Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung!

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan badan dengan manfaat buah kesemek yang penting.

Meskipun jarang ditemukan di pasaran, ternyata manfaat buah kesemek cukup banyak, lho. Mulai dari mendukung fungsi organ tubuh tertentu, hingga meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi serangan virus dan bakteri yang mengganggu kesehatan.


Kesemek merupakan buah dengan bentuk menyerupai tomat dan berwarna kuning hingga oranye. Tumbuhan dengan nama latin Diospyros kaki ini awalnya berasal dari Tiongkok. Pada perkembangannya, tumbuhan ini menyebar ke seluruh Asia, termasuk Indonesia.


Sayangnya buah kesemek kini menjadi cukup langka, sehingga jarang ditemui di pasaran. Namun, apabila kamu bisa menemukannya, mengonsumsi buah yang renyah dan bercita rasa manis ini bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Mencegah dan Mengobati Penyakit Diabetes Melitus


Salah satu manfaat paling unggul dari buah kesemek ini adalah kemampuannya dalam mencegah dan mengobati diabetes melitus.


Adanya kandungan polifenol dalam buah kesemek, dinilai bisa membantu para penderita diabetes untuk mengurangi resistensinya terhadap insulin. Selain itu, buah tersebut kaya betakaroten yang bisa mengurangi risiko penyakit diabetes, sehingga bisa menjadi pencegahan yang efektif.

2. Menurunkan Tekanan Darah


Bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi, ada baiknya mengonsumsi kesemek untuk dapat membantu pengobatan. Buah kesemek memiliki kandungan asam tanat dan galat di dalam buah ini.


Kedua zat asam tersebut terbukti mampu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah ini secara rutin dalam porsi cukup bisa mengoptimalkan usaha menurunkan tekanan darah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat sebagai penurun kadar gula dan tekanan darah pada buah kesemek membuatnya efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, keberadaan antioksidan di dalam buah ini juga membantu melindungi kinerja jantung.


Kesemek memang mengandung beberapa antioksidan, flavonoid dan karotenoid. Keduanya teruji bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Organ pemompa darah ini memiliki peranan penting bagi tubuh, sehingga menjaga kinerjanya dengan baik bisa mengoptimalkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Menjaga Kesehatan Mata


Ingin memiliki penglihatan yang sehat dan normal? Cobalah mengonsumsi buah kesemek karena dinilai bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin A harian, mencapai 55%.


Kandungan lain yang juga penting bagi mata adalah lutein dan zeaxanthin yang mampu mengoptimalkan penglihatan. Ada baiknya membiasakan anak memakan buah ini agar kesehatan matanya terjaga, mengingat saat ini mereka sering terpapar radiasi gadget.

5. Menjaga Kinerja Otak


Meskipun tampilannya tidak semenarik buah modern yang sering ditemui, tetapi manfaat kesemek ini memang sungguh menakjubkan. Kandungan fisetin dari buah langka ini memiliki manfaat dalam menyehatkan otak dan memperbaiki kinerjanya.


Salah satu jenis antioksidan ini juga efektif untuk mencegah rusaknya otak akibat serangan stroke. Sebagaimana kita ketahui, serangan stroke dapat mengakibatkan kerusakan otak yang berujung pada kelumpuhan.

6. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol


Satu lagi manfaat polifenol yang ada di dalam kesemek adalah untuk membantu dalam menurunkan kolesterol. Apabila kadar kolesterol terjaga, risiko terjadinya komplikasi dengan penyakit-penyakit lain dapat berkurang. Tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit berat.


Melihat banyaknya manfaat buah kesemek ini, sudah tepat apabila kamu memasukkannya ke dalam menu buah harian. Mengonsumsi buah kaya manfaat ini jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan harus minum obat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.