Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Makanan yang Mengandung Vitamin B Penuhi Nutrisi Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan yang mengandung vitamin B wajib dikonsumsi setiap hari.

Vitamin B merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh sehingga harus dipenuhi kebutuhannya sejak dini. Berikan bayi makanan yang mengandung vitamin B agar pertumbuhannya normal dan bagus. Asupan vitamin B yang tercukupi akan membantu dalam pembentukan otak, metabolisme tubuh, pembentukan energi dan banyak lagi.

Memberikan makanan yang kaya vitamin B sangat baik bagi pertumbuhan anak sejak pertama mendapatkan MPASI. Vitamin B sendiri terdiri dari 8 macam yang masing-masing memiliki manfaat serta fungsi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Bukan hanya pada anak-anak saja, kebutuhan vitamin B juga harus dipenuhi oleh orang dewasa.

banner consideration shipping bg blue

Nah, delapan jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam kelompok vitamin B bisa kamu penuhi melalui konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

1. Ikan dan Hasil Laut


Mengapa banyak orang tua yang memberikan ikan salmon kepada anaknya? Ternyata salah satu alasannya adalah karena ikan salmon mengandung banyak vitamin B. Hanya dengan mengonsumsi ikan salmon 100 gram saja kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan beberapa jenis vitamin B seperti thiamin dan riboflavin. Bukan hanya salmon saja yang kaya vitamin B namun juga jenis ikan yang lainnya. Bukan hanya ikan nyatanya hasil laut lainnya seperti kerang dan tiram juga mengandung banyak vitamin B.

2. Susu dan Olahannya


Kabar gembira bagi kamu yang suka minum susu maupun produk olahannya karena artinya kebutuhan vitamin B akan tercukupi. Ya, perlu kamu ketahui kalau susu dan hasil olahannya seperti yogurt dan keju kaya akan vitamin B. Namun sebaiknya pilih susu yang tidak mengandung gula ataupun zat adiktif lainnya. Konsumsi susu setiap mau tidur menjaga tubuh mendapatkan asupan vitamin B yang cukup.

3. Buah dan Sayuran


Beberapa jenis buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan vitamin B terbanyak didapatkan pada jenis sayuran yang berwarna hijau seperti bayam dan brokoli. Apalagi di dalam sayuran hijau juga terdapat kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kondisi saraf.

banner consideration promotion bg blue

4. Telur


Telur merupakan jenis makanan yang sangat mudah ditemukan setiap hari dan disukai semua orang. Lebih menyenangkan lagi karena di dalam telur kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B seperti riboflavin (vitamin B2) terutama pada bagian putihnya. Kandungan nutrisi dalam telur yaitu vitamin B2, B12, B5, B7 dan folat atau B9. Hanya dengan mengonsumsi telur sebanyak 50 gram tubuh kamu sudah mendapatkan asupan vitamin B yang cukup tinggi.

5. Daging


Sumber pangan hewani lainnya yang mengandung vitamin B yaitu daging baik ayam ataupun sapi. Pada hati sapi misalnya kamu bisa mendapatkan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Cukup lengkap bukan? Bahkan makan hati sapi juga membantu tubuh mendapatkan asupan zat besi untuk mencegah anemia.

6. Kacang-Kacangan


Sumber pangan nabati yang mengandung vitamin B adalah kelompok kacang-kacangan. Jadi kalau kamu suka makan kacang secara tidak langsung kebutuhan vitamin B juga akan terpenuhi. Kamu bisa memilih jenis kacang yang disukai seperti kacang tanah, almond ataupun lainnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin B yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Kamu harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi tubuh termasuk vitamin B agar selalu hidup sehat. Jadi, jangan lupa untuk selalu mencukupi vitamin B dengan konsumsi berbagai makanan diatas ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.