Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Makanan Lezat yang Mengandung Protein Tinggi

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Daging jadi salah satu makanan yang mengandung protein.
Protein merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan dan membangun organ-organ dalam tubuh. Bukan hanya membantu proses metabolisme, protein juga berperan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membentuk antibodi, membantu proses pembentukan enzim dan hormon. Sumber protein sendiri bisa kamu dapatkan dari asupan makanan yang mengandung protein. Berikut beberapa makanan tersebut:

1. Telur dan Daging



Telur merupakan makanan sumber protein tinggi, dengan protein murni di bagian putih telurnya. Pada satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein dan 75 kalori. Telur juga mengandung vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Selain telur, daging ayam dan sapi juga kaya akan protein. Pada dada ayam tanpa kulit berprotein tinggi dengan kandungan 280 kalori dan 50 gram protein. Sedangkan, setiap 85 gram daging sapi tanpa lemak mengandung 25 gram protein dan 185 kalori. Selain protein, daging sapi dan ayam juga memiliki kaya zat besi dan vitamin B12.

2. Makanan Laut



Makanan laut atau seafood seperti ikan laut, udang, cumi, dan kerang termasuk dalam kategori Makanan yang mengandung protein tinggi. Pasalnya, dalam seporsi ikan laut seperti salmon dan tongkol, terkandung 19 gram protein, ikan tuna mengandung 27 gram protein dalam setiap porsinya, sedangkan seporsi udang mengandung sekitar 20 gram protein.

Makanan laut ini bermanfaat bagi kesehatan jantung karena banyak mengandung omega-3 dan mineral, seperti kalium. Beragam nutrisi tersebut juga bisa ditemukan pada ikan air tawar, misalnya ikan bandeng.

3. Susu dan Produk Olahannya



Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt mengandung protein tinggi, kaya akan kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Satu gelas susu saja mengandung 8 gram protein, sedangkan di dalam 100 gram keju terdapat sekitar 20 gram protein dan 100 gram yoghurt mengandung sekitar 10 gram protein.

Namun, saat hendak mengonsumsi susu dan produk olahannya, sebaiknya memilih susu skim atau susu rendah lemak. Hal ini karena jenis susu atau produk olahan susu tersebut umumnya rendah kolesterol dan lebih banyak mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi juga mencegah osteoporosis.

4. Jeroan



Jeroan seperti hati sapi mengandung 27 gram protein setiap 100 gram nya. Walaupun tergolong berprotein tinggi, kamu tetap dianjurkan untuk lebih berhati-hati saat mengkonsumsi jeroan. Ini karena jeroan juga mengandung kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko gangguan pada pembuluh darah dan jantung. Maka jeroan tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena bisa meningkatkan risiko asam urat.

5. Brokoli



Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki jumlah protein lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Brokoli mengandung mineral, vitamin A, vitamin E, vitamin B5, vitamin B2, vitamin B6 dan kolin.

Makronutrien dalam brokoli menyediakan nutrisi bioaktif yang membantu melindungi tubuh kamu dari penyakit kanker. Menurut pakar kesehatan, brokoli aman dikonsumsi saat mentah. Namun, kamu juga bisa mengukus atau menggoreng brokoli jika tidak suka makanan mentah.

6. Kacang Almond



Kacang almond merupakan makanan sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin E, lemak baik, magnesium, vitamin B2 dan fosfor. Konsumsi kacang almond setiap hari dalam jumlah cukup dapat menurunkan kolesterol, mencegah kenaikan berat badan,mengontrol gula darah dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung protein tinggi. Berbagai makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian karena protein adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mencukupi asupan protein kamu dengan berbagai makanan ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.