisa kembali menegaskan terkait tugas dan tanggung jawab sebagai seorang karyawan. Dengan begitu, karyawan bisa mengerti dan memahami kembali apa yang kamu harapkan dari dirinya.

5. Membuat Rencana Peningkatan Kinerja Karyawan


Terkadang, karyawan merasa jenuh dengan apa yang dikerjakannya secara monoton. Kamu bisa membuat rencana peningkatan kinerja karyawan yang bisa membantu menghilangkan rasa jenuh tersebut. Buatlah semacam kegiatan pelatihan yang diikuti oleh seluruh karyawan.


Pelatihan ini bisa dilakukan secara rutin setiap beberapa bulan sekali atau setahun sekali dan buatlah seseru dan semenarik mungkin untuk karyawan. Adakan kegiatan seperti seminar motivasi, makan bersama, outbound dan berbagai kegiatan menyenangkan lain.

6. Selalu Memantau dan Memberi Masukan pada Karyawan


Sebagai seorang pemimpin, kamu perlu memantau dan rutin memberi masukan pada karyawan agar kinerja karyawan tersebut bisa tetap baik. Setelah berhasil melakukan rencana peningkatan kinerja karyawan, kamu bisa terus memantau untuk mengetahui apakah program tersebut sudah berjalan dengan baik atau belum.


Lakukan evaluasi setiap bulan lalu berikan masukkan secara teratur kepada karyawan tersebut. Sebaiknya lakukan tindakan ini secara rutin agar kamu bisa melihat perkembangan dari karyawan tersebut.


Menangani karyawan yang berasal dari berbagai ragam karakter dan latar belakang memang cukup sulit. Namun hal ini akan terasa lebih mudah jika kamu bisa memahami cara menangani karyawan bermasalah dengan benar. Bagaimanapun, karyawan bermasalah menjadi salah satu tanggung jawab pemimpin.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.