Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

6 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Sejak Bayi, Moms Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi penting diketahui sejak dini.

Memiliki anak yang cerdas merupakan impian bagi setiap orang tua. Diperlukan peran orang tua yang sangat besar untuk menerapkan cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi. Anak yang baru lahir ibarat kertas putih tanpa noda yang menunggu untuk diberi coretan agar terlihat lebih berwarna. Tugas orang tua yang memberi warna pada kertas tersebut, entah warna terang ataupun warna gelap yang mendominasi.


Tumbuh kembang anak menjadi seorang yang cerdas juga hasil dari keikutsertaan orang tua sebagai pendidik pertama kali setelah anak lahir. Orang tua wajib membimbing dan mengarahkan anaknya agar kelak bisa menjadi sosok yang cerdas dan  membanggakan. Berikut enam cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi yang bisa LemoMoms ikuti.

1. Menjadi Contoh dan Panutan yang Baik


Sebagai guru pertama bagi anak, orang tua wajib menjadi contoh dan panutan yang baik untuk si kecil. Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan melihat lingkungan sekitarnya, termasuk orang tuanya. Apa yang dilakukan oleh orang tua akan dicontoh oleh si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah menjaga sikap dan perkataan LemoMoms di depan anak.


Perkataan dan sikap yang kasar bisa mempengaruhi dan menjadi contoh yang tidak baik untuk anak. Jadilah sosok orang tua yang melindungi, mengayomi, dan penuh kelembutan. Dengan begitu, anak akan merasa lebih disayang dan diperhatikan oleh orang tuanya.

2. Melatih Problem Solving Sejak Dini


Kemampuan problem solving bisa ditanamkan pada diri anak sejak dini. Melatih kemampuan problem solving dinilai dapat meningkatkan kecerdasan anak, melatih kemandirian, dan membentuk karakter dalam diri si kecil. Manfaat lain yang dari melatih problem solving sejak dini adalah meningkatkan sikap toleransi dan mencegah stres pada anak.


Meski terlihat sepele, anak cukup rentan stres apabila merasakan banyak tekanan dari lingkungannya. Latih problem solving anak mulai dari hal kecil seperti minta pendapat tentang menu makanan. Terlihat sederhana, namun metode ini cukup manjur untuk melatih kecerdasan anak.

3. Membacakan Dongeng Sebelum Tidur


Dongeng adalah bacaan yang bagus untuk anak-anak. Selain ceritanya menyenangkan, dongeng dapat melatih kecerdasan anak. Tidak hanya itu saja, membacakan dongeng setiap malam dapat membantu mempererat hubungan dengan si kecil  karena dapat memperbaiki komunikasi antara orang tua dan anak.


Walaupun dongeng merupakan cerita fiksi kreatif yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur anak, membacakannya setiap malam dapat membantu meningkatkan imajinasi si kecil . Anak akan merasa senang, hubungan antara orang tua dan anak bisa semakin baik.

4. Mengenalkan Anak pada Alam


Alam bisa menjadi tempat belajar yang tepat untuk tumbuh kembang anak. Mengenalkan alam sejak kecil dapat bermanfaat bagi pertumbuhan mental dan spiritual anak. LemoMoms bisa mengajak anak untuk bermain di alam saat  atau minimal sebulan sekali. Anak yang lebih sering bermain di alam terbukti memiliki kecerdasan dan ketenangan yang stabil dibanding dengan anak yang hanya bermain gadget seharian penuh.

5. Temani Anak Bermain


Ternyata, salah satu cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi adalah sering menemani anak bermain. Melibatkan diri dalam permainan anak dapat meningkatkan rasa percaya diri dan melatih kecerdasannya. LemoMoms sebagai orang tua akan bisa menggali dan mengetahui potensi anak melalui kegiatan ini.

6. Memberi Pujian pada Anak


Anak yang  mendapat pujian akan merasa lebih dihargai oleh orang tuanya. Pujian dari orang tua dapat menstimulasi mental dan rasa percaya diri pada anak. Beri pujian pada anak setelah membantu LemoMoms mengerjakan tugas rumah.


Demikianlah enam cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi yang bisa dilakukan oleh para orang tua. Mendidik anak memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, ada tantangan tersendiri bagi orang tua yang harus dihadapi. Jangan menyerah dan tetap semangat ya, LemoMoms!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.