6 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dengan Kebiasaan ini

01 Jul 2020 @ 15:35:57
Kulit berminyak sudah menjadi masalah yang sangat serius bagi kaum wanita pada umumnya. Memiliki kulit berminyak bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri dengan penampilan. Bertambahnya produksi minyak di permukaan kulit dapat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti, faktor keturunan, gangguan hormon, pertambahan usia, sering berkeringat, atau stres berlebihan. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa dilakukan dengan mudah. 

1. Cuci Muka 2 Kali Sehari dengan Rutin 



Cara menghilangkan minyak di wajah secara bertahap yang pertama, adalah dengan mencuci wajah secara rutin 2 kali sehari. Metode ini dinilai mampu menjadi solusi bagi kulit berminyak di wajah. Cucilah wajah ketika pagi dan malam hari sebelum tidur dan cucilah wajah bila sudah memiliki minyak berlebih contohnya setelah olahraga. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan sabun berbahan lembut dan aplikasikan secara perlahan atau dengan pijatan lembut agar kulit wajah tidak iritasi. 

2. Keringkan Wajah dengan Baik 



Cara kedua yang bisa dilakukan adalah keringkan wajah usai cuci muka, dengan cara menepuk-nepuk kulit memakai handuk lembut. Usahakan untuk tidak memakai handuk di wajah dengan gerakan menarik atau memakai kain berbahan kasar sebab dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih besar yang menyebabkan kulit wajah lebih berminyak. 

3. Pakai Toner 



Cara untuk mengurangi jumlah minyak di wajah yang ketiga adalah dengan memakai toner. Bagi pemilik kulit berminyak bisa memakai toner yang mempunyai kandungan alkohol untuk menjadikan kulit wajah berubah kering. Atau boleh juga mencoba memakai toner dengan astringent alami seperti, witch hazel, yang dapat menenangkan kulit dan mengontrol produksi sebum di wajah. Bagi sejumlah orang, toner dengan astringent alami bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan memusnahkan sisa produk make up yang bisa menyumbat pori-pori. 

4. Gunakan Pelembab



Mengurangi jumlah minyak di wajah yang selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan pelembab. Bagi orang dengan pemilik wajah berminyak, biasanya mungkin akan menjauhi pemakaian pelembab karena bisa membuat kulit jadi lebih terlihat berminyak. Namun, faktanya pemakaian pelembab bisa bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak jika dapat memilih dengan tepat. Oleh karena itu, bagi pemilik kulit berminyak, pilihlah jenis pelembab tanpa kandungan minyak untuk mempertahankan kulit tetap lembab tanpa ada minyak. Bisa juga memakai pelembab berbahan dasar alami. 

Sebuah hasil riset sudah menyatakan kalau gel lidah buaya mampu menjadi pilihan pelembab yang bagus untuk mengatasi jerawat dan kulit wajah yang berminyak. Beberapa kandungan pada gel lidah buaya mempunyai efek dapat membuat kulit lebih tenang. Meski begitu, pastikan gel lidah buaya tidak memiliki kandungan alkohol yang bisa membuat kulit wajah malah mengering dan iritasi. 

5. Pakai Tabir Surya atau Sunscreen 



Cara menghilangkan minyak di wajah yang dapat dicoba berikutnya adalah dengan memakai tabir surya yang bisa membantu cegah kulit keriput dan flek hitam efek paparan sinar matahari. Guna mencegah munculnya jerawat, gunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Jangan pilih sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian. Pakai sunscreen dengan SPF 30 sesudah memakai pelembab setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah dengan rutin. 

6. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Area Wajah 



Cara terakhir adalah dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah secara sering karena bisa menebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah. Boleh saja menyentuh area wajah, tapi hanya pada waktu membersihkan wajah dan memakai produk perawatan kulit wajah. Sebelum membersihkan area wajah, pastikan dulu tangan sudah dalam keadaan bersih. 

Nah, itulah ulasan tentang 6 cara menghilangkan minyak di wajah dengan kebiasaan yang bisa diterapkan sehari-hari. Semoga setelah ini, dapat mempraktekkan sendiri cara mengatasi kulit berminyak dengan benar. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020