Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Nyeri Saat Haid

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Mengurangi Nyeri Saat Haid
Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Kanya Tania).

Nyeri yang berhubungan dengan menstruasi dalam istilah medis disebut dysmenorrhea. Pada umumnya, wanita yang menstruasi mengalami nyeri saat haid (dysmenorrhea) hari pertama dan kedua setiap bulannya. Kamu bisa mengatasi rasa nyeri ringan saat haid dengan melakukan beberapa hal berikut.
banner consideration shipping bg blue

Lakukan kompres hangat pada perut

Kompres area perut bagian bawah dengan air hangat yang dibalut kain atau menggunakan alat kompres yang dijual di pasaran. Tujuan kompres ini agar terjadi relaksasi pembuluh darah dan membantu relaksasi otot yang tegang di sekitar perut sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.

Mandi atau berendam air hangat

Sama prinsipnya dengan melakukan kompres hangat di perut, mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini juga akan membantu mengurangi nyeri haid.

Pun demikian, hati-hati untuk mandi air hangat terlalu sering terutama pada orang dengan tipe kulit yang cenderung kering. Ini karena akan menambah kekeringan kulit. Untuk menghindari hal tersebut  bisa disiasati dengan segera menggunakan pelembab sesaat setelah mandi.

Konsumsi minuman yang bisa merelaksasi tubuh

Beberapa minuman dapat membantu meringankan rasa nyeri saat haid. Sebagian karena efek relaksasi dari zat-zat yang ada di minuman tersebut, sebagian lagi karena ada efek menenangkan lambung serta usus dan mengurangi kembung (yang bisa memperparah nyeri haid).

Minuman seperti teh chamomile, wedang jahe, air lemon hangat, serta minuman-minuman yang mengandung mint atau jahe adalah beberapa contoh dari sekian banyak minuman yang dapat mengurangi nyeri haid. Apalagi bila minuman-minuman tersebut dikonsumsi dalam keadaan hangat. 
banner consideration promotion bg blue

Hindari mengkonsumsi minuman atau makanan yang  berkafein, minuman berkarbonasi, dan makanan berlemak karena bisa merangsang lambung, kembung dan membuat perut tegang sehingga menyebabkan nyeri lebih terasa.

Beraktivitas fisik atau aktif bergerak

Aktivitas fisik membantu melancarkan peredaran darah dan dapat menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini akan menyeimbangkan hormon prostaglandin. Aktivitas fisik yang kamu lakukan tidak perlu yang terlalu berat, cukup dengan aktivitas fisik ringan/sedang seperti jogging, senam, bersepeda, dan lainnya. 

Hindari stres

Umumnya nyeri haid adalah nyeri haid primer atau nyeri haid yang tidak disebabkan oleh penyakit yang mendasari. Nyeri haid ini timbul berkaitan erat dengan stres fisik maupun psikis. 

Stres fisik yang dimaksud misalkan kelelahan bekerja, kurang tidur, atau bahkan olahraga berlebihan dapat dikategorikan sebagai stres fisik. Stres secara psikis adalah kesedihan, kemarahan,dan  rasa takut yang tidak terkontrol. Semua hal tersebut dapat memperberat nyeri haid. 

Perlu diingat, menghindari dan manajemen stres pada saat haid sangat penting untuk meringankan bahkan mencegah munculnya nyeri haid.

Minum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang dijual di pasaran dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid jika dikonsumsi sesuai aturan. Obat anti nyeri ini relatif aman dan secara umum tidak mengganggu kesehatan reproduksi. Contoh obat nyeri yang dapat dipergunakan adalah paracetamol atau ibuprofen. 

6 tips tersebut bisa Lemonizen coba untuk dapat menghilangkan atau meringankan nyeri saat haid. Jika nyeri tidak dapat diatasi atau terlalu berat serta berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya!

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, gimana Lemonizen? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Mamanesia. Tulis di kolom komentar ya kalau kamu punya keluhan ataupun masalah kesehatan yang ingin dicurhatin!

Like dan Comment artikel favoritmu yang ada di Lemonilife untuk kesempatan menang 2 Paket Lemonilo Senilai Rp 150.000 setiap bulannya. Ketentuan lengkap baca di sini. 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.