Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

6 Cara Menghilangkan Stres yang Tak Terkontrol

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Cara menghilangkan stres bisa dilakukan dengan mudah.

Setiap orang pasti pernah mendapatkan masalah, baik yang timbul dari keluarga, pekerjaan, teman, dan sebagainya. Masalah yang sedang menghampiri kamu  sebaiknya segera diatasi, karena ketika masalah tersebut tidak diselesaikan hingga berlarut-larut, maka bisa mempengaruhi kesehatan dan dapat menimbulkan stres tak terkontrol. Pada akhirnya akan berakibat pola hidup jadi buruk. Karenanya, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menghilangkan stres tersebut. Berikut caranya:

1. Perbanyak Senyum


Saat seseorang memberikan saran dan kritik, hindari membalas dengan tatapan tidak senang. Berikanlah senyuman di wajah kamu sebagai cara mengatasi stres, terutama senyuman tulus sampai sudut mata.

Ini diakibatkan, senyum bisa mengakibatkan kurangnya respon stres tubuh. Bahkan meski ketika kamu sedang tidak merasa senang sekalipun. Tidak hanya itu, senyuman juga membantu menurunkan detak jantung saat situasi yang membuat kamu stres berakhir. banner consideration shipping bg blue

2. Mendengarkan Lagu


Mendengarkan lagu sangat disukai banyak orang, bahkan setiap tempat makan selalu memutarkan lagu untuk membuat pengunjungnya merasa nyaman saat makan. Hal ini terbukti dengan hasil sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa, tingkat hormon stres (kortisol) para subyek penelitian lebih rendah ketika mereka mendengarkan musik paduan suara Latin, sebelum melakukan sesuatu yang dapat membuat stres.

Contohnya seperti mengerjakan soal matematika atau berpidato, dibandingkan dengan saat mereka mendengarkan suara rekaman tetesan air. Cobalah mulai sekarang dengarkan lagu ketika kamu sedang merasa stres tak terkontrol agar lebih rileks.

3. Mengatur Napas


Fokus pada pernapasan dapat membantu menurunkan reaksi "fight or flight" tubuh terhadap tekanan  dan mengalihkan perhatian kamu dari pikiran-pikiran negatif. Caranya, cukup duduklah dengan nyaman dalam sebuah tempat tenang, dan tarik nafas pelan-pelan melalui hidung, biarkan dada dan perut bawah kamu naik serta abdomen membesar.

Hembuskan nafas perlahan-lahan sambil mengulangi sebuah kata atau kalimat yang membantu kamu lebih rileks. Untuk merasakan manfaat sesungguhnya dari cara menghilangkan stres ini, ulangi gerakan bernapas setidaknya selama 10 menit setiap kamu merasa stres.banner consideration promotion bg blue

4. Lakukan Meditasi


Tubuh akan merespons stres dengan melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin yang menyebabkan detak jantung, aliran darah dan tekanan darah meningkat. Melakukan meditasi dapat menurunkan detak jantung kembali.

Selain itu, meditasi juga membantu mengatur aliran dan tekanan darah kamu jadi normal. Hal ini karena saat bermeditasi, kamu juga berlatih mengesampingkan berbagai pikiran negatif, yang menyebabkan datangnya stres, akhirnya membuat pikiran menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

5. Tuliskan Penyebab Stres


Menuliskan isi pikiran kamu dapat menjadi sarana mengekspresikan emosi yang baik daripada curhat ke orang lain yang belum tentu dapat menjaga rahasia. Setelah ditulis kamu dapat mulai membuat rencana bagaimana  menyelesaikan masalah tersebut. Tulislah beban pikiran kamu dalam catatan, handphone, atau laptop, yang paling penting kamu bisa jujur dengan perasaan sendiri dan membuat kamu merasa lega.

6. Sayangi Diri Sendiri


Kita semua memiliki pikiran yang terus mengalir dalam kepala masing-masing, dan kadang apa yang dikatakan kepada diri sendiri tidak selalu baik. Misalnya seperti meragukan diri, menjelek-jelekan diri, hingga menyalahkan diri sendiri.

Oleh karena itu, tetaplah positif dan gunakan kata-kata yang halus terhadap diri sendiri agar kamu bisa tenang untuk mengendalikan situasi. Berikan diri kamu motivasi layaknya membantu teman sendiri seperti, "Semuanya akan baik-baik saja," atau "Aku pasti bisa melakukannya."
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara menghilangkan stres yang tak terkontrol. Jangan sampai membiarkan stres berkepanjangan karena ini bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mental kamu jika dibiarkan berlarut-larut. Apabila memang stres yang kamu alami tidak juga membaik meski sudah melakukan banyak cara, maka langkah terbaik untuk kamu lakukan adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, bisa diketahui penyebab stres tersebut dan diatasi dengan lebih baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.