Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Makanan Berkalsium Tinggi yang Patut Anda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak makanan berkalsium tinggi yang wajib dicoba.
Memenuhi kebutuhan kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis, karena sebanyak 99% kalsium tersimpan di tulang dan gigi. Kalsium yang berasal dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi paling mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan mineral secara alami, daripada mengkonsumsi suplemen. Inilah beberapa makanan berkalsium tinggi yang bisa Anda konsumsi:
banner consideration shipping bg blue

1. Biji-Bijian



Beberapa dari biji-bijian mengandung kalsium tinggi, seperti poppy, wijen, seledri dan biji chia. Dalam 1 sendok makan biji poppy mengandung 126 mg kalsium atau 13% dari asupan harian kalsium yang direkomendasikan. Selain itu, biji-bijian juga mengandung protein dan lemak sehat, seperti biji chia yang kaya akan asam lemak omega-3 nabati dan 1 sendok biji wijen mengandung 9% asupan kalsium yang direkomendasikan harian.

2. Keju



Kebanyakan keju adalah sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Keju parmesan memiliki kandungan terbanyak, dengan 331 mg atau 33% dari asupan harian yang direkomendasikan dalam satu ons (28 gram). Namun, keju yang lebih lembut cenderung memiliki lebih sedikit kalsium. Selain itu, tubuh akan lebih mudah menyerap kalsium pada produk susu daripada sumber nabati. Banyak jenis keju juga yang mengandung banyak protein, seperti keju cottage.

3. Yoghurt



Yoghurt juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Berbagai jenis yoghurt juga kaya bakteri probiotik hidup yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Satu cangkir (245 gram) yoghurt tanpa rasa, mengandung 30% kalsium dari jumlah asupan harian yang direkomendasikan, serta fosfor, kalium, vitamin B2 dan B12. Sedangkan yogurt rendah lemak memiliki nilai kalsium lebih tinggi yaitu sekitar 45% jumlah asupan harian yang direkomendasikan dalam satu cangkir (245 gram).
banner consideration promotion bg blue

4. Kacang Almond



Dari semua jenis kacang-kacangan, almond termasuk makanan berkalsium tinggi. Satu ons almond, atau sekitar 22 kacang, mengandung 8% kalsium harian yang direkomendasikan. Almond juga mengandung 3 gram serat per ons, lemak, protein sehat, sumber magnesium, mangan, dan vitamin E. Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan tekanan darah, lemak tubuh, dan faktor risiko penyakit metabolik lainnya.

5. Edamame dan Tahu



Edamame adalah kedelai muda yang sering dijual saat masih terbungkus dalam polong. Satu cangkir (155 gram) edamame memiliki 10% dari asupan harian kalsium yang direkomendasikan. Edamame mengandung sumber protein yang baik dan memberikan semua folat harian Anda dalam satu porsi. Sedangkan tahu yang dibuat dengan kalsium juga memiliki jumlah kalsium yang sangat tinggi. Anda bisa memperoleh 86% asupan harian kalsium hanya dalam setengah cangkir (126 gram) tahu.

6. Ubi



Rekomendasi makanan berkalsium tinggi yang terakhir adalah ubi. Ubi memang menjadi makanan yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya rasanya yang lezat, ada banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam ubi. Satu buah ubi berukuran besar mengandung sekitar 68 mg kalsium serta kaya akan kandungan kalium, vitamin A, dan vitamin C.

Selain itu, mengkonsumsi ubi juga akan membuat Anda terhindar dari penuaan dini, risiko kanker berkurang dan kesehatan mata jadi meningkat. Apalagi, ubi juga mudah diolah menjadi berbagai menu olahan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah makanan berkalsium tinggi yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan kalsium harian. Berbagai makanan ini bisa Anda konsumsi secara rutin sebagai bagian dari menu sehat harian Anda. Dengan begitu, kebutuhan kalsium tubuh Anda bisa tercukupi dengan baik dan optimal.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.