Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

6 Cara Mendidik Bayi 4 Bulan Agar Tumbuh Cerdas

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mendidik bayi 4 bulan agar cerdas penting dilakukan moms sejak dini.

Cara mendidik bayi 4 bulan agar cerdas wajib untuk diketahui oleh setiap orang tua. Sebab, kecerdasan anak adalah aset yang berharga dan harus dijaga untuk anak. Termasuk saat si kecil sudah memasuki usia 4 bulan. Diperlukan sebuah rangsangan berupa nutrisi atau latihan untuk menstimulasi peningkatan IQ agar bayi bisa tumbuh dengan baik dan cerdas. Berikut merupakan cara-cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik bayi 4 bulan agar tumbuh cerdas.

1. Rutin Mengajak Bayi Berbicara


Rutin mengajak bayi berbicara adalah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi kecerdasan sang buah hati. Dengan sering mengajaknya berbicara, bayi akan mulai mengenal bahasa-bahasa percakapan yang akan menempel pada memori otaknya sehingga terjadi peningkatan IQ.


Berbeda dengan bayi yang tidak pernah diajak berbicara, perkembangan otaknya akan cenderung lebih lambat. Ketika mengajak berbicara, sebaiknya orang tua mengenalkan sedikit demi sedikit kata dalam percakapan. Selain itu, perlu adanya intonasi yang menarik untuk memudahkan si kecil dalam melakukan perbendaharaan kata.

2. Melakukan Bonding Time


Sesibuk apapun aktivitas Lemoparents, sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk si kecil Moms bisa melakukan bonding time dengan mengobrol, bermain, jalan-jalan,, dan sebagainya. Dengan melakukan kegiatan ini, maka akan meningkatkan kedekatan antara Lemoparents dan si kecil. Dalam hal ini, ikatan batin yang kuat akan tercipta dan melatih kepekaan pada sang bayi.

3. Mengajak Bayi Mengenal Lingkungan Sekitar


4 bulan pertama usia bayi merupakan masa-masa emas untuk mendidik kecerdasannya, yakni kecerdasan emosional, perilaku berpikir kognitif, dan kepekaan sosial. Dengan mengajak bayi jalan-jalan, hal tersebut bisa dijadikan salah satu langkah untuk menstimulasi bayi agar meningkatkan IQ nya. Salah satu hal sederhana misalnya dengan memperkenalkan bunyi hewan, bunyi gemericik air, ataupun mengajaknya pergi ke area taman yang luas di mana ia bisa bersantai menikmati pemandangan.

4. Merespon Suara yang Dikeluarkan Bayi


Ketika memasuki usia 4 bulan, bayi biasanya sudah mulai belajar untuk mengeluarkan suara seperti ocehan, gumaman, ataupun suara tawa. Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk merespon suara yang dikeluarkan yakni dengan memberikan feedback kepada sang bayi. Dengan adanya hal tersebut maka akan berpengaruh terhadap perkembangan bayi dan juga akan memberikan rasa kenyamanan karena merasa kehadirannya dijadikan perhatian.

5. Memperbanyak Tummy Time


Tummy time merupakan latihan tengkurap pada bayi dimana dapat memberikan banyak manfaat. Contohnya seperti mengembangkan keterampilan mengontrol kepala, meningkatkan keterampilan motorik kasar, mencegah plagiocephaly, meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi, dan masih banyak lagi.


Dengan melakukan kegiatan ini, maka otot-otot tubuh akan berkembang terutama pada leher, dada, lengan dan juga bahu. Namun yang perlu diperhatikan adalah harus hati-hati dan waspada, apabila bayi melakukan latihan ini wajib didampingi oleh pengawasan orang tua agar tidak terjadi risiko yang besar.

6. Merespon Emosi Bayi dengan Empati


Apabila bayi sedang mengekspresikan emosinya, maka orang tua harus meresponnya dengan seekspresif mungkin agar muncul rasa empati dalam dirinya. Hal ini dilakukan untuk membangun rasa saling percaya dan rasa saling melindungi. Yang bisa dilakukan oleh orang tua, misalnya ikut tertawa dengan ekspresi bahagia untuk merespon tawa si kecil, menenangkan ketika ia  sedang menangis, dan masih banyak lagi.


Itulah tadi cara mendidik bayi 4 bulan agar cerdas. Dianjurkan untuk tetap bersabar dalam mendidik bayi dan mengajarkan sesuatu hal secara bertahap agar bayi bisa mengerti dengan baik. Satu hal lagi yang cukup penting adalah dampingi selalu tumbuh kembang anak supaya bisa tumbuh dengan baik!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.