Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

6 Kunci Rumah Tangga Harmonis, Pahami Dulu Yuk

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Kunci rumah tangga harmonis wajib dipahami dan dipelajari pasangan suami istri.

Rumah tangga yang harmonis nan tenteram tentu menjadi impian bagi setiap pasangan. Kunci rumah tangga harmonis pada dasarnya sangatlah sederhana. Berbekal kepercayaan dan rasa cinta saja, bahtera rumah tangga yang terbangun bersama pasangan bisa kuat meski diterpa badai.


Namun dalam memelihara kehidupan rumah tangga, perlu beberapa hal lain. Berikut adalah kunci rumah tangga harmonis yang mungkin bisa diterapkan oleh kamu dan pasangan.

1. Saling Mencintai dan Menyayangi


Sebuah bingkai rumah tangga yang harmonis tidak mungkin bisa terwujud jika tidak didasari ikatan cinta dan kasih sayang. Yang mana rasa cinta juga sayang bakal membuahkan hasil kerukunan, kesetiaan, kebahagiaan, dan keharmonisan. Cinta beserta kasih sayang harus bisa diberikan secara seimbang, tidak berat sebelah, entah itu kasih sayang kepada pasangan, anak, orang tua, atau kerabat dari masing-masing pasangan.

2. Saling Bertanggung Jawab


Bak awak kapal yang harus berbagi tugas agar pekerjaannya berjalan dengan baik, nahkoda dan penumpang dalam rumah tangga juga wajib sadar atas tanggung jawabnya masing-masing. Kedua pasangan harus saling memenuhi kewajiban dan hak masing-masing.


Dimana anggota rumah tangga harus benar-benar memenuhi seluruh kebutuhan dalam keluarganya sekaligus menutupi kekurangan dalam berkeluarga, baik itu kebutuhan lahir seperti finansial dan papan hingga kebutuhan rohani.

3. Saling Mengerti dan Memahami


Tindakan sederhana seperti mengerti dan memahami perasaan satu sama lain sangatlah diperlukan dalam berumah tangga. Mengingat hal ini bisa menciptakan rasa saling menghargai antar kedua pasangan.


Masing-masing anggota keluarga harus mengetahui apa yang disukai dan yang tidak disukai oleh anggota yang lainnya, tidak memperbesar masalah sepele, tidak mengedepankan ego atau kemauannya sendiri, selalu mengerti dan memahami kekurangan masing-masing pasangan, serta menghargai apapun keputusan pasangan yang diambil berdasarkan pemikiran bijaksana.

4. Saling Perhatian dan Peduli


Dengan saling menunjukkan perhatian dan kepedulian kita, keharmonisan dalam rumah tangga akan timbul. Bentuk perhatian sendiri bisa beraneka ragam, bergantung pada kondisi dan preferensi dari masing-masing pasangan. Contohnya saja merayakan momen atau kenangan tertentu dalam rumah tangga, menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah di luar waktu kerja, saling berbagi dan melengkapi satu sama lain, dan menyempatkan waktu untuk berkumpul atau berkunjung ke rumah kerabat masing-masing pasangan.

5. Saling Terbuka dan Percaya


Dalam berumah tangga, suami dan istri adalah pasangan yang telah terikat hubungan lahir dan batin dengan 1 visi dan misi, yakni menciptakan keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, ikatan ini harus dijalani dengan rasa keterbukaan dan kepercayaan dari masing-masing pasangan.

6. Saling Menjaga dan Melindungi


Rumah tangga yang baru akan atau sudah terbangun pasti telah melalui banyak masalah, entah itu masalah internal maupun eksternal. Untuk itu, setiap pasangan perlu saling menjaga dan melindungi supaya keutuhan rumah tangga bisa tetap terjaga. Adapun bentuk tindakan saling menjaga dan melindungi yang mungkin bisa Anda praktekkan adalah menghindari hal-hal pemicu pertengkaran, selalu berusaha mempertahankan keutuhan rumah tangga, merahasiakan masalah keluarga dari orang lain, tidak membeberkan kekurangan masing-masing pasangan kepada orang lain, dan lain sebagainya.


Itulah beberapa kunci rumah tangga harmonis paling simpel dan mudah yang bisa Anda jajal. Diharapkan dengan mengetahui berbagai kunci diatas, Anda dan pasangan bisa menjadi lebih harmonis!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.