Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Makanan Bergizi Baik untuk Dikonsumsi Sehari-Hari

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Daging jadi salah satu makanan bergizi yang wajib dicoba.
Tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi agar tetap sehat dan mampu melawan serangan penyakit. Terlebih lagi pada balita, anak-anak dan remaja, makanan yang bergizi dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Jika kebutuhan nutrisi atau gizi tidak terpenuhi maka pertumbuhan akan terlambat dan bisa menjadi gangguan seperti stunting misalnya. banner consideration shipping bg blue

Sementara itu, bagi orang dewasa nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman bermanfaat untuk menjaga kondisi terbaiknya. Orang yang kebutuhan nutrisinya selalu tercukupi tidak mudah sakit dan lebih aktif. Nah, apakah makanan kamu selama ini sudah memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh? Cek di sini yuk!

1. Sayuran Berwarna Hijau



Biasanya anak-anak sangat tidak suka makan sayuran bahkan banyak orang dewasa yang melakukan hal yang sama. Jangan biarkan kebiasaan tidak makan sayur ini berlangsung menjadi sebuah kebiasaan. Sayuran terutama yang warnanya hijau mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur-sayuran hijau yaitu :

  • Vitamin A,C dan K
  • Serat
  • Kalsium
  • Folat
  • Kalium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Antioksidan

Nutrisi yang ada di dalam sayuran hijau tersebut akan terjaga kualitasnya jika kamu mengolahnya dengan cara dikukus. Tapi kalau kurang suka kamu bisa mengolah sayuran dengan cara tumis, diolah menjadi makanan lain seperti nugget sayur.

2. Buah-Buahan



Zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah buah-buahan yang merupakan sumber vitamin dan mineral serta serat makanan. Manfaat buah pada tubuh memang tidak jauh berbeda dengan sayuran. Banyak jenis buah yang tinggi kandungan antioksidannya.  Kamu bisa memperbanyak konsumsi buah untuk menjaga kesehatan kulit karena antioksidan didalamnya berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Contoh buah yang kaya antioksidan misalnya stroberi, kiwi, dan jeruk.banner consideration promotion bg blue

3. Telur dan Daging



Tubuh membutuhkan protein untuk mengganti sel jaringan tubuh yang telah rusak. Protein juga sangat dibutuhkan oleh seseorang yang sedang dalam masa pertumbuhannya seperti balita dan anak-anak. Makanan sumber protein tinggi bisa kamu dapatkan dari telur dan daging.

Telur merupakan jenis makanan yang bergizi lengkap serta mudah diolah menjadi apa saja sesuai selera. Alternatif lainnya adalah daging dan sebaiknya pilih yang tanpa lemak agar lebih sehat. Selain mengandung protein pada daging kamu bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga kamu bisa terhindar dari anemia.

4. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan



Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber serat pangan selain sayur dan buah. Kalau kamu mencari camilan yang sehat pilih saja biji-bijian atau kacang-kacangan. Perhatikan cara pengolahannya agar kamu mendapatkan nutrisi yang utuh. Pilih pengolahan dikukus atau direbus daripada digoreng.

Contoh dari biji-bijian misalnya gandum, chia seed dan oatmeal. kamu bisa mengkonsumsi roti gandum yang kaya serat serta bagus untuk kesehatan. Sedangkan kacang-kacangan ada banyak jenisnya misalnya kacang almond, kacang tanah, kacang mete dan lainnya. Jenis makanan ini mengandung lemak baik, protein,mineral dan vitamin E yang juga merupakan antioksidan.

5. Ikan dan Hasil Laut Lainnya



Tidak suka daging dan telur? Jangan kuatir karena kamu bisa menggantinya dengan ikan dan jenis hasil laut lainnya. Di dalam ikan dan hasil laut mengandung omega 3 yang fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan jantung.

Negara kita yang merupakan negara maritim tentunya memiliki banyak sekali hasil ikan yang beragam. Selain ikan kamu juga bisa mengkonsumsi hasil laut yang lain seperti rajungan, kepiting, kerang dan masih banyak lagi.

6. Susu dan Olahannya



Kamu pasti masih ingat apa yang diajarkan sejak kecil yaitu tentang makanan 4 sehat 5 sempurna. Ya, jangan lupakan susu sebagai pelengkap yang menyempurnakan nutrisi kamu. Kalau kamu tidak suka atau alergi susu sebagai gantinya bisa memilih hasil olahannya seperti keju dan yogurt.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime greenNah, itulah sumber makanan bergizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kamu agar bisa tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Berbagai sumber makanan diatas sangat penting untuk kamu konsumsi sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan bugar. Imbangi juga dengan olahraga teratur supaya tubuh lebih fit dan sehat ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.