Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Cara Packing Paket Online Shop, Aman Sampai ke Customer!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara packing paket online shop
Mengelola bisnis online tak cuma soal strategi marketing saja, tetapi juga bagaimana cara memberikan dan mempertahankan kualitas layanan. Salah satu hal yang harus sangat diperhatikan adalah packing barang yang sudah diorder oleh customer.
banner consideration shipping bg blue

Sebaik apapun kualitas barang yang kamu janjikan di toko online milikmu, akan percuma jika kamu tidak mengemasnya dengan baik. Apalagi barang tersebut berisiko mengalami kerusakan selama pengiriman. Nah, untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi selama proses pengiriman, ini cara packing paket aman ala Lemonilo yang bisa para Wiranilo coba.

1. Tambahkan bubble wrap pada produk cair seperti hand sanitizer

Produk-produk cair seperti hand sanitizer bisa dibilang rawan terbuka dan isinya bisa tumpah selama proses pengiriman jika tidak dibungkus dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa membungkusnya dengan bubble wrap terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kardus.

Pastikan kamu menggulung produk-produk cair dengan bubble wrap yang cukup tebal dan merekatkannya dengan selotip di bagian samping, atas, dan bawah. Baru setelahnya tata produk tersebut dengan produk lain dalam kardus.

Packing dengan menggunakan bubble wrap juga bisa kamu gunakan untuk barang-barang mudah rusak lainnya, seperti makanan atau barang pecah belah.

2. Tempatkan produk cair di dalam plastik zip lock

Sementara untuk packaging dalam jumlah yang sedang dan besar, Lemonilo memberi tips untuk para Wiranilo agar menempatkan produk-produk cair ke dalam plastik zip lock. Supaya lebih aman, kamu pun bisa membungkusnya kembali dengan bubble wrap.

3. Tata barang serapi mungkin

Setelah memastikan produk-produk cair aman dalam kemasan, pastikan kamu menata produk-produk pesanan customer dengan aman dan rapi. Penataan yang benar dan rapi akan mengurangi risiko barang mengalami kerusakan selama proses pengiriman.
banner consideration promotion bg blue

Salah satu caranya adalah dengan menempatkan produk-produk tersebut dia arah yang sama, baik vertikal maupun horizontal.

4. Gunakan kardus yang masih bagus dan tutup dengan selotip serapat mungkin

Ketika produk-produk yang akan dikirim sudah dipastikan aman dan tertata rapi di dalam kardus, kamu harus merekatkan kardus dengan selotip serapat mungkin. Demi meningkatkan citra bisnis online yang kamu miliki, jangan pernah menggunakan kardus atau plastik bekas.

Usahakan semua tempat packaging yang kamu gunakan selalu baru untuk setiap customer. Nilai plus juga akan diberikan oleh customer jika kamu memiliki kardus custom yang disesuaikan dengan persona toko online milikmu.

5. Tambahkan stiker peringatan jika ada

Demi menambah keamanan produk-produk yang kamu kirimkan, menempelkan stiker peringatan juga bisa kamu lakukan. Stiker peringatan yang kamu pasang bisa berupa tulisan fragile, barang pecah belah, barang mudah rusak, dan sebagai macamnya.

Stiker peringatan ini juga nantinya membantu memberi peringatan pada kurir agar tidak memperlakukan barang yang akan kamu kirim dengan sembarangan.

6. Pilih jasa ekspedisi yang terpercaya

Jika segala upaya untuk menyiapkan packaging yang aman sudah kamu lakukan, maka langkah terakhir adalah memilih jasa ekspedisi yang paling terpercaya. Kamu bisa melihat sepak terjang masing-masing ekspedisi. Jika ada yang sering mendapat komplain karena paket rusak selama perjalanan, sebaiknya jangan pernah memilih ekspedisi tersebut.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan tips dari Lemonilo di atas, produk-produk yang kamu kirimkan sebenarnya sudah bisa dikatakan aman untuk dikirim. Namun, untuk menambahkan kesan baik bagi para customer, kamu bisa juga lho menyisipkan pesan-pesan personal kepada para customer yang membeli produk di tokomu. Selamat mencoba tipsnya ya!

Berencana memulai wirausaha dari sekarang? Yuk, gabung program Wiranilo di sini. Selain bisa menjual 40+ produk resmi Lemonilo sambil menyehatkan Indonesia, kamu juga akan dibekali berbagai tips dan strategi pemasaran GRATIS langsung dari para ahlinya di Wiranilo Class!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.