6 Langkah Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Mudah Dilakukan

04 Jun 2020 @ 19:09:36
Menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan, mengingat jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menjaga kelangsungan hidup. Karenanya agar jantung terhindar dari berbagai jenis gangguan yang bisa menyebabkan kondisi jantung memburuk diperlukan pemahaman mengenai cara menjaga kesehatan jantung yang tepat. 

1. Jauhi Rokok



Langkah pertama cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjauhi rokok. Merokok termasuk salah satu faktor risiko paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung. Bahan kimia pada tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak aterosklerosis yang akhirnya dapat memicu serangan jantung.

Karbon monoksida yang terkandung dalam asap rokok dapat menggantikan beberapa oksigen dalam darah. Akibatnya akan mampu meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok cukup oksigen. Untuk itu, sebisa mungkin hentikan kebiasaan merokok dan mulai menjalankan hidup sehat tanpa asap. Dengan begitu, kesehatan jantung kamu akan terjaga. 

2. Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Jantung



Cara menjaga kesehatan jantung yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat yang dianjurkan untuk melindungi kesehatan jantung adalah buah, sayuran dan biji-bijian. Selain itu, hindari terlalu banyak garam dan gula dalam makanan. 

Hal yang tidak kalah penting adalah dengan membatasi juga lemak tertentu pada makanan yang akan dimakan. Makanan cepat saji atau junk food, juga akan sangat disarankan untuk dihindari. Pasalnya makanan tersebut memiliki berbagai zat dan kandungan yang buruk untuk tubuh. 

3. Kurangi Lemak Jenuh 



Mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans bisa meningkatkan kolesterol dalam darah yang bisa memicu gangguan pada organ jantung. Kolesterol yang menumpuk bisa menyumbat pembuluh darah pada jantung dan memicu penyakit. 

Maka dari itu, sangat penting untuk membatasi konsumsi lemak jenuh, seperti daging merah, kulit ayam, makanan yang digoreng, serta produk susu kaya lemak. Dengan begitu kesehatan jantung kamu akan tetap terjaga.

4. Menjaga Tekanan Darah



Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah organ-organ yang penting, seperti jantung dan otak dapat berakibat fatal.Dengan rutin berolahraga, mengurangi asupan garam, dan membatasi minuman beralkohol termasuk beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Kadar Gula Darah 



Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dapat membuat terkena diabetes, namun juga dapat berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.

Beberapa upaya untuk mengurangi risiko diabetes adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan mengurangi asupan gula. Selain itu, periksakan kadar gula darah secara rutin, terutama jika usia di atas 45 tahun.

6. Mengatur Pola Tidur



Langkah terakhir untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan menjaga pola tidur. Jauhi kebiasaan begadang dan tidur terlalu malam. Selain itu, selalu usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Karena, tidur yang cukup dapat menjaga tubuh agar bekerja lebih baik, juga melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung. Tidur yang cukup juga akan menurunkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung.

Demikian 6 langkah cara menjaga kesehatan jantung yang mudah dilakukan dan bisa kamu terapkan sehari-hari. Setelah membaca informasi ini, lebih perhatikan kesehatan jantung kamu ya, agar tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020