Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

6 Makanan yang Dapat Menyebabkan Darah Tinggi

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Hindari makanan penyebab darah tinggi yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Berbagai makanan penyebab darah tinggi harus dihindari oleh setiap orang yang terdiagnosa hipertensi atau setidaknya mempunyai potensi besar bakal mengalami penyakit ini. Memang terdapat beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi tekanan darah manusia, namun makanlah yang jadi penyebab paling umum untuk kasus darah tinggi.


Di bawah ini merupakan beberapa makanan yang dimungkinkan memicu hipertensi. Go check these out!

1. Garam, Sodium, atau Natrium


Makanan dengan kandungan garam yang tinggi acap kali dikaitkan dengan kondisi tekanan darah seseorang yang menjadi tinggi. Jumlah asupan garam maksimal yang ditolerir oleh penderita hipertensi adalah sekitar 1500 mg/ hari ya (setara dengan 2/3 sendok teh garam). Perlu diperhatikan, asupan garam tidak hanya berasal dari garam yang digunakan untuk menambah cita rasa makanan, namun juga olahan lain yang dikonsumsi sehari-hari.


Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan tiap detail komposisi makanan yang hendak dimakan. Jikapun membeli makanan di luar, jangan ragu untuk memeriksa kembali kadar garam dalam makanan tersebut.

2. Gula


Pada dasarnya, asupan gula berlebih bakal meningkatkan risiko seseorang terkena obesitas. Dimana obesitas sendiri bisa meningkatkan risiko beragam macam penyakit, termasuk pula tekanan darah tinggi. Sebagaimana disarankan oleh The American Heart Association, batas asupan gula harian adalah 24 gram atau 6 sendok teh/hari tuk wanita, dan 36 gram atau 9 sendok teh/hari untuk pria.


Tingginya asupan gula kerap tidak disadari karena berasal dari gula tambahan yang terkandung dalam makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi. Permen dan makanan ringan diyakini bakal menyumbang sekitar 31% gula tambahan, sementara minuman bisa menyumbang sampai 47%. Nah, asupan gula tambahan tadi bisa berasal dari minuman kemasan seperti halnya soft drink, minuman berenergi, teh, kopi, hingga sup buah.

3. Makanan Tinggi Lemak


Jenis asupan lemak yang bisa meningkatkan kadar LDL ( Low-Density Lipoprotein ) atau lemak jahat adalah lemak jenuh dan lemak trans. Seperti yang kita ketahui, kadar LDL dalam darah yang terlalu tinggi bisa memicu tekanan darah tinggi. Bila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, penyakit seperti hipertensi dan jantung koroner bisa saja menyerang. Untuk alasan itu, cobalah mengganti asupan lemak tak sehat dengan jenis lemak lain yang lebih sehat. Misalnya saja biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah alpukat.

4. Produk Susu Murni


Produk-produk kemasan dengan label whole-milk atau full-fat diary sebaiknya dihindari oleh seseorang yang didiagnosis memiliki hipertensi. Sebab, lemak jenuh dalam kadar tinggi bisa meningkatkan risiko atau memperburuk hipertensi. Sebagaimana diketahui, produk olahan susu murni seperti halnya keju dan yogurt memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Sebagai gantinya, orang yang memiliki darah tinggi bisa mengkonsumsi produk susu low-fat atau rendah lemak.

5. Lunch Meat


Lunch meat atau yang juga populer sebagai deli meat merupakan daging olahan yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Biasanya, daging olahan ini memiliki kandungan natrium/sodium yang sangat tinggi. Ini membuat olahan makanan ini menjadi salah satu penyebab darah tinggi yang paling umum.

6. Junk Food


Makanan cepat saji, alias junk food, memang seringkali menggoda untuk dilahap. Namun ternyata jenis makanan ini tidaklah sehat karena tinggi kalori, gula, lemak, garam, serta karbohidrat olahan. Sementara kandungan vitamin, serat, dan mineralnya sangatlah rendah.


Itulah beberapa daftar makanan penyebab darah tinggi yang patut diwaspadai. Mulai dari junk food, soft drink, hingga produk olahan susu murni. Sebaiknya, jenis-jenis makanan di atas dikurangi frekuensi konsumsinya, atau bahkan dihentikan, agar risiko hipertensi bisa diminimalisir.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.