6 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kamu Selain Untuk Diet

Salah satu jenis buah yang terkenal akan keunikan aromanya adalah buah nangka. Buah Nangka termasuk jenis buah yang kulit buahnya berduri dan memiliki aroma yang sangat wangi. Buah ini banyak digemari karena rasanya yang cukup manis. Selain untuk diet, buah nangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah nangka? Yuk simak ulasan berikut.

banner consideration shipping bg blue

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Manfaat buah nangka yang pertama bisa dirasakan pada pencernaan. Nangka mengandung banyak serat yang diperlukan tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, 90 persen buah ini terdiri dari karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi untuk diet. Kandungan karbohidrat pada nangka ini akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah nangka mengandung kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang yang baik. Hal ini karena kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. 
Jika kamu mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Kandungan potasium dalam buah nangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat.

3. Baik Untuk Fungsi Penglihatan

Buah Nangka mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan mata termasuk beta karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin. Beta karoten disintesis tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang berguna untuk penglihatan mata, mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.
Lutein dan zeaxanthin merupakan satu-satunya karotenoid di retina yang tersimpan dalam jumlah tinggi. Mereka berfungsi untuk menyaring cahaya berbahaya, melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata. Jadikan nangka sebagai bagian dari diet rutin kamu sekaligus untuk mengurangi risiko katarak, glaukoma dan degenerasi makula.

banner consideration promotion bg blue

4. Meningkatkan Imunitas dan Membantu Melawan Kanker

Nangka terdapat banyak antioksidan dan zat fitonutrien yang bermanfaat untuk melawan kanker, lignan, isoflavon, dan saponin. Penn State University menyatakan, bahwa mengkonsumsi antioksidan, kita bisa menetralkan radikal bebas yang membantu melawan beberapa bentuk kanker.
Selain itu, hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Karsinogenesis menyebutkan, bahwa vitamin C yang ada dalam nangka mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, hasilnya nangka termasuk makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

5. Biji Nangka Sebagai Makanan Rendah Glikemik

Selain buahnya, biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika kamu salah satu orang yang perlu mengatur kadar glukosa darah, cobalah untuk rutin mengkonsumsi biji nangka. Ini karena biji nangka merupakan sumber pati serat makanan yang baik.
Biji nangka yang diolah dengan direbus atau dikukus yang ditambahkan beberapa bumbu sederhana menjadi makanan yang mengandung kadar glikemik yang rendah. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah yaitu makanan yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah di tubuh secara signifikan.

6. Membantu Mengontrol Diabetes

Manfaat buah nangka yang terakhir adalah untuk diabetes. Buah nangka mengandung vitamin dan mineral yang akan membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes kamu. Ilmuwan yang meneliti keterkaitan nangka dengan diabetes telah mendapati, bahwa pasien dengan diabetes yang diberi ekstrak nangka sudah memperbaiki toleransi terhadap glukosa, daripada pasien yang tidak diberi ekstrak nangka.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Namun harus diingat, buah nangka bukanlah obat. Mengonsumsi buah nangka secara berlebihan tentunya memiliki risiko. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menentukan jumlah buah nangka yang tepat dan aman untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.
Itulah manfaat buah nangka yang bagus untuk kesehatan kamu. Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah nangka ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami