Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Langkah Usaha Warung Sembako dengan Tepat

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Usaha warung sembako jadi salah satu usaha menguntungkan saat ini.
Salah satu usaha yang paling banyak diincar adalah warung sembako. Sejak dulu, warung sembako menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan. Pasalnya, warung ini menyediakan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan oleh masyarakat. Bisnis warung sembako bisa dijalankan meski dengan sedikit modal sekalipun.
banner consideration shipping bg blue

Asalkan bisa memanfaatkan kesempatan dan mengambil langkah yang tepat, bisnis ini bisa berkembang menjadi lebih besar dan sukses. Berikut lima langkah usaha warung sembako yang paling tepat agar sukses mendulang banyak keuntungan.

1. Lokasi Usaha



Untuk membangun sebuah warung sembako, kamu perlu menyiapkan sebuah lokasi usaha yang tepat. Cari lokasi yang strategis dan mampu menarik banyak pelanggan. Jika tidak memiliki banyak modal, kamu bisa memilih lokasi usaha yang berukuran kecil. Lokasi atau tempat usaha menjadi salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan saat akan membuka bisnis warung sembako ini.

Misalkan kamu akan membangun toko ini di depan rumah, penataan toko juga harus tetap diperhatikan. Gunakan bagian rumah yang memiliki potensi besar dalam menarik perhatian pelanggan. Jangan lupa untuk menata barang-barangnya dengan rapi agar lebih terlihat menarik.

2. Peralatan untuk Usaha



Untuk membuka warung sembako, kamu membutuhkan beberapa peralatan penting yang harus disiapkan. Peralatan yang harus ada pada sebuah warung sembako adalah etalase, timbangan, kalkulator, alat tulis, plastik, dan masih banyak lagi. Pastikan jika seluruh peralatan yang dibutuhkan sudah siap sebelum membuka toko sembako tersebut. Hal ini dilakukan guna memperlancar jalannya bisnis warung sembako tersebut.

3. Produk yang Disediakan



Seperti yang sudah diketahui, warung sembako tentu menyediakan bahan-bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Untuk mencari produk ini, kamu bisa mencari supplier atau agen terpercaya yang menyediakan produk-produk yang kamu butuhkan tersebut.

Kendati mau dijual kembali, carilah supplier yang dapat memberikan harga grosir lebih murah dan lengkap. Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapatkan juga bisa menjadi lebih besar.
banner consideration promotion bg blue

4. Harga Produk



Produk yang dijual pada warung jelas sangat beragam dan terdiri dari berbagai macam jenis seperti makanan, minuman, dan masih banyak lagi. Untuk itu, kamu perlu menghitung harga jual dari setiap produk yang kamu sediakan dengan benar. Sama seperti barang lain, produk sembako juga mengalami pasang surut. Untuk itu, pasang harga yang sekiranya masih terjangkau. Sebagai seorang pebisnis warung sembako, kamu harus lebih rajin untuk memantau pangsa pasar dan harga yang tepat.

5. Memberikan Pelayanan yang Maksimal



Kesuksesan sebuah bisnis tidak bisa lepas dari pemberian pelayanan yang maksimal. Meskipun jangkauan dari sembako hanya berskala kecil saja, pemberian pelayanan tetap harus dioptimalkan agar semakin banyak pelanggan yang datang untuk membeli.

Pasang wajah yang menyenangkan dan ramah agar pembeli nyaman untuk berbelanja di warung sembako tersebut. Sama seperti peribahasa yang mengatakan ‘pembeli adalah raja’, pelayanan yang diberikan tentu harus ramah dan menyenangkan.

6. Mengatur Strategi Pemasaran dan Komunikatif



Anda jelas membutuhkan deretan strategi pemasaran yang dapat menarik perhatian para pelanggan. Meski hanya warung sederhana, warung sembako tetap membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis yang dijalankan tidak runtuh atau gagal. Karena masih merintis dan berskala kecil, strategi pemasaran yang dilakukan juga bisa lebih sederhana asalkan tepat sasaran.

Tidak hanya mengatur strategi saja, kamu sebagai penjual juga harus komunikatif dengan para pelanggan. Bangun komunikasi yang menyenangkan agar pembeli bisa lebih nyaman saat berbelanja.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah 6 langkah membangun usaha warung sembako yang tepat dan dapat mendatangkan banyak keuntungan. Kendati memiliki banyak pesaing dalam bidang yang sama, sebaiknya manfaatkan setiap kesempatan dan celah untuk mengembangkan usaha ini.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.