Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Buah Jamblang yang Baik untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat buah jamblang untuk tubuh yang wajib diketahui.

Buah jamblang atau duwet mempunyai bentuk menyerupai buah anggur berwarna ungu kehitaman. Manfaat buah jamblang sangat baik untuk kesehatan. Buah yang biasanya tumbuh di daerah tropis ini mengandung banyak nutrisi. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin C, beta karoten, niasin, kalium, zat besi, fosfor, kalsium, natrium, dan serat.

Di beberapa daerah buah ini memiliki sebutan lain, seperti duwet, jamun, jambolan, jambul, indian blackberry, java plum, dan black plum lainnya. Tidak hanya tumbuh di Indonesia buah jamblang juga ditemukan di kawasan Asia Selatan lainnya, seperti India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Selain dikonsumsi secara langsung buah ini sejak dulu digunakan dalam pengobatan tradisional. Beberapa penyakit disinyalir dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah jamblang. Berikut ini beberapa manfaat buah jamblang yang mulai sulit dicari:

1. Dapat Menangkal Radikal Bebas dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat buah jamblang yang pertama adalah untuk menangkal radikal bebas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Udayana Bali. Buah jamblang mengandung vitamin C yang cukup banyak. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.


Selain dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Dengan begitu tubuh tidak mudah terserang virus dan bakteri saat berada di luar rumah. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebaiknya mengkonsumsi buah jamblang secara rutin setiap hari. Dengan takaran yang dianjurkan karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan.


Saat mengonsumsi buah jamblang sebaiknya pilih yang sudah matang. Itu karena vitamin C yang ada di dalamnya lebih tinggi dibandingkan saat masih mentah. Buah jamblang yang sudah matang biasanya berwarna ungu kehitaman.

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi


Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, sebanyak 100 gram buah jamblang mengandung 33 mg kalsium dan 138 mg fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium di dalam buah jamblang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Sedangkan kandungan fosfor berfungsi untuk membantu menciptakan gusi dan email gigi yang sehat.

3. Membantu Mengurangi Resiko Anemia


Buah jamblang juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi memiliki peran penting dalam menghasilkan sel darah merah. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya dapat membantu mengurangi resiko terkena anemia, jika dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang sewajarnya.

4. Membantu Menyeimbangkan Kadar Gula Darah


Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah jamblang memiliki manfaat dalam menyeimbangkan kadar gula darah. Itu karena buah jamblang mengandung kandungan gula, asam, dan tanin yang seimbang. Tiga kandungan yang seimbang di dalam buah jamblang tersebut dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

5. Membantu Menurunkan Kolesterol


Buah jamblang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tanin yang ada di dalamnya dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan


Kandungan serat yang ada di dalam buah jamblang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jamblang secara rutin setiap hari dapat membantu terhindar dari sembelit, gangguan usus, diare, disentri, dan konstipasi.

Demikian 6 manfaat buah jamblang yang baik untuk kesehatan. Meski semakin jarang ditemui, nyatanya buah ini memang menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan. Maka dari itu, jika memiliki kesempatan untuk menemukannya jangan sia-siakan berbagai manfaat ini ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.