Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

6 Manfaat Bisnis Online yang Wajib Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat bisnis online sangat penting diketahui pengusaha pemula.

Di era digital seperti sekarang ini bisnis online adalah salah satu cara mencari penghasilan yang cukup berpotensi. Manfaat bisnis online baik bagi penjual dan pembelinya cukup beragam dan sungguh mudah dilakukan. Masyarakat sekarang sudah tidak asing lagi dengan internet jadi sudah semakin banyak yang tertarik untuk belanja dan jualan secara online apalagi sejak ada pandemi.


Bisnis online sangat mudah dilakukan sehingga semakin hari banyak orang yang membuka usaha yang kekinian ini. Apalagi manfaat bisnis online sangat banyak dan tentu saja menguntungkan bagi kedua pihak, yakni penjual dan pembelinya. Berikut ini adalah manfaat bisnis online yang perlu diketahui:

1. Jangkauan Pasar Luas Bagi Penjual


Manfaat bisnis online pertama adalah untuk para penjual. Melakukan usaha atau bisnis secara online bisa memperluas jangkauan pasar bagi para penjual. Tempat yang jauh tetap terjangkau, tidak hanya beda kota namun bisa sampai beda pulau atau negara. Produk yang dipasarkan bisa sampai ke seluruh area dan mencakup semua kalangan. Tentu ini menjadi cara yang tepat untuk bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak.

2. Modal yang Dikeluarkan Bisa Sangat Minim


Bagi yang ingin memulai bisnis online, usaha ini termasuk yang paling mudah untuk dilakukan. Namun dalam pengolahannya membutuhkan strategi yang tepat supaya usaha bisa bertahan dan terus berkembang. Selain mudah untuk memulainya modal yang digunakan juga tidak besar. Kebanyakan bisnis online ini membutuhkan modal yang sangat minim serta praktis.

3. Memudahkan Promosi, Komunikasi, dan Jual-Beli


Media yang digunakan untuk bisnis online adalah gadget dan menggunakan jaringan internet. Ini jadi lebih mudah untuk penjual melakukan promosi produk bahkan untuk berjualan pun juga tidak perlu bingung untuk mencari tempat menggelar lapak. Cukup ikut di marketplace dan melakukan promosi melalui media sosial bisnis online sudah bisa dijalankan.


Selain itu, penjual juga bisa lebih dekat dengan para konsumennya. Kapan saja ada konsumen yang bertanya produk atau melakukan pemesanan, penjual bisa lebih cepat memberikan respon. Komunikasi baik dengan pelanggan pun bisa terjaga dengan lebih baik.

4. Lebih Mudah Mendapatkan Barang Bagi Pembeli


Manfaat bisnis online bagi para pembeli yang pertama adalah bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan jadi lebih mudah. Adanya usaha ini membuat para pembeli lebih mudah memilih barang dan membelinya secara online. Tanpa perlu datang ke lapak penjual cukup masuk marketplace melalui aplikasi di smartphone transaksi sudah bisa dilakukan, dan barang akan diantar ke alamat pembeli.

5. Mendapatkan Harga yang Sesuai


Tak hanya dengan mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan melalui pasar online. Pembeli juga lebih mudah mendapatkan harga barang yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak yang menjual barang sama namun ada selisih harga. Pembeli bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget.

6. Lebih Banyak Pilihan dan Praktis


Manfaat bisnis online bagi para pembeli yang lain adalah banyaknya pilihan barang di marketplace atau media sosial. Pembeli jadi bisa mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dan bisa memilih dengan mudah serta praktis. Mengapa praktis? Pembeli tidak perlu keluar rumah untuk mencari kebutuhan sehari-hari, cukup menggunakan smartphone dan menunggu barang datang diantar ke rumah atau alamat pembeli berada.


Baik penjual dan pembeli akan bisa merasakan manfaat bisnis online karena memang prosesnya lebih mudah dan praktis. Bisnis online ini semakin menjamur karena sekarang hampir semua aktivitas dilakukan secara online.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.