Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

6 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Jauhi konflik dan tenang jadi salah satu cara mengatasi stress kerja.
Mengetahui bagaimana cara mengatasi stress kerja adalah hal penting untuk setiap pekerja. Sebab, seringkali karena tuntutan pekerjaan atau merasa jenuh membuat seseorang mengalami stres saat bekerja. Penting bagi Anda untuk mengatasi stress kerja agar tidak semakin menjadi masalah.

Stres kerja sebenarnya hal yang lazim dirasakan oleh para karyawan. Pernah berada pada kondisi dimana deadline sudah dekat, tugas menumpuk, tenggat waktu yang semakin sedikit. Kondisi seperti itu bisa memicu timbulnya stres. Apabila gejala ini tidak segera ditangani maka akan berimbas pada kesehatan mental dan juga fisik pekerja. Berikut ada beberapa tips mengatasi stres.

1. Mulailah Hari dengan Senyuman dan Jauhilah Konflik yang Terjadi di Kantor



Sebenarnya stres tidak hanya terjadi di lingkungan kerja. Pagi hari ketika berangkat sudah dihadapkan pada jalanan yang macet sehingga membuat kepala pusing. Hal ini bisa memicu stres. Cobalah untuk memulai hari dengan senyuman dan semua hal baik berenergi positif.
banner consideration shipping bg blue

Selain itu, coba untuk menghindari konflik di kantor sebisa mungkin. Konflik yang terjadi di kantor akan menjadi benalu untuk mental dan fisik. Agar tidak ikut stres, jauhilah konflik antar teman dikantor. Cara ini juga bisa menjauhkan Anda dari gosip dan masalah di kantor.

2. Jangan Malu untuk Bertanya dan Jangan Mengerjakan Banyak Hal Secara Bersamaan



Stres bisa tercetus dari ketidaktahuan Anda terhadap apa yang menjadi ekspektasi atasan. Ketika mendapatkan perintah, maka jadikan bertanya sebagai “benang merah” agar tugas tersebut dapat selesai sesuai harapan. Mengerjakan banyak hal secara bersamaan atau multitasking memang perlu. Tapi jangan lupa, hal ini bisa juga menjadi pencetus stres. Pekerjaan yang dikerjakan secara bersamaan, hasilnya kan kurang maksimal dan tidak fokus. Jangan tergesa-gesa melakukan pekerjaan dan lakukan secara cermat.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman



Stres bisa muncul karena Anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja. Contohnya adalah kursi kerja. Bayangkan duduk di kursi seharian yang mungkin kurang nyaman, Anda akan lebih mudah stres. Buatlah suasana kerja yang nyaman versi diri sendiri.banner consideration promotion bg blue

4. Jangan Terlalu Banyak Duduk



Sebagai seorang karyawan mungkin akan menghabiskan 85% waktu bekerja dengan duduk dibelakang meja. Ketika waktu makan siang tiba, cobalah untuk berjalan keluar kantor dan membeli makanan. Cara praktis ini mampu mengatasi stres dan kesehatan fisik juga terjaga kesehatannya.

5. Jangan Malu Curhat dan Jangan Terobsesi untuk Menjadi Perfeksionis



Selama bekerja, pasti ada unek-unek atau masalah yang disimpan. Jangan hanya dipendam namun ceritakan pada orang yang dipercaya. Dengan curhat ini diharapkan bisa mendapatkan masukan, ide, atau solusi dari kolega atau rekan kerja.

Beberapa orang mungkin ingin semua yang dikerjakan mendapatkan hasil yang sempurna. Memang pencapaian seperti ini sangat luar biasa di kantor. Namun menjadi orang yang perfeksionis atau sempurna dalam segala hal hanya akan membuat kewalahan.

Untuk bisa menghindari stres ada baiknya Anda tidak terlalu berambisi dan terobsesi agar selalu menjadi orang yang perfeksionis. Berikan hasil terbaik yang mampu Anda kerjakan. Jangan lupa memberikan penghargaan pada diri sendiri ketika pencapaian berhasil.

6. Gunakan Waktu dengan Efisien



Memanfaatkan waktu dengan efisien akan menjaga diri dari efek negatif pemicu stres. Anda bisa mengerjakan tugas dengan baik, tidak merasa terburu-buru yang justru membuat kacau pekerjaan. Anda pun bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dan bebas stres.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Mengelola stres sangat penting bagi para pekerja. Ketika mengalami stres, bukan hanya kesehatan mental yang terganggu namun juga fisik. Inilah pentingnya memahami cara mengatasi stres kerja dengan baik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk mengatasi rasa stress ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.